DO'A DI SEKOLAH MENGGUNAKAN BAHASA INDONESIA (FSGI)

Assalamualaikum wr.wb
Salam maju bersama

Saya masih ingat kata-kata dari Guru ketika masih di sekolah dasar, setiap mengawali suatu kegiatan haruslah disertai do'a agar kita mendapatkan berkah dan keselamatan dalam setiap kegiatan yang akan kita lakukan. Semua agama saya yakin pasti akan sama sebelum memulai kegiatan juga akan mengawali dengan do'a. 

Terkait dengan pentingnya do'a, maka ada pembahasan tentang tata cara berdo'a di sekolah, berikut informasi yang saya peroleh, Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti ikut mengomentari rencana Menteri Pendidikan Anies Baswedan mengatur tata tertib berdoa sebelum dan sesudah belajar di sekolah. Menurutnya, doa yang diucapkan lebih baik menggunakan Bahasa Indonesia saja.

"Bagi saya, apa yang AB (Anies Baswedan) nyatakan hal yang wajar di negeri yang majemuk ini. Anak didik dan guru harus melihat secara lebih jernih maksud Pak AB," kata Retno saat dihubungi, Rabu (10/12).

DO'A DI SEKOLAH MENGGUNAKAN BAHASA INDONESIA (FSGI)
Sumber google
Bagi FSGI, rencana Mendikbud tersebut merupakan upaya menyadarkan peserta didik dan guru yang merupakan bagian dari bangsa Indonesia dan Pancasila menghargai Ketuhanan Yang Maha Esa (YME). Karena itu doa pun selayaknya dinasionalkan.

"Bangsa Indonesia, dan Pancasila menghargai Ketuhanan YME. Jadi doanya ya harus nasional dong. Doa nasional adalah doa yang menggunakan bahasa Indonesia, yang dimengerti oleh semua anak indonesia. Tuhan juga pasti paham bahasa Indonesia," jelasnya.

Karena itu, Retno menilai Kemendikbud memiliki kewenangan untuk membuat rumusan tentang doa sebelum dan sesudah belajar di sekolah-sekolah yang berlaku secara nasional.

Saat diminta penegasan apakah FSGI mendukung adanya tata tertib doa di sekolah, Retno menjawab diplomatis. "Tata tertib soal teknislah, kalo bagi FSGI secara substansial adalah kesadaran dalam dunia pendidikan untuk menghargai keragaman," tandasnya.

Wassalamualaikum wr.wb

No comments for "DO'A DI SEKOLAH MENGGUNAKAN BAHASA INDONESIA (FSGI)"