Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Rabu, 28 November 2018

CONTOH KALIMAT UTAMA DAN GAGASAN UTAMA LENGKAP

Cara Menemukan Kalimat Utama dan Gagasan Utama Pada Contoh Soal Cerita - Gagasan utama atau ide pokok adalah merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama dalam setiap paragraf. letaknya biasanya terdapat pada awal atau akhir paragraf. Ada juga gagasan utama yang terletak di tengah paragraf bila paragraf tersebut termasuk paragraf deskripsi. Bila paragrafnya berupa paragraf campura, gagasan utamanya ada di awal dan akhir paragraf.

Ciri khusus kalimat utama adalah memiliki makna paling umum di antara kalimat-kalimat lain yang terdapat pada paragraf yang sama.

Contoh Kalimat Utama dan Gagasan Utama
CONTOH KALIMAT UTAMA DAN GAGASAN UTAMA LENGKAP

Rumah tempat tinggalku sangat menyenangkan. aku beserta kakan dan adik-adikku merasa tenteram bila berada di rumah. Kami bisa berdiskusi, bercengkerama, dan kadang-kadang bersendau gurau tentang berbagai hal. Teman-temanku juga merasa betah bila belajar bersama di rumahkau. Tempatnya sangat nyaman, jauh dari kebisingan suara mobil dan tetangganya ramah-ramah.

Kalimat Utama:
Rumah tempat tinggalku sangat menyenangkan

Gagasan Utama:
Faktor-faktor yang menyebabkan rumahku menyenangkan.

Contoh Kalimat Utama dan Gagasan Utama

Dalam kehidupannya, lebah mempunyai sistem pembagian kerja yang baik. Ratu lebah menghasilkan telur 2.000 sampai 3.000 butir setiap hari. Seekor ratu lebah juga bertugas melahirkan calon ratu. Oleh lebah pekerja, lebah calon ratu ini dibawa ke dalam suatu ruangan. Lalu ruangan ini dimasukkan cairan kuning (royal jelly). Lebah pekerja juga bertugas mengangkut air dan serbuk sari bunga, mengangkut sari madu, serta mengumpulkan zat perekat yang biasanya didapat dari pucuk pohon. Lebah pekerja dibantu lebah jantan dalam menyelesaikan tugasnya. Secara khusus lebah jantan bertugas mencari tempat-tempat yang banyak mengandung sari madu. Dengan tarian lebah, lebah jantan memberi tanda kepada lebah lain ketika menemukan suatu tempat yang mengandung banyak sari madu.

Kalimat Utama:
Dalam kehidupannya, lebah mempunyai sistem pembagian kerja yang baik.

Gagasan Utama:
Sistem pembagian kerja lebah.

Contoh Kalimat Utama dan Gagasan Utama

Pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu dan relevansi, serta efisiensi manajemen pendidikan. Pemerataan kesempatan pendidikan diwujudkan dalam program wajib belajar 9 tahun. Peningkatan mutu pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya melalui olahhati, olahpikir, olahrasa, dan olahraga agar memiliki daya saing dalam menghadapi tantangan global. Peningkatan relevansi pendidikan dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan berbasis potensi sumber daya alam Indonesia.

Kalimat Utama:
Pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu dan relevansi, serta efisiensi manajemen pendidikan.

Gagasan Utama:
Penjaminan pendidikan nasional

Contoh Kalimat Utama dan Gagasan Utama

Pelayanan birokrasi di Indonesia dipenuhi oleh pegawai yang tak taat kode etik dengan segala carut-marutnya. Sudah menjadi rahasia umum bagi masyarakat bahwa pelayanan birokrasi sangat jauh dari kata “melayani.” Mulai dari jam buka pelayanan yang ngaret, pegawai yang sering absen, pegawai yang tidak ramah, bahkan ada yang suka marah-marah. Belum lagi sebagian besar pegawai yang meminta uang kepada warga setelah melaksanakan tugasnya. Hal tersebut sangat mudah ditemui di kantor-kantor kelurahan dan pelayanan lainnya. Birokrasi seharusnya menjadi lembaga yang berisikan orang-orang yang siap melayani kebutuhan masyarakat dan bertanggung jawab serta berdedikasi terhadap pekerjaannya.

Gagasan utama pada paragraf di atas terletak di akhir paragraf di dalam kalimat utama “Birokrasi seharusnya menjadi lembaga yang berisikan orang-orang yang siap melayani kebutuhan masyarakat dan bertanggung jawab serta berdedikasi terhadap pekerjaannya. Gagasan utama dalam kalimat utama tersebut adalah “Birokrasi seharusnya melayani dan berdedikasi terhadap masyarakat.” Selanjutnya gagasan utama diperkuat dengan kalimat penjelas setelah kalimat utama.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CONTOH KALIMAT UTAMA DAN GAGASAN UTAMA LENGKAP

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan tentang seputar artikel yang dibaca silahkan anda bertanya dan berkomentar disini