Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Jumat, 24 April 2015

DEFINISI SISTEM MENURUT PARA AHLI

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli Lengkap - Selamat pagi sahabat BK, kali ini saya akan membahas tentang definisi dari pengertian sistem. Dalam pembahasan saya kali ini akan menghadirkan beberapa ahli yang sudah kompeten di dalamnya. 

Seperti biasa dalam menyimpulkan suatu pengertian kita haruslah punya referensi lebih dari satu untuk dapat membandingkan dan menyamakan suatu pemahanan tentang apa yang dibahas dan sudah dilakukan suatu penelitian dalam bidang tersebut. Kali ini saya akan melakukan penyimpulan dari ke 5 tokoh penting yang membahas tentang sistem.
DEFINISI SISTEM MENURUT PARA AHLI

  1. Menurut Henry Prat Fairchild dan Eric Kohler Pengertian Sistem adalah sebuah rangkaian yang saling kait mengkait antar beberapa bagian sampai kepada bagian yang paling kecil, bila suatu bagian atau sub bagian terganggu maka bagian yang lain juga ikut merasakan ketergangguan tersebut.
  2. Pengertian Sistem Menurut Pamudji ialah suatu kebulatan dan keseluruhan yang komplek atau terorganisir, dimana suatu himpunan atau perpaduan hal-hal atau bagian-bagian yang membentuk suatu kebulatan atau keseluruhan yang komplek atau utuh.
  3. Menurut Prajudi Pengertian sistem merupakan suatu jaringan daripada prosedur-prosedur yang berhubungan satu sama lain menurut skema atau pola yang bulat untuk menggerakkan suatu fungsi yang utama dari suatu usaha atau urusan.
  4. Pengertian Sistem Menurut Poerwadarminta yaitu sekelompok bagian-bagian (alat dan sebagainya), yang berkerja bersama-sama untuk melakukan sesuatu maksud. Apabila salah satu bagian saja rusak atau tidak dapat menjalankan tugasnya maka maksud yang hendak dicapai tidak dapat menjalankan tugasnya maka maksud yang hendak dicapai tidak akan terpenuhi atau setidak-tidaknya sistem yang sudah terwujud akan mendapatkan gangguan.
  5. Menurut Musanef Pengertian Sistem ialah suatu sarana yang menguasai keadaan dan pekerjaan agar dalam menjalankan tugas dapat teratur.

Maka dari itu dapat disimpulkan, Pengertian Sistem adalah kesatuan yang utuh dari sesuatu rangkaian, yang saling kait mengkait satu sama lain, bagian (anak cabang) dari suatu sistem, menjadi induk dari rangkaian-rangkaian selanjutnya. Begitu seterusnya sampai pada bagian terkecil, rusaknya salah satu bagian akan mengganggu kestabilan sistem itu sendiri secara keseluruhan. Pemerintah Indonesia ialah suatu contoh dari sistem, dan anak cabangnya adalah sistem pemerintahan daerah, yang kemudian seterusnya sistem pemerintahan desa dan kelurahan.

Demikian pembahasan tentang Pengertian Sistem Menurut Para Ahli Lengkap Dengan Pembahasannya dalam artikel ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda dan semoga artikel saya yang berikutnya dapat membantu.

Sumber: Buku Sistem dalam tulisan ini :

- Inu Kencana Syafiie dan Azhari, 2006. Sistem Politik Indonesia. Diterbitkan oleh PT Refika Aditama: Bandung.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : DEFINISI SISTEM MENURUT PARA AHLI