Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Selasa, 27 November 2018

CONTOH KRITIK SASTRA DAN ESAI TERBARU

Berikan Contoh Kritik Sastra dan Esai Lengkap - Pengertian Esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. Pengarang esai disebut esai. Esai sebagai satu bentuk karangan dapat bersifat informal dan formal. Esai informal mempergunakan bahasa percakapan, dengan bentuk sapaan saya dan seolah-olah ia berbicara langsung dengan pembaca. Adapun esai yang formal pendekatannya serius. Pengarang mempergunakan semua persyaratan penulisan.

Jenis-Jenis Teks Esai
  • Deskriptif

Deskriptif adalah jenis esai yang mendeskripsikan seseorang atau benda (subjek maupun objek) yang menarik perhatian pengarang. Objek yang dideskripsikan pada jenis esai ini dapat dalam bentuk rumah, hewan, dan lain sebagainya. Inti dalam esai ini yaitu penulis mendeskripsikan objek yang menarik perhatiannya.
  • Esai Argumentatif

Esai jenis ini memiliki tujuan untuk meyakinkan pembaca menerima ide, pandangan, sikap, maupun kepercayaan penulis terhadap isu atau permasalahan.
  • Tajuk

Tajuk adalah jenis esai yang biasa dimuat dalam surat kabar. Jenis esai ini membahas tentang isu yang sedang berkembang di masyarakat seperti politik, kebijakan pemerintah dan lain sebagainya. Esai tajuk sering dimuat dalam kolom pendapat atau opini.
Tidak hanya itu, isi esai tajuk ini bisa dalam bentuk lain sesuai dengan jenis surat kabar seperti koran, majalah otomotif, fashion dan lain sebagainya.
  • Esai Cerita

Esai cerita merupakan esai yang bertujuan untuk melukiskan atau menghadirkan baik barang, seseorang maupun hal lainnya agar mampu dibayangkan oleh pembaca.
  • Cukilan Watak

Dalam esai jenis ini memungkinkan penulis menjelaskan cukilan atau cuplikan watak seseorang terkait isu kepada pembaca. Dalam esai ini tidak menulis kisah seseorang atau biografi, penulis hanya mengungkapkan sepenggal watak tokoh yang terkait dalam cerita atau isu dalam esai tersebut.
  • Esai Paparan

Jenis esai ini bertujuan untuk menjelaskan atau memaparkan lebih rinci sebuah hal pada pembaca. Tujuan utama esai ini yaitu untuk mengedukasi atau memberikan informasi kepada pembaca.

  • Pribadi

Dalam jenis esai ini, penulis bercerita tentang dirinya sendiri, penulis mengungkapkan pendapatnya tentang isu yang menarik perhatiannya.
  • Reflektif

Reflektif adalah esai yang ditulis untuk merenungkan isu politik, kebijakan pemerintah, dan isu penting lain yang sering ditulis oleh cendekiawan dalam menanggapi isu yang ada.
  • Kritik

Kritik adalah jenis esai yang berisi sebuah kritikan kepada suatu karya seni.
  • Artikel Penelitian

Artikel penelitian merupakan jenis esai yang berisi tentang hasil hasil yang didapatkan dari sebuah penelitian. Artikel ini umumnya akan menambah pengetahuan baru di bidangnya atau mencek ulang penelitian yang ada sebelumnya dengan kondisi riil saat ini.
  • Esai Lukisan

Esai lukisan merupakan karangan yang menggambarkan sesuatu dengan tujuan untuk membantu pembaca memahami hal yang ingin disampaikan.
  • Esai Ajakan

Esai ajakan bertujuan untuk mengajak pembaca mengikuti penulis dalam melakukan suatu atau sebaliknya mengajak pembaca untuk menghentikan melakukan suatu hal.

Struktur Teks Esai
  • Pendahuluan

Dalam pendahuluan, kita bisa mengungkapkan atau membahas topik atau tema yang akan dibahas dalam keseluruhan esai. Unsur yang ada dalam pendahuluan yaitu latar belakang dan pendapat pribadi penulis tentang tema yang akan dibahas secara lebih jelas dan detail pada bagian selanjutnya. Pendahuluan ini akan menjadi pengantar pembaca untuk memahami topik pembahasan sehingga pembaca lebih mudah memahami isi esai.
  • Isi atau Pembahasan

Isi atau pembahasan merupakan bagian esai yang menjelaskan tema atau topik tulisan secara lebih detail. Dalam isi, penulis menjabarkan pendapatnya secara kronologis atau berurut sesuai dengan ide yang disusun dalam kerangka sehingga esai menjadi koheren.
  • Kesimpulan/Penutup

Kesimpulan merupakan bagian terakhir esai. Pada bagian ini berisi kalimat yang merangkum atau menyimpulkan apa yang telah disampaikan pada pendahuluan dan pembahasan. Kesimpulan tidak boleh melebar ke topik yang lainnya.

Ciri-Ciri Teks Esai
  1. Berbentuk prosa, artinya dalam bentuk komunikasi biasa, menghindarkan penggunaan bahasa dan ungkapan figur.
  2. Singkat, maksudnya dapat dibaca dengan santai dalam waktu dua jam.
  3. Memiliki gaya pembeda. Seorang penulis esai yang baik akan membawa ciri dan gaya yang khas, yang membedakan tulisannya dengan gaya penulis lain.
  4. Selalu tidak utuh, artinya penulis memilih segi-segi yang penting dan menarik dari objek dan subjek yang hendak ditulis,
  5. Memenuhi keutuhan penulisan. Walaupun esai adalah tulisan yang tidak utuh, namun harus memiliki kesatuan, dan memenuhi syarat-syarat penulisan, mulai dari pendahuluan, pengembangan sampai ke pengakhiran.
  6. Mempunyai nada pribadi atau bersifat individu, yang membedakan esai dengan jenis karya sastra adalah ciri personal. Ciri personal dalam penulisan esai adalah pengungkapan penulis sendiri tentang pandangannya, sikapnya, pikirannya, dan kepada pembaca.

Contoh Esai Sastra

Sastra Penyindir Pemerintah
     Novel adalah salah satu jenis sastra yang semua orang dapat membuatnya, asalkan ada ide dan cerita yang akan dibuatkan novel.
     Novel terkadang isinya diambil dari realitas kehidupan manusia sehari-hari. Novel merupakan suatu imajinasi dari penulisnya kemudian dituangkan dalam kata-kata. tidak jarang juga isi dari sastra novel itu berasal dari curahan hati si penulis contohnya seperti percintaan, pendidikan bahkan ada juga novel yang bertema menyindir pemerintah.
     Salah satu novel penyindir pemerintah yaitu Nyanyi Sunyi dari Indragiri, memang tema novel seperti itu tidak banyak peminatnya tidak seperti novel percintaan yang lain. Akibatnya novel seperti harus dikemas dengan baik agar banyak manusia yang ingin membaca nya.
     Tapi zaman sekaran banyak penulis yang menerbitkan novel penyindir pemerintah karena para penulis ingin menceritakan dan menyuarakan suaranya kepada pemerintah lewat sastra seperti ini.
     Mereka ingin pemerintah mendengar apa yang mereka tulis tentan bencana akibat keserakahan pemerintah yang pada akhirnya membuat masyarakat resah dan susah. Faktanya di  Indonesia banyak desa-desa terpencil yang tidak tahu apa-apa dan dibawah garis kemiskinan hanya bergantung pada alam. Tetapi alam yang mereka punya diambil begitu saja atas nama pemerintah.
     Jika sastra novel ini terus dikembangkan dalam pembelajaran akan membantu para calon penulis untuk terus menyuarakan isi hati mereka, agar pemerintah bisa membaca dan memikirkan semua tindakan yang akan diambil.

Contoh Kritik Esai

Masa-Masa Sekolah Menengah Atas
     Pada zaman sekarang memang banyak karya sastra yang berupa novel yang bertemakan percintaan sebut saja salah satu novel yang pupoler di kalangan masyarakat khususnya remaja Bandung yaitu Dilan 1990, yang ditulis oleh Pidi Baiq. Quotes yang ada di novel Dilan 1990 sangat tenar contohnya "Milea, kamu cantik, tapi akau belum mencintaimu, enggak tau kalau sore. Tunggu aja." (Dilan 1990).
     Quotes tersebut merupakan sepenggal ucapan Dilan kepada Milea yang tertera pada cover belakang novel itu. Cover depan dari novel Dilan sangat sederhana tetapi menarik karena da sesosok gambar dengan motor CB kesayangannya, dan ada beberapa quotes  ynag ditulis dalam cover depan dan belakang. Contoh quotes yang ada di cover depan "Cinta itu indah. ika bagimu tidak, mungkin karena salah milih pasangan" (Dilan 1990).
     Kelebihan novel ini ada pada gaya bahsanya. Bahsanya yang santai, enak dibaca dan mudah dimengerti. Dengan menggunakan sudut pandang orang pertama, membuat pembaca hanyut ke dalam cerita. Selain itu percakapan antar tokoh yang terasa natural dan tidak dibuat-buat. Penambahan gambar pada novel itu membuat ilustrasi novel menjadi lengkap dan semakin terasa, seperti gambar rumah Milea di Bandung.
     Kekurangan novel Dilan yaitu tidak konsisten dalam menggunakan kata tidak, enggak dan gak dalam narasi. Serta terdapat beberapa bahasa yang tidak pantas contohnya kata kasar yang diucapkan seorang anak geng motor kepada Dilaan. Selain itu banyak dialog yang terlalu singkat dan kebanyakan dialog "hahaha" atau "hehehe".
Banyak tokoh yang tidak di deskripsikan tentang fisik tokoh maupun karakter di dalam novel Dilan 1990.

* Intinya novel Dilan 1990 sangat bagus dan dapat membawa hanyut pembaca ke dalam certa. Sifat yang dibuat Pidi Baiq tentang Dilan yang romantis, humoris dan bandel membuat pembaca penasaran dengan sosok Dilan. Tetapi ada baiknya kata-kata yang kasar diganti dengan kata-kata yang lebih baik sehingga pembaca dapat mengambil sisi positif dari Dilan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CONTOH KRITIK SASTRA DAN ESAI TERBARU

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan tentang seputar artikel yang dibaca silahkan anda bertanya dan berkomentar disini