Mengapa Para Wali Songo Dalam Berdakwah Menggunakan Pendekatan Tadrij Dan ‘Adamul Haraj? Jelaskan!

adamul haraj adalah, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada umat hindu sunan kudus melakukan strategi, tadrij adalah, pertanyaan tentang wali songo, soal essay tentang wali songo, Apa itu tadrij dan Adamul haraj, Langkah strategis Wali Songo salah satunya Adamul haraj yang artinya, Mengapa Wali Songo dalam berdakwah sangat mengutamakan pendekatan tradisi dan budaya masyarakat setempat, Apa metode dakwah yang digunakan para Wali Songo, Tradisi minum tuak kepercayaan animisme dan dinamisme pada masa sebelum datangnya Wali Songo diluruskan oleh para wali, Bagaimanakah pendapatmu terhadap cara-cara dakwah kontemporer dengan menggunakan propaganda media sosial, Mengapa Sunan Gresik menghapuskan sistem kastanisasi yang merupakan tradisi yang berasal dari ajaran agama Hindu sebelumnya, Bagaimanakah strategi Sunan Bonang dalam melakukan upaya penyebaran Islam di wilayah pulau Jawa khususnya wilayah Tuban dan sekitarnya, Mengapa Sunan Kudus memutuskan melarang untuk menyembelih sapi pada saat pelaksanaan hari raya Idul Adha di wilayah Kudus dan sekitarnya
Mengapa para Wali Songo dalam berdakwah menggunakan pendekatan tadrij dan ‘adamul haraj? Jelaskan! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, Hallo sobat pelajar dimanapun kalian berada, jumpa lagi dengan gua di sini. Bersama gua mari kita perkaya wawasan untuk ilmu pengetahuan yang lebih luas.
Khusus pada artikel kali ini, gua akan membagikan pembahasan soal dari soal-soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk jenjang SMA/SMK Kelas X Kurikulum Merdeka. Untuk pembahasan soal pada mata pelajaran lainnya akan di bahas pada artikel berikutnya yang akan datang, jadi selalu ikuti terus artikel terbaru di website maribelajarbk.web.id ini ya sobat. Selanjutnya mari kita simak bersama pembahasan soal PAI(Pendidikan Agama islam) berikut di bawah ini.
Pembahasan Soal PAI Halaman 305-308 Kelas X Kurikulum Merdeka
Soal Esai :
Mengapa para Wali Songo dalam berdakwah menggunakan pendekatan tadrij dan ‘adamul haraj? Jelaskan!

Jawaban :
Para Wali Songo dalam berdakwah menggunakan pendekatan tadrij dan ‘adamul haraj, hal ini karena dengan metode tadrij (bertahap) dan ‘adamul haraj (tidak menyakiti) tersebut :
  • Tidak ada ajaran yang diberlakukan secara mendadak, segala sesuatunya melewati atau melalui proses penyesuaian, dan bahkan sering bertentangan dengan Islam, maka secara bertahap, hal tersebut diluruskan oleh para wali dengan menggunakan metode dakwah yang penuh kelembutan dan juga kedamaian.
  • Para wali tidak menyebarkan ajaran agama Islam dengan mengusik tradisi asli masyarakat Nusantara, bahkan tidak mengusik kepercayaan dan agama mereka, tetapi memperkuatnya dengan cara-cara yang islami.

Pembahasan Dan Penjelasan :
Wali Songo adalah sekumpulan tokoh penyebar agama Islam pada perempat akhir abad ke-15 hingga paruh kedua abad ke-16, yang merupakan tonggak terpenting di dalam sejarah penyebaran agama Islam di Jawa dan Nusantara. Dalam mengembangkan ajaran Islam di Jawa dan Nusantara, para wali songo tersebut memulai dengan beberapa langkah strategis yakni (1) Tadrij (bertahap) dan (2) ‘Adamul Haraj (tidak menyakiti).

Okey sobat-sobat pelajar, itulah tadi pembahasan soal PAI tentang “Mengapa para Wali Songo dalam berdakwah menggunakan pendekatan tadrij dan ‘adamul haraj? Jelaskan!”, Nantikan pembahasan soal-soal untuk mata pelajaran lainnya pada artikel berikutnya yang akan datang di website maribelajarbk.web.id ini ya sobat. Terimaksih dan semoga bermanfaat, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

No comments for "Mengapa Para Wali Songo Dalam Berdakwah Menggunakan Pendekatan Tadrij Dan ‘Adamul Haraj? Jelaskan!"