Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Jumat, 17 November 2017

CONTOH TAJUK RENCANA KORAN TERBARU

Contoh Tajuk Rencana Singkat Pada Koran Terbaru - Tajuk rencana atau editorial adalah pendapat sekaligus gambaran sikap suatu media terhadap peristiwa yang sedang ramai diperbincangkan oleh masyarakat. Tajuk rencana yang ditulis pihak redaksi mewakili sikap dan kebijakan sebuah media. Sikap atau pendapat media yang ada pada tajuk rencana bukan hanya mewakili satu orang di suatu redaksi, tapi merupakan pendapat dari seluruh wartawan dan karyawan dalam media tersebut. Karena itu, disetiap tajuk rencana tidak terdapat nama penulisnya.

Tajuk rencana di suatu media menggambarkan karakter media tersebut, apakah media tersebut berpihak atau mendukung kebijakan pemerintah, atau ia berpihak kepada masyarakat. Jika media tersebut berpihak pada pemerintah, ia akan menyajikan tajuk rencana yang berisi penjelasan atau alasan mengapa peristiwa atau kebijakan tersebut harus terjadi. Sedangkan jika media tersebut berpihak pada rakyat, maka tajuk rencana yang dimuat beirsi kritikan terhadap suatu peristiwa atau kebijakan.
CONTOH TAJUK RENCANA KORAN TERBARU

Contoh Tajuk Rencana Pada Koran Online

Contoh tajuk rencana yang ada pada surat kabar. Surat kabar yang saya pilih yaitu Koran Sindo versi digital. Dilihat dari fungsinya, berikut adalah contoh-contoh tajuk rencana: 

1. Menjelaskan Berita

Perhatikan dan baca gambar di bawah ini :

CONTOH TAJUK RENCANA KORAN TERBARU
Contoh penerapan fungsi ini ada pada Tajuk Rencana yang diterbitkan Koran Sindo, Senin, 27 Maret 2017, dengan judul Mobil Dinas Presiden. Di tengah pertanyaan masyarakat mengenai mobil dinas Presiden Jokowi yang mogok, Tajuk Rencana tersebut menjelaskan bahwa mobil itu sudah “rewel” sejak masa pemerintahan Presiden SBY, Tajuk Rencana itu tidak mengkritisi kejadian mobil Presiden Jokowi yang mogok.
Biasanya fungsi ini terdapat pada media yang pro pemerintah, tapi surat kabar yang kebijakan redaksinya mendukung pemerintah tidak selalu menggunakan fungsi ini. Jika Tajuk Rencananya menggunakan fungsi menjelaskan berita, maka isi Tajuk Rencananya akan menjelaskan mengapa suatu peristiwa atau kebijakan itu dapat terjadi. Memberikan alasan-alasan yang dapat menguatkan sisi “mendukung” peristiwa tersebut, tanpa mengkritisinya.

2. Mengisi Latar Belakang Berita

Perhatikan dan baca gambar di bawah ini :
CONTOH TAJUK RENCANA KORAN TERBARU
Contoh penerapan fungsi ini ada pada Tajuk Rencana yang diterbitkan Koran Sindo, Senin, 10 April 2017, dengan judul Krisis Moral Wakil Rakyat. Disamping menjelaskan peristiwa yang terjadi saat sidang DPD yang ribut, Tajuk Rencana ini juga menjelaskan realitas sosial, dalam hal ini bahaya yang akan timbul di masyarakat yang menonton atau mengetahui peristiwa itu.

Bahayanya antara lain, masyarakat akan meniru apa yang terjadi di parlemen dan mencari uang dengan korupsi, kekerasan bisa dilakukan masyarakat yang menilai wakil rakyat saja bisa melakukan kekerasan apalagi masyarakat biasa, dan masyarakat dapat mengabaikan sifat budi pekerti dan saling menghargai.

Tajuk rencana yang menggunakan fungsi ini akan menjelaskan hubungan antara satu berita atau peristiwa dengan realitas sosial lainnya. Jadi, isi tajuknya memberikan pengetahuan atau wawasan kepada pembaca mengenai hubungan suatu peristiwa dengan keadaan sosial lainnya yang terjadi di tengah masyarakat.
3. Meramalkan masa depan

Perhatikan dan baca gambar di bawah ini :
CONTOH TAJUK RENCANA KORAN TERBARU
Contoh penerapan fungsi ini ada pada Tajuk Rencana yang diterbitkan Koran Sindo dengan judul KPU, Bawaslu, dan Pemilu 2019. Dalam hal ini Redaksi Koran Sindo meramalkan bahwa Pemilu pada 2019, yaitu Pemilu Legislatif dan Pilpres, akan memberikan tantangan yang bergitu kompleks dan rumit.
Fungsi ini akan membuat tajuk rencana berisi analisa dan ramalan penulis tajuk mengenai masa yang akan datang, apa yang akan terjadi di masa mendatang. Dengan analisanya itu, pembaca bisa menyiapkan diri untuk menghadapi masa yang akan datang dan hal-hal yang akan terjadi di masa depan.
4. Meneruskan penilaian suatu norma

Perhatikan dan baca gambar di bawah ini :
CONTOH TAJUK RENCANA KORAN TERBARU

Contoh penerapan fungsi ini ada pada Tajuk Rencana yang diterbitkan Koran Sindo, Senin, 10 April 2017. Tajuk itu mengkritisi perilaku wakil rakyat, dalam hal ini anggota DPD, yang ribut saat sidang anggota dewan. Dalam Tajuk Rencana tersebut, redaksi mengkritisi perilaku wakil rakyat yang sudah tidak punya malu, perilakunya seperti preman, dan tidak mencerminkan didikan anak sekolahan. 
Jika Tajuk Rencana menggunakan fungsi ini, biasanya isinya banyak mengkritisi peristiwa atau kebijakan. Dalam isinya, ia akan menjabarkan alasan-alasan yang tidak berpihak pada seseorang, kelompok atau lembaga.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CONTOH TAJUK RENCANA KORAN TERBARU

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan tentang seputar artikel yang dibaca silahkan anda bertanya dan berkomentar disini