Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Minggu, 28 Mei 2017

PENGERTIAN DAN FUNGSI JARINGAN KOLENGKIM

Apa Pengertian Fungsi Jaringan Kolengkim - Jaringan Kolengkim merupakan satu bentuk tatanan sel pada tumbuhan yang berguna untuk memperkokoh, bisa berdiri tegak layaknya maklhuk hidup pada umumnya dan bisa disebut sebagai jaringn penguat tumbuhan. Jaringan penguat pada tumbuhan terdiri atas sel-sel berdinding serta mengandung lignin dan zat-zat lainnya. Pada zat-zat tersebut akan memberi sifat keras pada dinding selnya, berdasarkan dari bentuk dan sifatnya, jaringan penguat pada tumbuhan terbagi atas 2 yaitu jaringan kolenkim dan jaringan sklerenkim. Pada pambahasan kali ini, akan mengulas secara lebih khususnya mengenai jaringan kolenkim yang dalam hal ini merupakan salah satu jaringan penguat pada sebuah tumbuhan.

PENGERTIAN DAN FUNGSI JARINGAN KOLENGKIM

Fungsi Jaringan Kolengkim
Penguat utama organ-organ tumbuhan yang masih aktif mengadakan pertumbuhan dan perkembangan.

Pengertian Jaringan Kolenkim
Jaringan kolenkim merupakan jaringan homogen yang tersusun atas sel-sel kolenkim. Jaringan kolenkim tersusun dari sel-sel yang hidup dan memiliki bentuknya memanjang serta umumnya memiliki dinding dengan penabalan yang tidak teratur.

Jaringan kolenkim ialah jaringan permanen yang bersifat sederhana dan memiliki peran untuk mendukung sistem tunas tumbuhan secara mekanik. Jaringan kolenkim terbentuk dari sel-sel memanjang yang tersusun secara rapat yang sehingga ruang kosong yang terbentuk sangat kecil.

Jaringan kolenkim memiliki bentuk yang bervariasi, bisa poligonal, bulat, atau oval. Jaringan kolenkim dapat dijumpai pada batang, daun, bunga, dan buah. Pada akar yang terkena sinar matahari juga dapat dijumpai kolenkim. Sementara itu, jaringan kolenkim memiliki fungsi sebagai penguat utama organ-organ tumbuhan yang masih aktif mengadakan pertumbuhan dan perkembangan.

Jenis-Jenis Jaringan Kolenkim
Yang dalam hal ini berdasarkan bentuk penebalan dan letaknya, jaringan kolenkim dapat dibedakan menjadi 4 macam jenis yaitu:
  • Kolenkim Angular “Sudut”
Merupakan jaringan kolenkim yang mengalami penebalan pada bagian-bagian sudutnya. Jaringan kolenkim ini sering ditemukan pada dedaunan, misalnya pada daun tanaman seledri.
  • Kolenkim Lamellar Atau Tangensial “Papan”
Merupakan jaringan kolenkim yang mengalami penebalan pada dinding-dinding sel yang tangensial atau menjalar saja. Jaringan kolenkim ini mempunyai dinding sel yang tebal hanya ketika jaringan kolenkim ini sejajar dengan permukaan struktur tempat ditemukannya jaringan kolenkim ini. Dalam penebalan ini memungkinkan untuk memberi kekuatan yang lebih besar dan dukungan untuk lapisan luar sturktur tanaman apakah itu untuk sebuah batang atau daun.
  • Kolenkim Annular
Merupakan jaringan kolenkim berjenis langka, di mana pada dinding selnya menebal dengan rata. Contohnya pada daun wortel dan beberapa tanaman merambat.
  • Kolenkim Lacunate “Lakunar”
Merupakan jaringan kolenkim yang mengalami penebalan pada permukaan ruang antar sel, jaringan kolenkim lakunar dikenal karena memiliki banyak ruang antara sel-selanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENGERTIAN DAN FUNGSI JARINGAN KOLENGKIM

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan tentang seputar artikel yang dibaca silahkan anda bertanya dan berkomentar disini