Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Senin, 01 Juni 2015

PENGERTIAN DAN CONTOH SIMBIOSIS PARASITISME

Inilah Pengertian Simbiosis - Berikut ini saya akan membahas tentang mata pelajaran IPA Biologi. Terkait dengan judul yang saya berikan kali ini akan membahas tentang simbiosis. Simbiosis adalah merupakan interaksi antara dua organisme yang hidup berdampingan.Simbiosis pola interaksi yang sangat erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis. Makhluk hidup yang melakukan simbiosis disebut simbion.

Jenis Jenis Simbiosis
  • Simbiosis Mutualisme

Simbiosis Mutualisme adalah hubungan timbal balik antara 2 makhluk hidup yang berbeda yang saling menguntungkan kedua pihak.
  • Simbiosis Komensalisme

Simbiosis Komensalisme adalah hubungan timbal balik antara 2 makhluk hidup yang menguntungkan 1 pihak dan pihak yang lain tidak dirugikan maupun diuntungkan.
  • Simbiosis Parasitisme

Simbiosis Parasitisme adalah hubungan timbal balik antara 2 makhluk hidup dimana 1 pihak dirugikan dan 1 pihak diuntungkan
Pengertian lengkap tentang simbiosis, jenis-jenis simbiosis, simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, simbiosis parasitisme, contoh lengkap simbiosis parasitisme

Contoh Simbiosis Parasitisme

1. Cacing Pita dan Manusia
Dari hubungan 2 makhluk hidup ini cacing pita yang dihidup dalam usus manusia memperoleh keuntungan karena memperoleh makanan. Sedangkan manusia memperoleh kerugian karena makanannya di makan oleh cacing pita.

2.Tali Putri dan Inangnya
Tali putri adalah salah satu tumbuhan yang tidak punya klorofil sehingga tidak bisa berfotosintesis. Oleh karena itu ia memperoleh zat organik dari tumbuhan inangnya. Pada interaksi ini tumbuhan inangnya dirugikan karena zat organiknya diambil oleh tali putri

3.Benalu dan Tumbuhan Inangnya
Interaksi yang dilakuka benalu dengan inangnya sedikit berbeda dengan interaksi antara tali putri dengan inangnya Benalu punya klorofil sehingga ia bisa melakukan proses fotosintesis. Oleh karena itu ia mengambil air dan mineral dari inangnya. Sedangkan tumbuhan inangnya mengalami kerugian karena air dan mineralnya diambil oleh tumbuhan benalu. Tapi parasit seperti ini yang memiliki klorofil disebut semiparasit.

4.Cacing Tambang dan Manusia
Cacing tambang hidup dalam usus manusia berbeda dengan cacing pita cacing tambang ini sangat merugikan karena dapat menyebabkan penyakit. Dalam interaksi ini cacing tambang menyerap darah manusia untuk makanannya tapi disisi lain manusia bisa terserang penyakit anemia karena kekurangan darah.

5.Kutu dan Hewan ia tinggal
Kutu menghisap dari hewan tempat ia tinggal. Sedangkan hewan tempat ia tingga merasakan gatal tidak nyaman.

6.Rafflesia Arnoldi dan Tumbuhan Inangnya
Bungan Rafflesia Arnoldi ini tidak punya akar, batang dan daun. Oleh karena itu dalam upaya memperoleh makanannya ia mengambil makanan dari tumbuhan inangnya. Sedangkan tumbuhan inangnya dirugikan karena makanannya diambil oleh rafflesia arnoldi

7.Tikus dan Petani
Tikus memperoleh makanan dari tumbuhan petani di sawah. Di sisi lain petani mengalami kerugian karena tanamannya dimakan oleh tikus sehingga hasil panennya berkurang.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan untuk kalian para siswa-siswi di seluruh Indonesia tentang tema artikel contoh simbiosis parasitisme. Semoga informasi yang saya bagikan dapat bermanfaat untuk kalian.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENGERTIAN DAN CONTOH SIMBIOSIS PARASITISME