CONTOH SURAT PENGUNDURAN DIRI YANG BAIK

Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik - Mengundurkan diri dari jabatan suatu pekerjaan adalah suatu keputusan yang bagi beberapa orang penuh pertimbangan yang sangat matang. Terlebih dengan banyaknya cerita pengalaman saat dalam instansi pekerjaan dengan rekan-rekan sejawat. Kita sebagai pegawai mengawali kedatangan kita sebagai pekerja dengan baik-baik, maka kita sebagai pekerja yang baik juga harus mengakhiri jabatan kerja kita dengan baik pula.

Walaupun ada beberapa alasan dalam pengunduran diri seseorang baik itu jelek maupun baik, alangkah lebih baiknya dengan cara yang sopan dan santun. Sehingga kesan yang kita berikan juga menjadi sangat baik untuk teman-teman dan atasan kita.
CONTOH SURAT PENGUNDURAN DIRI YANG BAIK

Sebelum Anda membuat surat pengunduran diri, ada baiknya Anda membaca dan memperhatikan terlebih dahulu beberapa tips dan format menulis surat pengunduran diri agar maksud dan tujuannya jelas.

TIPS MENULIS SURAT PENGUNDURAN DIRI
1. Isi surat harus jelas dan tidak berputar-putar.
2. Sebutkan alasan pengunduran diri dengan singkat dan jelas
3. Terdapat ucapan terimakasih kepada perusahaan, pimpinan dan karyawan lain yang akan anda tinggalkan. Karena bagaimanapun juga anda pernah bekerja bersama diperusahaan yang akan anda tinggalkan.
4. Sampaikan permohonan maaf anda ke perusahaan, atasan dan karyawan lainnya. Selama anda bekerja tentunya anda pernah melakukan kesalahan baik disengaja maupun tidak.

FORMAT UMUM SURAT PENGUNDURAN DIRI
Nama Kota, Tanggal Bulan Tahun

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Nama Perusahaan
Alamat Perusahaan
Nama Kota

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya (nama Anda) bermaksud untuk mengundurkan diri dari (nama perusahaan tempat Anda bekerja) sebagai (jabatan terakhir Anda di perusahaan), terhitung sejak tanggal (tanggal pengunduran diri Anda).

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang didapatkan pada saya untuk bekerja di (nama perusahaan tempat Anda bekerja ). Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen (nama perusahaan Anda bekerja) jika ada kekeliruan ataupun kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharapkan selalu (nama perusahaan tempat Anda bekerja) dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.


Hormat saya,



Nama Lengkap Anda

CONTOH LAIN SURAT PENGUNDURAN DIRI

Contoh Surat Pengunduran Diri #1

Makassar, 10 Juni 2013

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Mutiara
Jl. AP. Pettarani No. 234
Makassar

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Dewi Fortuna bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Mutiara sebagai Karyawati dengan alasan terhitung sejak tanggal 10 Juni 2013.

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang didapatkan pada saya untuk bekerja di PT. Mutiara. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Mutiara jika ada kekeliruan ataupun kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharapkan selalu PT. Mutiara dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.


Hormat saya,


Arjuna

Contoh Surat Pengunduran Diri #2

Jakarta, 23 Oktober 2013

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Karya Mandiri Perkasa
Jl. Gatot Subroto Kav. 13
Jakarta Pusat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Dewi Fortuna bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Karya Mandiri Perkasa sebagai Accounting, terhitung sejak tanggal 23 Oktober 2013. Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Karya Mandiri Perkasa. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena ingin menambah wawasan dan pengalaman di perusahaan lain.

Saya juga menghaturkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Karya Mandiri Perkasa apabila selama bekerja mempunyai kesalahan yang telah saya lakukan baik sengaja maupun yang tidak.

Saya berharap selalu PT. Karya Mandiri Perkasa semakin maju dan berkembang sehingga dapat lebih mensejahterakan karyawannya. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,


Arjuna

Contoh Surat Pengunduran Diri #3

Jakarta, 01 November 2013

Kepada Yth,

Kepala Personalia PT. Sukamaju
Di Tempat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Sukamaju berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan Undang–Undang tenaga yang melingkupinya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama               : Arjuna
Departemen      : PT. Sukamaju
Jabatan             : Accounting
No. Karyawan  : 123 456 789

Bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari PT. Sukamaju dengan alasan kondisi kesahatan yang mulai menurun. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya tanpa adanya paksaan. Atas bantuan dan dukungan perusahaan terhadap saya selam ini, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,


Arjuna

Demikian beberapa contoh surat pengunduran diri dari pekerjaan yang baik dan benar, semoga apa yang saya berikan dapat memberikan apa yang anda cari.