Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Minggu, 04 Januari 2015

BERGAUL DI LINGKUNGAN YANG BARU

Bergaul Di Lingkungan Yang Baru - Beberapa orang mempunyai kepribadian yang berbeda, dan tdak ada yang sama, hanya sedikit yang hampir sama namun tetap berbeda. Pernahkah anda merasa kesulitan dalam beradaptasi dilingkungan yang baru. Bagi saya secara pribadi tidak, namun ada juga yang sangat kesulitan. Sekarang saya akan share tentang tips dalam bergaul di lingkungan yang baru. Berikut tipsnya di bawah ini :

1. Menebar senyum
Seperti sabda rosul bahwa senyum itu sedekah atau Ibadah, maka kita mulai memasuki lingkungan baru dengan menebar senyum dengan niat yang tulus dan ikhlas.

2. Menghafal nama dengan memanggil nama panggilan yang baik
Menghafal nama itu berguna agar tidak salah memanggil orang dan orang yang kita panggil namanya merasa diperhatikan. Tapi jangan sekali-kali memanggil dengan nama julukan yang tidak mengenakkan orang yang di panggil.

BERGAUL DI LINGKUNGAN YANG BARU
3. Berjabat tangan ketika bertemu dan berpsah
Berjabat tangan itu akan menghapus dosa dan akan menghilangkan rasa dendam

4. Menghargai pendapat orang lain
Perbedaan adalah sesuatu yang indah, jangan mengharapkan orang lain itu selalu sama dengan kita. Ananda bayangkan jika di dunia ini semuanya sama ! ngeri kan ...!

5. Berikan Perhatian
Memberikan perhatian dalam bentuk apapun akan menambah tali persaudaraan semakin kuat.

6. Jujur
Jujur dalam perbuatan, jujur dalam perkataan, akan dapat mendatangkan kebaikan dan ketenangan.

7. Selalu berpenampilan dan berprasangka baik
Berpakaian bersih, rapi dan berusaha menghilangkan aroma-aroma yang tidak enak serta berfikiran positif ( positif thinking ) terhadap orang lain.
Kebersihan ( baik jasmani maupun rohani ) adalah sebagian dari iman, dengan berpakaian dan berjiwa yang bersih akan kelihatan indah dan Alloh SWT itu menyukai keindahan.

8. Harus Percaya Diri
Tidak perlu merasa rendah diri, karena setiap orang diciptakan dengan segala kekurangan dan kelebihan, karena di mata Alloh SWT kita semua sama yang membedakan hanyalah ketaqwaannya. Untuk menumbuhkan rasa percaya diri harus banyak membaca dan menambah wawasan dan mengikuti perkembangan informasi serta berlatih, berlatih dan berlatih.

9. Senang menolong orang lain
Sebagai makhluk sosial kita tak lepas dari orang lain, orang yang suka menolong yakinlah bahwa suatu saat kita akan ditolong oleh orang lain, jika kita ikhlas / tanpa pamrih dalam memberikan pertolongan.

Nah .... beberapa tips di atas akan menjadikan Anda mudah beradaptasi / menyesuaikan diri di lingkungan sekolah yang baik, nggak percaya ...? silahkan dicoba!

Sumber : Kumpulan materi bimbingan dan konseling Penerbit  Tim Paramitha Publising Yogyakarta 2011

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : BERGAUL DI LINGKUNGAN YANG BARU

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika ada pertanyaan tentang seputar artikel yang dibaca silahkan anda bertanya dan berkomentar disini