Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Senin, 30 Maret 2015

PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli - Nah berbicara pendidikan di Indonesia ini memang masih ada beberapa daerah yang sangat belum memperoleh pendidikan yang layak sesuai dengan janji pemerintah. Namun semua visi dan misi pemerintah sudah jelas program wajib sekolah 9 tahun. Pentingnya pendidikan juga terlihat dari besarnya anggaran yang disediakan oleh pemerintah untuk bidang pendidikan, yaitu sebesar 20% dari total APBN Indonesia. Sungguh jumlah yang fantastis. Sebenarnya pendidikan tidak hanya sebatas pendidikan formal di sekolah ataupun universitas, sejak kita lahir pun kita sudah mendapat pendidikan dari orang tua kita. Pendidikan bagaimana bersikap, berjalan, serta hal-hal mendasar lainnya.

Pengertian pendidikan

Secara umum proses pendidikan terjadi dalam 3 lingkungan, yang biasa disebut dengan tripusat pendidikan, yaitu keluarga, sekolah, serta masyarakat. Sementara para ahli, utamanya ahli di bidang pendidikan memberikan berbagai pendapat mengena pengertian serta fungsi pendidikan, yang diharapkan dengan pendapat ini dapat menjadi acuan dalam melakukan berbagai proses pendidikan baik di sekolah, keluarga, maupun masyarakat. Walaupun memiliki pendapat yang agak sedikit berbeda, tapi mayoritas para ahli memiliki satu garis besar yang sama tentang pengertian serta fungsi pendidikan ini. Berikut ulasannya.
PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli
Para ahli banyak yang mengungkapkan pendapatnya masing-masing mengenai definisi pendidikan. Pendapat dari para ahli ini terlihat saling melengkapi dan memiliki satu garis besar yang sama.
  • Langeveld Berpendapat bawha pendidikan merupakan suatu usaha serta upaya yang dilakukan oleh manusia yang sudah dewasa dalam membimbing manusia yang masih belum dewasa ke arah kedewasaan. Bimbingan disini dalam arti luas, yaitu memberikan pengetahuan serta pemahaman kepada anak-anak bagaimana dia harus bertanggung jawab menyelesaikan tugas-tugasnya, mengajarkan kemandirian, saling menghormati, rasa tanggung jawab, serta bimbingan lainnya. Sementara Frederick J. Mc Donald berpendapat bahwa pendidikan merupakan proses yang arah serta tujuannya adalah untuk merubah tabiat manusia.
  • Ahmad D. Marimba sendiri berpendapat bahwa pendidikan merupakan proses bimbingan yang dilakukan secara sadar oleh pendidik terhadap proses perkembangan jasmani dan rohani peserta didik, dengan tujuan supaya terbentuk kepribadian yang unggul. Kepribadian yang unggul ini memiliki makna yang cukup dalam, yaitu pribadi yang bukan hanya pintar secara akademis tapi juga baik secara karakter.

Fungsi Pendidikan Menurut Para Ahli
  • Prof. Dr. Hasan Langgulung berpendapat bahwa secara garis besar fungsi pendidikan itu ada 3. Pertama, menyiapkan generasi muda untuk memiliki kemampuan agar bisa memegang peranan-peranan pada masa yang akan datang di tengah kehidupan bermasyarakat. Kedua, memindahkan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan peranan-peranan di atas dari generasi tua ke ke genarasi muda. Ketiga, Memindahkan nilai-nilai dari generasi tua ke generasi muda dengan tujuan agar keutuhan dan kesatuan masyarakat terpelihara, sebagai syarat utama berlangsungnya kehidupan suatu masyarakat dan juga peradaban.

  • Sementara Broom berpendapat bahwa fungsi pendidikan adalah agar terjadi proses tansmisi budaya, selain itu juga untuk mengembangkan kepribadian, mengingkatkan persatuan atau integrasi sosial masyarakat, serta mengadakan seleksi dan alokasi tenaga kerja. Semua fungsi menurut Broom tersebut memang suatu proses yang sangat penting agar kehidupan bermasyarakat terus bertahan dan berkembanag menjadi jauh lebih baik lagi.

Dari beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian dan fungsi pendidikan dapat diambil kesimpulan bahwa pendidikan itu merupakan suatu proses yang sangat penting dan tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Pendidikan ini harus terus berjalan untuk menjaga keberlangsungan hidup manusia, karena tanpa pendidikan tidak akan ada perpindahan ilmu pengetahuan serta nila-nilai dan norma sosial dari generasi tua ke generasi muda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI