SYARAT-SYARAT MENJADI KEPALA SEKOLAH

Assalamualaikum wr.wb
Salam maju bersama

Jika Anda Ingin Menjadi Seorang Kepala Sekolah, Anda harus mempunyai kualifikasi seperti ini - Telah kita maklumi bahwa tugas kepala sekolah itu sedemikian banyak dan tanggung jawanya sedemikian besar. Maka tidak sembarang orang patut menjadi kepala sekolah. Untuk dapat menjadi kepala sekolah harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Di samping syarat yang berupa ijazah (yang merupakan syarat formal) persyaratan pengalaman kerja dan kepribadian harus dipenuhi pula.

Disamping ijazah dan pengalaman kerja, ada syarat lain yang tidak kurang pentingnya, yaitu persyaratan kepribadian dan kecakapan yang dimilikinya. Seorang kepala sekolah hendaknya memiliki kepribadian yang baik sesuai dengan kepemimpinan yang akan dipegangnya. Ia hendaknya memiliki sifat-sifat jujur, adil dan dapat dipercaya, suka menolong dan membantu guru dalam menjalankan tugas dan mengatasi kesulitan-kesulitan, bersifat supel dan ramah mempunyai sifat tegas dan konsekuen yang tidak kaku. Seorang kepala sekolah harus berjiwa nasional dan memiliki falsafah hidup yang sesuai dengan falsafah dan dasar negara kita.
SYARAT-SYARAT MENJADI KEPALA SEKOLAH

Jika kita simpulkan apa yang telah diuraikan di atas, maka syarat seorang kepala sekolah adalah sebagai berikut:
  1. Memiliki ijazah yang sesuai dengan ketentuan/peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.
  2. Mempunyai pengalaman kerja yang cukup, terutama di sekolah yang sejenis dengan sekolah yang dipimpinnya.
  3. Mempunyai sifat kepribadian yang baik, terutama sikap dan sifat-sifat kepribadian yang diperlukan bagi kepentingan pendidikan.
  4. Mempunyai keahlian dan pengetahuan yang luas, terutama mengenai bidang-bidang pengetahuan pekerjaan yang diperlukan bagi sekolah yang dipimpinnya.
  5. Mempunyai ide dan inisiatif yang baik untuk kemajuan dan pengembangan sekolahnya.
Kemudian dalam menjabat kepala sekolah, anda juga harus paham akan posisi anda sebagai kepala juga harus mengusai administrasi dan supervisi selengkapnya baca disini.

Demikian informasi yang bisa saya bagi untuk kali ini, semoga dapat memberikan gambaran untuk anda agar mempersiapkan menjadi kepala sekolah yang baik dan bertanggung jawab.

Wassalamualaikum wr.wb