Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Rabu, 13 Juni 2018

KALENDER PENDIDIKAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SD SMP SMA TERBARU

Download Kaldik Tahun Ajaran 2018/2019 SD/MI SMP/MTs SMA/SMK - Menyambut tahun pelajaran baru, Bapak dan Ibu Guru pasti akan disibukan dengan berbagai macam persiapan Administrasi Guru dalam membuat rencana pembelajaran. Selain memperhatikan perubahan perkembangan kurikulum 2013, Bapak dan Ibu Guru sudah terbiasa dalam menyiapkan perencanaan ini. Salah satu dari persiapan tersebut adalah Kalender pendidikan.

Kalender Pendidikan adalah salah satu langkah awal dalam menyusun perangkat administrasi diatas, kenapa ya ?
KALENDER PENDIDIKAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SD SMP SMA TERBARU

Kalender Pendidikan biasanya berisikan kegiatan Akademik dan Non Akademik dalam satu tahun ajaran, mulai hari libur akhir semester ganjil dan genap, libur nasional, kegiatan ujian tengah semester, ujian akhir semester, try out, ujian sekolah, ujian nasional dan waktu pembagian raport semester ganjil dan genap, tetapi yang paling penting adalah penghitungan waktu efektif yang telah dijadwalkan oleh dinas pendidikan tingkat provinsi.
  • Pembagian Raport di daerah Jawa Barat akan berbeda dengan Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi lainnya, pengaturan waktu libur akhir semester ganjil dan genap juga berbeda.
Oke sekarang pentingnya Kalender Pendidikan !
  1. di dalam Kaldik ( Kalender Pendidikan ), dalam waktu 1 Bulan ada Jumlah Hari ( JH ), Jumlah Hari Minggu ( JHM ), Jumlah Hari Libur Nasional ( JHLN ) dan Jumlah Hari Efektif Belajar.( HE ) Hari efektif = Jumlah Hari ( 1 Bulan ) – Jumlah Hari Minggu – Hari Libur Nasional
  2. setelah didapat beapa jumlah hari efektif belajar, maka ini adalah acuan untuk menentukan jumlah tatap muka pada setiap Kompetensi Dasar yang nantinya untuk menentukan Program Semester Ganjil dan Semester Genap yang pada akhirnya akan menentukan waktu tatap muka di Silabus dan RPP
  3. Bila Kalender Pendidikan belum ada, maka akan terjadi ketidak cocokan antara jumlah waktu tatap muka yang ada di RPP, Silabus dan Program Semester Ganjil dan Semester Genap.
Jadi Kalender Pendidikan berfungsi untuk menentukan Jumlah Waktu Efektif Belajar dalam satu Tahun Ajaran yang akan berlangsung.

Nah betapa pentingnya kalender pendidikan pasti Bapak dan Ibu Guru sudah tahu sebelumnya. Untuk itu silahkan Bapak dan Ibu Guru download kalender pendidikan terbaru tahun pelajaran 2018/2019 dari semua jenjang.

Silahkan Klik di bawah ini

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : KALENDER PENDIDIKAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SD SMP SMA TERBARU

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan tentang seputar artikel yang dibaca silahkan anda bertanya dan berkomentar disini