Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Senin, 06 Juli 2015

METODE PENGUMPULAN DATA

Apa Saja Metode Pengumpulan Data Dalam Penelitian ? - Dalam penelitian yang dilakukan ada 2 jenis penelitian yang ada, yaitu Peneltian Kualitatif dan Penelitian Kuantitatif. Untuk perbedaannya kedua penelitain tersebut bisa di baca disini. Kedua penelitian tersebut memang berbeda, namun dalam metode pengumpulan data bisa sama. 

Kemudian saat melakukan suatu penelitian baiknya kalian menggunakan lebih dari satu atau minimal 2 alat pengumpulan data. Hal ini berguna sebagai referensi data yang cukup akurat dan dapat dipercaya dalam proses pelaksanaan penelitian kalian. Metode pengumpulan data mencakup dua sumber, untuk lebih jelasnya silahkan baca di bawah ini :
METODE PENGUMPULAN DATA

Sumber Data Dan Metode Pengumpulan Data
Ada dua sumber data dan metode pengumpulan data, dua hal tersebut yaitu :

1.   Data Primer
Data penelitian yang diperoleh sendiri melalui

  • Wawancara, Observasi, Tes,
  • Kuesioner (Daftar Pertanyaan)
  • Pengukuran Fisik
  • Percobaan Laboratorium

2.   Data Sekunder
Data yang diperoleh dari sumber kedua, dokumentasi lembaga

  • Biro Pusat Statistik (BPS)
  • Rumah sakit
  • Lembaga atau institusi

Metode Pengumpulan Data

1. Kuesioner
Kuesioner adalah daftar pertanyaan tertulis yang ditujukan kepada responden. Jawaban responden atas semua pertanyaan dalam kuesioner kemudian dicatat/direkam

2. Observasi
Pengamatan melibatkan semua indera (penglihatan, pendengaran, penciuman, pembau, perasa). Pencatatan hasil dapat dilakukan dengan bantuan alat rekam elektronik

3. Wawancara
Pengambilan data melalui wawancara /secara lisan langsung dengan sumberdatanya, baik melalui tatap muka atau lewat telephone, teleconference. Jawaban responden direkam dan dirangkum sendiri oleh peneliti.

4. Dokumen
Pengambilan data melalui dokumen tertulis mamupun elektronik dari lembaga/institusi. Dokumen diperlukan untuk mendukung kelengkapan data yang lain.

Demikian informasi dari saya sahabat BK, kali ini saya membahas tentang Metode Pengumpulan data dalam penelitian kualitatif dan kuantitatif. Semoga informasi yang sedikit ini dapat bermanfaat. Adapun pertanyaan silahkan kalian ajukan di kolom komentar.

Kalian bisa mendapatkan buku tentang metode penelitian dari Suharsimi Arikunto, Sugiyono dll

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : METODE PENGUMPULAN DATA