UJIAN NASIONAL TIDAK ADA PILIHAN GANDA

Assalamualaikum wr.wb
Salam maju bersama

Ujian Nasional Tidak Ada Pilihan Ganda - Menyikapi berita kemarin bahwa nanti pelaksanaan ujian nasional 2015 format jawaban akan menggunakan essai. Ternyata pernyataan tersebut baru sekitar wacana dan tidak dilaksanakan pada tahun ini 2015. Menurut keterangan Kepala Pusat Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Prof Nizam mengonfirmasi ulang, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dalam bentuk essai akan dilaksanakan ketika sekolah sudah berbasis komputer. Jadi, tidak dilaksanakan pada pelaksanaan UN tahun ini.

"Jawaban Ujian Nasional yang tidak lagi multiple choice akan diterapkan kedepannya dan bukan saat ini. Akan diberlakukan saat sekolah sudah berbasis komputer," ujarnya kepada Republika, Selasa (27/1).

Ia menekankan, pada tahun ini bentuk jawaban UN masih dalam bentuk multiple choice dan lembar jawaban. Meskipun begitu, pada tahun ini Kemendikbud tengah mempersiapkan uji coba program ini di ratusan sekolah yang tersebar di Indonesia.
UJIAN NASIONAL TIDAK ADA PILIHAN GANDA

Program UN yang menuliskan langsung jawabnnya itu disebut dengan Computer Based Test (CBT) seperti halnya ujian CPNS yang menggunakan CAT. Ia menjelaskan, terdapat sekitar 500 sekolah-sekolah yang akan menjadi pilot project program UN CBT itu.

"Saat ini kami tengah melakukan verifikasi sekolah-sekolah mana saja yang akan menjadi tempat percobaan UN CBT. Kriteria sekolah yang akan kami tunjuk adalah sekolah yang memiliki fasilitas pendukung dan sudah bagus," lanjutnya.

Bentuk uji coba itu akan seperti pelaksanaan Try Out by Computer. Para siswa akan melakukan uji coba secara langsung di depan computer dan menyelesaikan soal-soal yang ada dengan kapasitas waktu yang telah ditetapkan.

Mengingat, saat ini perkembangan zaman sudah sangat modern dan diharapkan saat ujian kedepannya Indonesia tidak lagi menggunakan kertas, melainkan dengan teknologi.

Guna menuju keinginan besar itu, ia melanjutkan, saat ini Kemendikbud tengah membahas dan menganalisa semua persiapan untuk sekolah-sekolah yang berlokasi di wilayah terluar, tertinggal dan terpencil.

"Soal UN tahun ini masih sama dengan yang diterapkan tahun lalu, sebanyak 50 soal. Dan, untuk siswa lainnya dapat mencoba program CBT ini melalui Try Out Online yang tersedia di website resmi Puspendik, Kemendikbud," katanya menegaskan.

Sumber : Republika
Wassalamualaikum wr.wb

No comments for "UJIAN NASIONAL TIDAK ADA PILIHAN GANDA"