CONTOH KATA PENGANTAR LAPORAN PROPOSAL YANG BAIK DAN BENAR

Contoh Kata Pengantar Makalah, Laporan, Proposal - Menyusun kata pengantar memang susah-susah gampang. Dalam menyusun makalah atau proposal halaman pokok yang utama untuk menjadikan identitas dari sebuah karya tulis adalah dengan adanya kata pengantar. Kata pengantar merupakan bagian yang bisa dibilang penting karena nantinya pembaca akan mudah mengetahui topik yang dibahas dalam suatu makalah (karya ilmiah) serta menilai kemampuan anda dalam membuat kata pengantar, dan dikategorikan baik atau tidak.

Untuk menghasilkan kata pengantar yang baik dan benar mungkin untuk sebagian orang gampang-gampang susah. Isi dari kata pengantar suatu makalah atau karya tulis harus baik dan benar sesuai dengan isi dari karya tulis tersebut. Kata pengantar merupakan suatu prakata penulis yang berisikan ucapan rasa syukur kepada tuhan serta terima kasih kepada orang yang telah membantu akan terlaksananya sebuah karya tulis ataupun kegiatan.

Namun ada beberapa yang masih merasa bingung untuk membuat kata pengantar. Kata pengantar makalah yang baik yaitu kata pengantar yang mencakup isi dari keseluruhan makalahnya. yang membahas apa yang sebenarnya dibahas pada makalah tersebut. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat kata pengantar :
CONTOH KATA PENGANTAR LAPORAN PROPOSAL YANG BAIK DAN BENAR
  • Ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,
  • Penjelasan adanya tugas penulisan karya ilmiah,
  • Penjelasan pelaksanaan penulisan karya ilmiah,
  • Penjelasan adanya bantuan, bimbingan, dan arahan dari seseorang, sekelompok orang, atau organisasi/lembaga,
  • Ucapan terima kasih kepada seseorang/lembaga yang membantu,
  • Penyebutan nama kota, tanggal, bulan, tahun, dan nama lengkap penulis, tanpa dibubuhi tanda tangan,
  • Harapan penulis atas karangan tersebut, dan
  • Manfaat bagi pembaca serta kesediaan menerima kritik dan saran.
Untuk lebih jelasnya mari kita lihat beberapa kata pengantar yang ada disuatu makalah, proposal dan laporan.

Contoh Kata Pengantar Laporan :
 
KATA PENGANTAR
 
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya lah kami dapat menyelesaikan makalah Motor DC ini sebatas pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki. Dan juga kami berterima kasih pada Bapak Ir. Bakri Jaya selaku Dosen mata kuliah Teknik Tenaga Listrik dan Penggerak Mula yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
 
Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai pengertian, prinsip kerja, jenis-jenis motor DC, aplikasi dan perhitungan pada motor DC. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam tugas ini terdapat kekurangan-kekurangan dan jauh dari apa yang kami harapkan. Untuk itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa sarana yang membangun.
 
Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.

    Semarang, Januari 2016

    Penyusun,

KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah biologi tentang limbah dan pemanfaatannya dengan baik.
 
Adapun makalah ilmiah biologi tentang limbah dan pemanfaatannya ini telah kami usahakan semaksimal mungkin dan tentunya dengan bantuan berbagai pihak, sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami tidak lupa menyampaikan bayak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam pembuatan makalah ini.
          
Namun tidak lepas dari semua itu, kami menyadar sepenuhnya bahwa ada kekurangan baik dari segi penyusun bahasanya maupun segi lainnya. Oleh karena itu dengan lapang dada dan tangan terbuka kami membuka selebar-lebarnya bagi pembaca yang ingin member saran dan kritik kepada kami sehingga kami dapat memperbaiki makalah ilmiah biologi ini.
           
Akhirnya penyusun mengharapkan semoga dari makalah ilmiah biologi tentang limbah dan pemanfaatannya ini dapat diambil hikmah dan manfaatnya sehingga dapat memberikan inpirasi terhadap pembaca.
Kudus, Januari 2016

Penyusun,

KATA PENGANTAR
 
Segala puji bagi Allah, Sang Maha Pencipta dan Pengatur Alam Semesta, berkat Ridho Nya, penulis akhirnya mampu menyelesaikan tugas makalah yang berjudul "Fungsi Ganggang Bagi Kelestarian Ekosistem Danau Singkarak".
 
Dalam menyusun makalah ini, tidak sedikit kesulitan dan hambatan yang penulis alami, namun berkat dukungan, dorongan dan semangat dari orang terdekat, sehingga penulis mampu menyelesaikannya. Oleh karena itu penulis pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada :
 
Ibu dan Ayah, atas semua doa dan bantuan finansial untuk menyelesaikan makalah ini.
 
Teman-teman Kelas III yang telah memberikan semangat dan motivasi bagi penulis untuk menyelesaikan makalah ini.
 
Spesial untuk Hani Handayani, karena telah dengan setia memberikan semangat dan cintanya yang tulus yang mendorong penulis menjadi orang yang lebih baik.
 
Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam makalah ini. Oleh karena itu segala kritikan dan saran yang membangun akan penulis terima dengan baik.
 
Semoga makalah "Fungsi Ganggang Bagi Kelestarian Ekosistem Danau Singkarak" ini bermanfaat bagi kita semua.

    Demak, Januari 2016

    Penulis,

Ketiga Contoh Kata Pengantar diatas bisa Anda gunakan ketika hendak menulis sebuah laporan atau proposal, dan tentunya ketiga Contoh Kata Pengantar diatas sudah memenuhi kaidah penulisan kata pengantar yang baik dan benar.

No comments for "CONTOH KATA PENGANTAR LAPORAN PROPOSAL YANG BAIK DAN BENAR"