BERGAUL SECARA CERDAS

Berbagi Secara Cerdas - Banyak orang karena pergaulannya yang sehat dan luas, menyebalkan ia sukses dan berkembang. Namun tidak sedikit, orang yang hancur masa depannya, justru karena pergaulannya.

Adakah jenis pergaulan yang salah? Bagaimana pergaulan Anda saat ini? Adapun Ciri-ciri pergaulan yang tidak sehat adalah :

1. Kelompok “Klik”
“Klik” adalah pergaulan dalam kelompok kecil, hanya dengan orang-orang tertentu yang itu-itu saja secara eksklusif. Misalnya : Pergaulan antara 3 – 5 orang saja, tanpa pernah membuka diri dengan lainnya.
Berbagi Secara Cerdas

2. Solidaritas Buta
Solidaritas secara buta adalah suatu pergaulan yang menerapkan nilai-nilai kesetiaan kepada kelompoknya secara ketat, sehingga mematikan jati diri anggotanya. Misalnya : Pergaulan yang mengatur solidaritas anggotanya secara mutlak, anggota tidak dibenarkan untuk berbeda atau tidak setia kepada kebijakan kelompok.

3. Pola Pikir : Aku harus disenangi semua orang
Banyak orang berpikir bahwa kesuksesan bergaul itu harus bisa disenangi semua orang. Sehingga dengan segala cara ia lakukan. Ia hanyut dan tidak punya prinsip, karena ingin mengikuti apapun keamuan lingkungannya.

4. Perilaku yang dikendalikan oleh perasaan/emosi.
Perasaan tidak tega, kasihan, dan takut menyakiti hati, sering membatasi aktifitas seseorang. Emosi dapat membuat orang bersikap tidak bijaksana.

Contoh :
  • Karena rasa tidak tega, seorang ibu gagal mendisiplinkan anaknya.
  • Karena takut menyakiti hati, penyimpangan dan penyelewengan dibiarkan terus terjadi
  • Kerna rasa tidak tega/takut mengecewakan pacar, banyak wanita mudah diperdayai.
Demikian tips yang bisa saya berikan untuk sahabat BK tentang Berbagi Secara Cerdas, semoga dapat bermanfaat untuk sahabat bk.

No comments for "BERGAUL SECARA CERDAS"

Berlangganan via Email