Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Kamis, 19 Maret 2015

PENGERTIAN DAN CONTOH PARAGRAF DEDUKTIF TERBARU

Berikut ini saya akan membahas tentang mata pelajaran bahasa indonesia dengan pembahasan paragraf deduktif dan contoh paragraf deduktif lengkap. Sebelum saya memberikan beberapa contoh, mari kita bahas tentang Pengertian dari paragraf deduktif, adalah sebuah paragraf yang berpola dari kalimat umum ke khusus, artinya paragraf yang didahului dengan kalimat umum kemudian berkembangkan dengan beberapa kalimat penjelas. Pembahasan mengenai jenis paragraf yang satu ini biasa kita temui dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, mulai dari SD sampai dengan SMA. Contoh dari paragraf deduktif bisa kita temukan diberbagai penyedia artikel, seperti internet, majalah, tabloid dan juga koran.

Penjelasan secara sederhana, format dari paragraf yang satu ini adalah : Umum - Khusus. Jadi, tentunya sangat mudah bagi kalian untuk membuat sebuah tulisan ataupun artikel dengan format deduktif, karena intisari dari informasi yang kita sajikan berada di awal paragraf dari tulisan tersebut. Bagaimana, sudah mengerti? Jika kalian sudah mengerti apa yang dimaksud dari paragraf deduktif, berikut ini saya sampaikan beberapa ciri-ciri beserta contohnya.
PENGERTIAN DAN CONTOH PARAGRAF DEDUKTIF TERBARU

Ciri-Ciri Paragraf Deduktif
  1. Kalimat utama berada diawal paragraf.
  2. Kalimat penjelas berada setelah pada kalimat utama.

Contoh #1


Indonesia adalah negara yang majemuk. Terdapat banyak agama dan kepercayaan dan selain itu suku budaya indonesia sangat beragam misalnya suku jawa, madura, batak, ambon dan masih banyak lagi suku - suku yang memiliki ciri khas masing - masing

Contoh #2
Kecelakaan berbagai jenis peralatan utama sistem persenjataan milik TNI masih sering terjadi. Sepanjang tahun 2010 saja, tercatat sudah 76 anggota TNI tewas dalam berbagai kecelakaan. Korban jiwa tak hanya jatuh dari pihak TNI, namun rakyat sipil pun kadang juga turut menjadi korban. Kondisi seperti ini dikhawatirkan akan semakin menjatuhkan moral prajurit TNI. Keterangan: Kalimat utama terletak di awal paragraf.

Contoh #3
Demam berdarah dengue masih menjadi ancaman di seluruh belahan dunia. Asia menempati urutan pertama dalam jumlah korban tiap tahun. Kumpulan Contoh Paragraf Deduktif Terbaik 2013 - Hal ini mungkin dipengaruhi oleh curah hujan  yang sangat tinggi terutama di daerah Asia Timur dan Asia Selatan. Jumlah penderitanya setiap tahun selalu mengalami peningkatan dan 95% penderitanya adalah anak-anak di bawah 15 tahun. Keterangan: Kalimat utama terletak pada awal paragraf.

Contoh #4
Berpikir ilmah dapat ditanamkan kepada siswa sejak sekolah dasar. Bagaimana caranya? Misalnya, ajaklah siwa mengamati dan mencatat jenis dan jumlah tanaman toga yang ada di lingkungan sekolah. Pada saat siswa belajar di SMP. disini siswa diajak untukbereksperimen kecil dengan membuat percobaan sederhana. Ketika siswa belajar di SMA, berpikir ilmiah lebih ditekankan pada pengerjaan pelatihan  yang lebih bervariasi atau juga dapat mengembangkannya. Artinya, untukbelajar berpikir ilmiah, siswa tidak perlu menunggu menjadi mahasiswa yang belajar di universitas. Itulah merupakan macam-macam contoh paragraf deduktif yang pertama.

Contoh #5
Kecelakaan berbagai jenis peralatan utama sistem persenjataan milik TNI masih sering terjadi.Sepanjang tahun 2010 saja, tercatat sudah 76 anggota TNI tewas dalam berbagai kecelakaan. Korban jiwa tak hanya jatuh dari pihak TNI, namun rakyat sipil pun kadang juga turut menjadi korban. Kondisi seperti ini dikhawatirkan akan semakin menjatuhkan moral prajurit TNI. Keterangan: Kalimat utama terletak di awal paragraf.

Demikian artikel saya kali ini tentang pembahasan beberapa contoh paragraf deduktif, dapatkan contoh paragraf yang lain hanya di situs maribelajarbk.web.id.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENGERTIAN DAN CONTOH PARAGRAF DEDUKTIF TERBARU