Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Jumat, 03 Juli 2015

SISTEM BARU REKRUTMEN CPNS WAJIB SM3T AKAN DIMULAI TAHUN 2016

Assalamualaikum wr.wb
Salam maju bersama

Selamat pagi sahabat BK, kali ini saya akan membagikan berita terbaru tentang sistem perekrutan CPNS khusus Guru pada tahun 2016. Dengan sistem baru ini harapan Pak Anies Baswedan adalah menciptakan guru yang berkualitas dan tangguh. Seperti halnya pada Pak Mantan Menteri Pendidikan sebelumnya yang mencetuskan SM3T pada tahun 2011, dan sampai sekarang prospek SM3T juga sangat bermanfaat karena dengan adanya program tersebut Guru-Guru sudah siap diterjunkan dimana saja seluruh kesatuan NKRI. 

Guru SM3T sudah menjadikan lulusan siap di Garis Depan dalam memajukan pendidikan di NKRI karena mereka sudah pernah dikirim ke 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) sehingga mereka sebelum diangkat CPNS di daerah 3T sudah mendapat bekal yang bermanfaat. Berikut berita lengkapnya.
SISTEM BARU REKRUTMEN CPNS WAJIB SM3T AKAN DIMULAI TAHUN 2016

Mulai tahun 2016 Kemendikbud dan KemenPAN-RB merubah sistem rekrutmen CPNS Guru. Syarat untuk menjadi guru PNS .wajib mengikuti program sarjana mengajar di daerah terluar, tertinggal, dan terdepan (SM3T) serta pendidikan asrama.

Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Dirdiktendik) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Supriadi Rustad mengatakan, pada prinsipnya sarjana guru yang ingin melamar menjadi PNS wajib lulus program pendidikan profesi guru (PPG).

Nah programPPG ini wujudnya adalah praktek mengajar di daerah pedalaman (SM3T) dan pendidikan di asrama.

Supriadi menuturkan selama ini untuk menjadi PNS guru tidak ada seleksi. “Yang ada seleksi CPNS baru. Bukan seleksi guru,” katanya di sela pembukaan pameran foto aktifitas guru SM3T di kantor Kemenristekdikti tadi malam.

Celakanya lagi ada orang yang memilih jadi guru, karena tidak diterima melamar kerja di mana-mana. Sehingga di lapangan banyak guru PNS yang bekerja tidak dengan kualifikasi sebagai seorang guru professional. Ujungnya proses pembelajaran tidak berjalan dengan baik.

Guru besar Universitas Negeri Semarang (Unnes) itu mengatakan, calon guru PNS harus orang-orang hebat.

“Dengan digembleng dulu dalam program SM3T dan kemudian pendidikan diasramakan,” tandasnya. Program SM3T ditambah dengan pendidikan asrama ini dijalankan calon guru selama dua tahun.

Melalui cara ini, Supriadi mengatakan jebolan program PPG tidak hanya memiliki kompetensi pedagogik atau keilmuan guru semata. Tetapi juga memiliki kompetensi kepribadian dan kepedulian sosial.

“Ketika sudah masa pendidikan asrama, juga bukan berarti enak-enakan saja,” katanya. Calon guru pada tahap ini dilatih disiplin waktu yang ketat.

Dengan sistem baru rekrutmen guru ini, maka pemerintah akan memetakan kebutuhan guru baru secara nasional. Kemudian Kemenristekdikti melalui kampus lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) membuka seleksi peserta PPG. Jumlah yang diterima PPG ini disesuaikan dengan kebutuhan nasional.

Sarjana pendidikan maupun sarjana non pendidikan, seperti lulusan politeknik, boleh mendaftar seleksi PPG. Khusus untuk sarjana program diploma IV dari politeknik, diproyeksikan menjadi guru produktif di SMK sesuai dengan bidangnya.

Menurut Supriadi sistem baru rekrutmen guru ini mendapat sambutan positif dari kepala daerah. Sejumlah kepala daerah yang ketempatan atau menjadi tuan rumah SM3T, membuka formasi PNS guru untuk alumni SM3T. Supriadi mengatakan meskipun program SM3T ini dijalankan oleh pemerintah pusat, status guru PNS tetap ada di pemerintah daerah setempat.

Menteri Ristekdikti Muhammad Nasir mendukung program baru rekrutmen CPNS guru. Dia mengatakan program SM3T benar-benar menggembleng calon guru. “Mereka tidak hanya menunggu siswa datang ke sekolah. Tetapi sampai menjemput siswa di rumah-rumah supaya mau ke sekolah,” ujar mantan rektor Universitas Diponegoro itu.

Mendikbud Anies Baswedan juga mengisyaratkan perlu ada reformasi rekrutmen guru. Menurutnya selama ini rekrutmen guru begitu longgar. Siapa saja bisa menjadi guru, tanpa ada seleksi kompetensinya. Ujungnya pemerintah kesulitan dalam proses pembinaan dan pengawasannya. Dia sepakat jika rekrutmen guru diperketat dengan mendapatkan guru-guru yang berkualitas.

Demikian informasi terbaru dari saya tentang sistem rekrutmen CPNS terbaru akan dilaksanakan pada tahun 2016 dengan program SM3T. Semoga informasi ini bermanfaat untuk bapak dan ibu guru dan teman-teman seperjuangan dalam memajukan pendidikan di NKRI

Sumber : JPNN
Wassalamualaikum wr.wb

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : SISTEM BARU REKRUTMEN CPNS WAJIB SM3T AKAN DIMULAI TAHUN 2016