Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Jumat, 21 November 2014

TIPS MENGURANGI MATA MINUS

Assalamualaikum wr.wb
Salam maju bersama


Mata minus tidak bisa sembuh dengan sendirinya atau dengan obat-obatan. Mata minus tidak dapat berkurang dengan makanan tetapi dipengaruhi oleh pertumbuhan tubuh dan usia. Bagi orang dewasa mata minus dapat disembuhkan melalui teknologi lasik, namun tidak bagi anak sebelum usia 21 tahun dengan alasan pertumbuhan panjang bola mata pada usia tersebut masih berlangsung. Berikut cara mengobati mata minus pada anak agar tidak bertambah :
    Tips kesehatan sehari-hari
  1. Memastikan anak memakai kacamatanya secara rutin. Gunakan kacamata dengan ukuran yang tepat, jangan under koreksi karena akan mempercepat pertambahan minus atau over koreksi karena akan membuat pusing.
  2. Menjaga jarak baca 40-45 cm pada buku dan jaga jarak pandang 60 cm pada layar komputer.
  3. Cara mengobati mata minus yaitu dengan selalu perhatikan sistem pencahayaan saat anak beraktivitas seperti membaca dan menonton TV. Pastikan pencahayaannya cukup dan akurat (tidak membelakangi sinar saat membaca.
  4. Cukup gizi dengan makan makanan yang sehat untuk mata.
  5. Cara mengobati mata minus yaitu dengan melakukan aktivitas pemakaian daya penglihatan jarak dekat dan jauh secara bergantian. Misalnya, berhenti membaca setelah 45 menit, kemudian sekitar 5-10 menit pejamkan mata anda. Untuk menit berikutnya lihatlah ke arah yang jauh atau lakukan aktivitas yang tidak memerlukan daya penglihatan jarak dekat, sambil melakukan peregangan.
  6. Jangan lupa memperhatikan jadwal aktivitas anak. Sebaiknya anak harus memiliki aktivitas di luar sekolah yang lebih santai dan menyenangkan, contohnya aktivitas di dalam ruangan seperti les musik atau ikut klub olahraga. Aktivitas diluar ruangan dapat meningkatkan dopamin yang dapat mencegah pertambahan panjang bola mata.
  7. Melakukan pemeriksaan mata pada minus untuk memastikan minus yang diderita anak termasuk dalam golongan yang berbahaya atau termasuk dalam school myopia.
Sumber : obat-mata

Wassalamualaikum wr.wb

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : TIPS MENGURANGI MATA MINUS

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika ada pertanyaan tentang seputar artikel yang dibaca silahkan anda bertanya dan berkomentar disini