Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Senin, 22 Januari 2018

CONTOH PEDOMAN WAWANCARA BIMBINGAN DAN KONSELING

Download Pedoman Wawancara Bimbingan dan Konseling - Wawancara adalah salah satu tehnik non tes dalam layanan bimbingan konseling. Tehnik non tes ini bertujuan untuk membantu siswa dengan cara mengetahui keadaan siswa. Tergantung tujuan apa yang ingin dicari tahu oleh Guru Bimbingan dan Konseling. Adapun beberapa tehnik non tes adalah sebagai berikut : Teknik asesmen non tes yang sering digunakan untuk keperluan bimbingan dan konseling antara lain: (a) observasi, (b) wawancara (c) angket, (d) sosiometri, (e) dokumentasi, (f) biografi ataupun autobiografi. Instrumen pengumpul data yang sering digunakan untuk mengenali masalah serta kebutuhan layanan bantuan antara lain: (a) daftar cek masalah (DCM), (b) alat ungkap masalah (AUM), (c) inventori tugas perkembangan (ITP).

Guru bimbingan dan konseling atau konselor dapat menggunakan instrumen yang dikembangkan sendiri dengan langkah-langkah sebagaimana pengonstruksian instrumen tes. Adapun langkah-langkah pengembangan meliputi: menetapkan tujuan pengungkapan data pribadi, menentukan aspek dan atau dimensi yang diukur, merumuskan definisi operasional, memilih cara pengukuran yang digunakan, instrumen dan lembar jawaban,merumuskan manual penggunaan instrumen, penyekoran atau pengolahan, serta interpretasinya.

Adapun contoh dalam membuat pedoman wawancara adalah sebagai berikut gambarnya :
CONTOH PEDOMAN WAWANCARA BIMBINGAN DAN KONSELING

Selain digunakan untuk menggali informasi tentang kepribadian siswa, dalam menggunakan tehnik non tes wawancara ini bisa untuk mengukur tingkat seberapa jauh keberhasilan layanan bimbingan dan konseling selama ini pada suatu kelas sampai perseorangan. Silahkan Bapak dan Ibu Guru BK bisa mendownload contoh Pedoman Wawancara BK.

Silahkan klik di bawah ini

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CONTOH PEDOMAN WAWANCARA BIMBINGAN DAN KONSELING

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan tentang seputar artikel yang dibaca silahkan anda bertanya dan berkomentar disini