Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Minggu, 01 Maret 2015

PENGERTIAN SISTEM GERAK MANUSIA DAN FUNGSINYA

Pengertian Sistem Gerak Manusia dan Fungsinya - Berikut akan saya bahas tentang bagaimana cara manusia bergerak dan menggunakan apa saja manusia dalam bergerak. Tubuh manusia merupakan rangkain dari berbagai bagian yang saling menopang badan. Nah berikut sedikit banyak penjelasan tentang fungsi gerak manusia sehingga tubuh dapat maksimal dalam kegiatan sehari-hari.

Fungsi sistem gerak pada manusia ialah untuk memberikan betuk tubuh, memudahkan manusia untuk melakukan aktivitas, seperti berlari, berjalan, menari dsb. Sistem gerak pada manusia terdiri dari persendian, otot dan tulang-tulang yang bergabung membentuk rangka.
PENGERTIAN SISTEM GERAK MANUSIA DAN FUNGSINYA

Sebagai sistem gerak, rangka mempunyai beberapa fungsi yaitu :
a. rangka badan dan rangka anggota gerak berguna untuk mengakkan dan menguatkan tubuh.

b. Rangka memberikan bentuk tubuh

c. Rangka berguna sebagai tempat melekatnya otot-otot.

d. Tulang tulang pinggul berguna untuk melindungi organ reproduksi dan beberapa organ 
pencernaan.

e. Tulang belakang berguna untuk melindungi sumsum tulang belakang dan menegakkan badan.

f. Rangka badan berguna untuk melindungi hati, jantung, paru-paru.

g. Tulang kepala berguna untuk melindungi otak, hidung, saluran pernafasan bagian atas, mata dan telinga

Sebagai sistem gerak aktif, otot mempunyai beberapa fungsi yaitu :
a. Sebagai mobilitas, fungsi utama otot ialah menyediakan mobilitas bagi tubuh. Otot-otot pada tubuh saling bekerjasama menghasilkan suatu gerakan pada tubuh.

b. Sebagai sarana
komunikasi, otot-otot yang melekat pada rangka berguna untuk mengatur gerakan secara sadar. Misalnya otak mengirim stimulus sebagai sesuatu yang harus ditulis oleh tangan melalui otot.

c. Untuk menjaga posisi tubuh, pada saat kita beristirahat ternyata otot-otot di dalam tubuh tetap bekerja. Misalnya otot bisep adn trisep tetap berkontraksi untuk menjaga posisi tidur kita.

d. Membantu proses pencernaan, Otot otot yang bekerja secara tidak sadar berperan penting dalam proses pencernaan makanan yang berlangsung di kerongkongan,lambung, dan usus.

e. Membangkitkan panas, manusia merupakan makhluk berdarah panas. Suhu di dalam tubuh manusia harus dijaga agar tetap seimbang. Otot berperan penting dalam proses pengaturan suhu tubuh. Hampir 75% panas di dalam tubuh dihasilkan oleh otot. Jika suhu tubuh mulai menurun otot akan berkotraksi sehingga tulang bergerak dan memberikan panas bagi tubuh.

f. Otot otot jantung berperan sangat penting dalam proses peredaran darah. Peredaran darah kecil dan peredaran darah besar pada manusia di atur oleh otot jantung.

g. Otot-otot diafragma berperan penting dalam proses pernafasan. 

h. Otot-otot juga berperan penting untuk mencegah syok, otot otot akan saling berkontraksi untuk mencegah kecelakaaan pada saat berolahraga. Misalnya saat akan terjatuh otot bisep dan trisep bekerja sehingga tangan akan bergerak untuk mencari pegangan atau menyangga tubuh.

i. Otot-otot juga berperan penting untuk melindungi organ yang vital bagi tubuh.

Beberapa tulang bergabung membentuk persendian untuk melakukan gerak. Ada beberapa jenis pada persendian manusia, dan mempunyai fungsi yang berbeda-beda.
Secara umum,fungsi persendian sebagai alat gerak  :
  • Sebagai penghubung antara tulang ynag satu dengan tulang yang lainnya.
  • Dengan adanya persendian tulang-tulang yang begabung menjadi satu menjadi mudah untuk digerakkan

Demikian artikela saya kali ini tentang sistem gerak tubuh manusia, dapatkan berbagai macam ilmu tentang pendidikan yang telah ada hanya di website ini. Silahkan anda search/ cari di kolom pencarian tentang artikel apa yang ingin anda cari. Terima kasih telah berkunjung di website saya, semoga dapat memberikan manfaat yang lebih untuk anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENGERTIAN SISTEM GERAK MANUSIA DAN FUNGSINYA