Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Kamis, 04 Desember 2014

BUKU K-13 SEMESTER GENAP SIAP DIDISTRIBUSIKAN

Assalamualaikum wr.wb
Salam maju bersama

Menyikapi pemberitaan yang mengatakan bahwa buku kurikulum 2013 semester genap tidak akan terdistribusi sesuai dengan waktu yang ditentukan. Ternyata sudah ada beberapa daerah yang menerima distribusi buku kurikulum 2013, berikut datanya : sebanyak 589.271 eksemplar buku kurikulum 2013 mulai didistribusikan oleh Balai Pustaka pada akhir November 2014, ke 19 kabupaten kota di beberapa daerah seperti Bangka Belitung, Sumatera Utara, Bengkulu dan Jambi. Jumlah tersebut hanya 15 persen dari total keseluruhan 4,7 juta buku yang diadakan untuk 53 kabupaten kota di keempat wilayah itu.
Direktur Utama Balai Pustaka, Saiful Bahri, mengatakan buku-buku itu akan didistribusikan ke 9.060 sekolah. "Mudah-mudahan akhir tahun ini buku sudah selesai didistribusikan. Semoga pada Januari 2015, buku sudah ada di tangan siswa" kata Saiful di PT Balai Pustaka, Jakarta, Kamis (4/12).

BUKU K-13 SEMESTER GENAP SIAP DIDISTRIBUSIKAN
Sumber google
Untuk memenuhi target produksi dan distribusi itu, Saiful menjelaskan, Balai Pustaka akan mengajak lima percetakan lainnya, seperti PT Glori (Cikarang), PT Sindur (Solo), Percetakan Cahaya (Kapuk), Percetakan Kharisma (Depok) dan Percetakan Balai Pustaka untuk membuat konsorsium. 

Untuk semester 2 ini, Balai Pustaka mencetak buku untuk SD dan SMP yang ditujukan untuk para guru dan siswa. "SD ada 32 judul, SMP 11 judul. Untuk SD bukunya tematik dan untuk SMP buku pelajaran biasa, seperti Matematika, IPA, Penjaskes, Seni Budaya, dan sebagainya," papar Saiful.

Dia menjelaskan, pengiriman buku-buku itu nantinya akan menjadi tanggung jawab percetakan, yang akan menggunakan ekspedisi dan mitra lokal untuk mengirimkan buku hingga ke sekolah-sekolah. 

Menanggapi distribusi buku semester satu yang mengalami keterlambatan hingga saat ini, Balai Pustaka optimis hal itu tidak akan terjadi lagi. Saiful yakin, kendala tidak akan terjadi pada semester dua, mengingat adanya perbedaan anggaran yang digunakan untuk mencetak buku. 

"Semester 2, anggaran pendanaan melalui dana alokasi khusus, sekitar Rp 40 miliar. Dana itu ada di dinas pendidikan kabupaten. Lebih safe dari dana BOS," ujar Saiful. Sementara itu, anggaran pendanaan buku pada semester satu memakai dana BOS. "Pengiriman dan penagihan langsung di sekolah. Ini yang jadi kendala. Banyak percetakan yang belum selesai distribusi dan pembiayaannya," katanya.

Terkait kendala yang dialami percetakan, Saiful mengungkapkan, kendala terbesar dialami di suplai bahan baku. Saiful mengaku, hal ini masih bisa diatasi sehingga distribusi buku akan sesuai dengan target yang telah ditentukan. "Ini dapat kita antisipasi, karena hanya masalah load pengiriman yang bersamaan. Solusinya mengejar ketertinggalan, kita produksi 24 jam," katanya.

Saiful menambahkan, faktor bencana alam dan cuaca juga turut menjadi kendala dalam proses distribusi. "Kemarin ada tanah longsor di Labuan Batu. Mudah-mudahan sudah dapat diantisipasi sehingga tidak mengganggu pengiriman. "Yang jauh-jauh kami prioritaskan lebih dulu," tukasnya.

Sumber : CNN

Wassalamualaikum wr.wb

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : BUKU K-13 SEMESTER GENAP SIAP DIDISTRIBUSIKAN

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika ada pertanyaan tentang seputar artikel yang dibaca silahkan anda bertanya dan berkomentar disini