Cara Mengurus STNK Hilang Motor Kredit 2022

biaya stnk hilang


Cara mengurus STNK hilang motor kredit 2022 - Hallo para SEOLARERRR dimanapun kalian berada,YEYY…, kembali lagi bersama gua Bang SEOLAR,,, SEOBAT PELAJAR….Bersama gue mari kita perkaya wawasan untuk ilmu pengetahuan yang lebih luas.

Okey SEOLARERRR, di artikel kali ini gua akan membagikan tips atau trik ke kalian tentang cara mengurus STNK hilang motor kredit 2022. Chek it out

STNK merupakan singkatan dari Surat Tanda Nomor Kendaraan, Surat Tanda Nomor Kendaraan ini merupakan salah satu dokumen penting kendaraan sehingga tidak boleh hilang. Tetapi, pada kenyataannya masih banyak orang yang sering kehilangan Surat Tanda Nomor Kendaraan ini. Hal ini akan menjadi sangat merepotkan bagi pemilik motor, Ditambah lagi, jika orang yang kelihangan STNK ini motornya masih dalam status kredit. Karena, bukti sah kepemilikan motor yang bisa ditunjukkan hanyalah STNK tersebut. Sementara BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor masih berada di pihak leasing. Lalu bagaimana cara nya untuk mengurus STNK yang hilang jika motor masih dalam status kredit, mari kita simak bersama penjelasannya di bawah ini…



Syarat mengurus STNK yang hilang jika motor masih dalam status kredit

Ada beberapa persyaratan yang perlu di persiapkan sebelum melakukan pengurusan STNK yang hilang, berikut ini adalah persyaratannya :
  1. KTP (Kartu Tanda Penduduk) pemilik kendaraan, asli dan fotokopy.
  2. Fotocopy STNK yang hilang (jika ada).
  3. Surat laporan kehilangan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dari Polsek atau Polres setempat.
  4. Fotocopy BPKB yang dilegalisir dari leasing.
  5. Surat keterangan dari leasing.

Cara mengurus STNK hilang motor kredit 2022 :
  1. Bawalah kendaraan kalian ke kantor SAMSAT untuk melakukan cek fisik.
  2. Kemudian, Fotocopylah hasil cek fisik tersebut dan isi formulir yang ada di loket pendaftaran.
  3. Selanjutnya, mengurus Cek Blokir (mengurus surat keterangan STNK hilang dari SAMSAT), berisi keterangan keabsahan dari STNK yang terkait, misalnya, tidak di blokir atau dalam pencarian. Lampirkanlah hasil cek fisik kendaraan
  4. Setelah itu, kalian harus menuju ke loket untuk mengurus pembuatan STNK baru pada loket BBN II. Jangan lupa untuk melampirkan semua persyaratan data dan juga surat keterangan hilang dari SAMSAT.
  5. Apabila masih ada tunggakan pajak tahunan, maka kalian akan dikenakan biaya tambahan, yakni pajak yang belum terbayarkan. Tetapi jika tidak ada, biaya yang dikenakan hanyalah biaya pembuatan STNK baru saja yaitu sebesar Rp 100.000 untuk sepeda motor dan Rp 200.000 untuk mobil.
  6. Kemudian, kalian harus menunggu untuk pengambilan STNK dan Surat Ketetapan Pajak Daerah atau SKPD.


Okey SEOLARERRR, itulah tadi cara mengurus STNK hilang motor kredit 2022. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, terimakasih.

Salam, Bang SEOLAR...

No comments for "Cara Mengurus STNK Hilang Motor Kredit 2022"