Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Senin, 15 Desember 2014

KURIKULUM 2013 MEMANG KELUAR DARI ZONA NYAMAN

Assalamualaikum wr.wb
Salam maju bersama

Apa itu zona nyaman, beberapa berpendapat seperti ini : Zona nyaman adalah rutinitas sehari-hari kita. Kenapa nyaman ? karena kita terus melakukan hal yang sama setiap hari sehingga dengan mata terpejam pun, pekerjaan bisa selesai. Tidak ada rasa gelisah, rasa takut, tidak ada resiko salah, rugi, atau malu. Kita sudah merasa yakin bahwa kita sudah kompeten. Oleh karena itu, kita merasa nyaman sekali. ( Gwee,James. 2009. Setiap Manager Harus Baca Buku Ini. PT. Gramedia, Jakarta, hlm. 7 ). Itulah sedikit penjelasan tentang pengertian zona nyaman.

Demikian juga yang disinggung oleh M.Nuh selaku mantan Kemdikbud, beliau mengakui sistem penilaian dalam Kurikulum 2013 (K13) memang keluar dari zona nyaman para guru dan siswa. 

KURIKULUM 2013 MEMANG KELUAR DARI ZONA NYAMAN
"Biasanya, guru hanya memberi nilai 6, 7, 8, dan seterusnya dan siswa juga hanya mendengar dan mencatat, lalu ujian, tapi K13 justru keluar dari semua itu," katanya dalam sosialisasi sistem penilaian K13 di Gresik, Senin (15/12). 

Di hadapan ratusan guru PAUD, SD, SMP, dan SMK di lingkungan "Semen Gresik Foundation" (SGF), ia menjelaskan penilaian K13 yang harus dilakukan guru dengan menilai pengetahuan, ketrampilan, dan sikap itu bukan hal mudah.

"Bagi siswa, proses pembelajaran K13 yang mendorong siswa lebih aktif untuk melakukan pengamatan, diskusi, analisa, presentasi, dan seterusnya juga merupakan hal mudah. Jadi, K13 membuat guru dan siswa keluar dari zona nyaman," katanya.

Namun, katanya, realitas itu akan teratasi melalui kebiasaan. "Kalau sulit itu memang ya, karena sesuatu yang baru itu memang begitu, apalagi keluar dari 'zona nyaman', tapi tujuannya baik untuk jangka panjang," katanya.

Oleh karena itu, ia meminta para guru untuk bersabar, karena apa yang dijalankan dalam K13 itu untuk kepentingan generasi 2045 (100 tahun RI).

"Kalau kita mau susah sedikit untuk belajar, tapi hasilnya untuk kepentingan masa depan anak-anak kita, tentu baik. Daripada kita mau enak, tapi justru menyusahkan masa depan anak-anak kita, tentu tidak baik. Sabarlah," katanya.

Oleh karena itu, ia menyarankan perlu adanya workshop sistem penilaian K13 untuk mempercepat pembiasaan guru dengan K13. "Kalau siswa, saya kira tergantung gurunya, kalau gurunya enak, tentu siswa akan senang," katanya.

Sumber : republika
Wassalamualaikum wr.wb

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : KURIKULUM 2013 MEMANG KELUAR DARI ZONA NYAMAN

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika ada pertanyaan tentang seputar artikel yang dibaca silahkan anda bertanya dan berkomentar disini