Cara Merubah TV Analog ke Digital 2022

converter tv analog ke digital

Cara merubah TV analog ke digital - Hallo para SEOLARERRR dimanapun kalian berada,YEYY…, kembali lagi bersama gua Bang SEOLAR,,, SEOBAT PELAJAR….Bersama gue mari kita perkaya wawasan untuk ilmu pengetahuan yang lebih luas.

Okey SEOLARERRR, di artikel kali ini gua akan membagikan tips atau trik ke kalian tentang cara merubah TV analog ke digital. Chek it out...

Pada hari sabtu tepatnya pada tanggal 30 April 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kemkominfo akan mulai menghentikan siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO), penghentian siaran TV analog pada tanggal 30 April 2022 ini merupakan penghentian tahap pertama. Siaran TV analog yang sudah mengudara kurang lebih hampir 60 tahun di Indonesia ini akan diganti dengan siaran TV digital paling lambat atau selambat – lambat nya pada tanggal 2 November 2022 yang akan datang.

Perlu diketahui bahwa penghentian siaran TV analog akan dilakukan dalam tiga tahap. Penghentian tahap pertama dilakukan pada tanggal 30 April 2022, penghentian ini untuk 56 wilayah siaran di 166 kabupaten atau kota. Kemudian penghentian tahap kedua akan dilakukan pada tanggal 25 Agustus 2022 untuk 31 wilayah siaran di 110 kabupaten atau kota. Lalu untuk penghentian tahap terakhir akan dilaksanakan pada tanggal 2 November 2022 untuk 25 wilayah siaran di 65 kabupaten atau kota.

Dengan adanya penghentian siaran TV analog tersebut, maka masyarakat diminta agar pindah ke siaran TV digital. Lalu bagaimana caranya untuk merubah tv analog ke digital, mari kita simak…

Cara merubah tv analog ke digital dengan menggunakan Set Top Box (STB)

Penting diketahui bahwa untuk bisa mendapatkan siaran TV digital, terdapat dua cara, yang pertama yaitu dengan menggunakan TV digital, dan yang kedua bisa menggunakan TV analog tetapi harus disertai dengan perangkat tambahan Set Top Box. Jika masyarakat ingin berhemat, masyarakat hanya perlu memiliki Set Top Box (STB) dan tidak perlu mengganti televisi yang sudah mereka miliki dengan perangkat TV digital, sehingga masyarakat tidak perlu risau dan khawatir akan mengeluarkan banyak biaya dalam proses migrasi TV analog ke TV digital. Hal ini karena Set Top Box (STB) mempunyai fungsi untuk mengubah atau mengkonversi sinyal digital menjadi suara dan gambar yang kemudian bisa ditampilkan pada TV analog. Berikut di bawah ini adalah cara untuk mengatur TV analog agar bisa menayangkan siaran digital dengan menggunakan Set Top Box (STB) :
  1. Siapkanlah TV analog dan STB DVB-T2.
  2. Kemudian pastikan STB tersebut memiliki jenis DVB-T2 yang bisa mendukung sambungan antena di TV analog.
  3. Selanjutnya pastikan bahwa TV analog sudah dalam keadaan power off atau daya mati.
  4. Cabutlah kabel antena yang terpasang pada TV analog.
  5. Lalu sambungkan kabel antenna tersebut ke port yang bernama “ANT IN” yang biasanya tersedia di bagian punggung STB.
  6. Kemudian, sambungkanlah kabel HDMI dari port yang ada di STB ke TV analog.
  7. Jika TV analog tidak bisa atau tidak mendukung sambungan HDMI, maka kalian juga bisa menyambungkannya dengan kabel AV.
  8. Pastikanlah STB kalian telah terhubung dengan daya.
  9. Lalu nyalakan STB dan TV analog kalian.
  10. Masuklah pada menu pengaturan TV analog, kemudian pilih mode tampilan AV.
  11. Setelah menu STB tersebut muncul, pilih pada opsi pencarian saluran.
  12. Apabila daftar saluran siaran digital sudah muncul, pilihlah opsi simpan, dan siaran digital di TV analog sudah bisa dinikmati.
Okey SEOLARERRR, itulah tadi cara untuk merubah TV analog ke digital. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa mempermudah kalian untuk melakukan proses migrasi TV analog ke TV digital.

Salam, Bang SEOLAR...

No comments for "Cara Merubah TV Analog ke Digital 2022"