Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Senin, 16 Oktober 2017

CONTOH FORMAT BUKU CATATAN KASUS SISWA

Contoh Format Catatan Kasus Siswa Untuk BK - Buku Kasus Siswa (atau disebut juga Buku Catatan Kasus Siswa) adalah buku catatan yang berisikan kasus-kasus yang pernah dilakukan oleh siswa, beserta dengan tindak lanjut dan penyelesaian yang telah dilakukan. Sebagai bentuk tertib administrasi bimbingan konseling terhadap siswa di Sekolah, kali ini saya akan memberikan contoh format Buku Kasus Siswa tersebut dalam bentuk foto jadi, sehingga Bapak dan Ibu Guru BK bisa lihat contoh Buku Catatan Kasus, yang bisa dibuat dalam bentuk Word atau Buku Tebal saja dengan memanfaatkan penggaris.

Buku ini berfungsi sebagai catatan dan dokumentasi berbagai kasus pelanggaran terhadap tata tertib dan norma yang melibatkan siswa sebagai pelakunya. Buku Catatan Kasus Siswa juga menjadi implementasi bentuk bimbingan dan konseling yang dilakukan baik oleh guru BK di tingkat SMA maupun guru kelas di tingkat SMP.


CONTOH FORMAT BUKU CATATAN KASUS SISWA

Sehingga satuan pendidikan dapat membantu mengatasi kelemahan, hambatan, maupun masalah yang dihadapi oleh peserta didik. Agar peserta didik mampu mandiri, melakukan pengendalian diri, dan berkembang secara optimal.

Pun sebagai dokumentasi, Buku Kasus Siswa dapat digunakan sebagai alat bukti fisik saat pihak sekolah (guru BK, guru wali kelas, maupun Kepala Sekolah) saat menghadapi pihak-pihak tertentu terkait suatu kasus yang melibatkan siswa.

Format Buku Catatan Kasus Siswa
Format catatan kasus siswa sedikitnya memuat hal-hal sebagai berikut:
  1. Nomor urut kasus 
  2. Tanggal terjadinya kasus 
  3. Nama siswa yang terlibat dalam sebuah kasus 
  4. Kelas siswa 
  5. Deskripsi kasus yang terjadi 
  6. Tindak lanjut yang dilakukan oleh Guru BK, Guru Kelas, ataupun pihak madrasah 
  7. Penyelesaian akhir terhadap kasus tersebut
Pada intinya Buku Kasus Bimbingan Konseling adalah buku catatan yang berisikan kasus-kasus yang pernah dilakukan oleh siswa, beserta dengan tindak lanjut dan penyelesaian yang telah dilakukan. Buku ini berfungsi sebagai catatan dan dokumentasi berbagai kasus pelanggaran terhadap tata tertib dan norma yang melibatkan siswa sebagai pelakunya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CONTOH FORMAT BUKU CATATAN KASUS SISWA

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan tentang seputar artikel yang dibaca silahkan anda bertanya dan berkomentar disini