Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Rabu, 28 Maret 2018

CONTOH BEST PRACTICE SPMI SEKOLAH MODEL

Contoh Best Practice Pada SPMI Sekolah Model SMP SMA SMK - Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman mengenai apa itu best practice dalam kegiatan Sistem Penjaminan Mutu Internal tingkat SMA dan SMP atau sederajat. Yang dimaksud Best Practice dalam SPMI adalah Kegiatan apa yang terbaik atau praktik terbaik pada sekolah model bapak dan ibu. Dengan kata lain hanya salah satu kegiatan terbaik yang dilaksanakan pada sekolah model dari 8 Standar.
CONTOH BEST PRACTICE SPMI SEKOLAH MODEL

Biasanya yang mewakili dalam pelaksanaan persentasi kegiatan dari LPMP adalah kepala sekolah. Jadi kepala sekolah wajib mempersiapkan Best Practice yang sudah dilaksanakan pada kegiatan SPMI dalam pemenuhan 8 standar mengarah ke Standar Nasional Pendidikan. 8 standar sekolah adalah Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayan.

SPMI adalah suatu wadah dari manajemen sekolah dan alur pemenuhan standar sekolah menuju standar nasional pendidikan. Melalui 5 tahapan pada 1 siklus, adapun tahapannya adalah sebagai berikut :
  1. Pemetaan Mutu Sekolah : Sebelum memulai pekerjaan ini pihak sekolah wajib membentuk TIM penjaminan mutu sekolah yang bisa dibuktikan melalui SK Tim (contoh SK download di akhir artikel). Kemudian Tim penjaminan mutu ini bisa memetakan mutu sekolah yang sekarang ini menggunakan data EDS, Rapor PMP, atau Instrumen akreditasi sekolah, silahkan pilih salah satunya. Dengan alasan data tersebut mengaju pada 8 standar.
  2. Perencanaan Pemenuhan Mutu Sekolah : Kemudian Tim penjaminan mutu sekolah mulai merencanakan apa saja kekurangan dan kelebihan yang ada di Sekolah berdasar 8 standar (format ini bisa di download di akhir artikel)
  3. Implementasi/ Pelaksanaan Pemenuhan Mutu Sekolah : Tim penjaminan mutu sekolah mulai menerapkan hasil analisis dari rencana pada tahap kedua. Dalam pelaksanaan sudah matang dengan diketahui kekurangan dan kelebihannya. Rancangan dari awal hingga pembiayaan sudah terjawab pada tahap kedua (rencana)
  4. Evaluasi/ Audit : Tim penjaminan mutu akan berhadapan dengan Tim audit/ evaluasi program Penjaminan Mutu Sekolah. Dimana hasil evaluasi ini akan diuat dasar dalam menemukan Pemetaan Mutu Baru.
  5. Standar Mutu Baru : Tim penjaminan mutu mulai menentukan standar mutu baru yang dimana melanjutkan program yang sudah ada, meningkatkan kualitas dan kuantitas dari program yang sudah berjalan dan Tim penjaminan mutu sekolah melaksanakan progam yang belum berjalan atau program baru sesuai dengan kebutuhan dari 8 standar.

Kesimpulannya adalah Bentuk sistematika Best Practice adalah mengaju pada siklus SPMI diatas. Kepala sekolah akan menggambarkan sedikit profil sekolah, pelaksanaan SPMI di sekolah dan kegiatan paling terbaik yang penyusunannya melalui siklus (5 tahap) diatas.

Adapun contoh dari beberapa file atau dokumen di atas bisa bapak dan ibu download secara gratis di bawah ini. Jika kesulitan dalam mendownload silahkan klik "cara download" yang ada di kanan layar laptop atau di bawah layar HP bapak dan ibu.

Silahkan klik di bawah ini

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CONTOH BEST PRACTICE SPMI SEKOLAH MODEL

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan tentang seputar artikel yang dibaca silahkan anda bertanya dan berkomentar disini