MATA PELAJARAN UJIAN NASIONAL 2017 UNTUK SMP SMA SMK

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2017, juga diiringi dengan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Untuk USBN, mata pelajaran yang diujikan adalah mata pelajaran yang tidak masuk di UN, ditambah pelajaran agama.

"Ujian nasional tetap dilaksanakan, ujian sekolah ditingkatkan mutunya menjadi Ujian Sekolah Berstandar Nasional. USBN diberlakukan untuk beberapa mata pelajaran," papar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, seperti keterangan Kemendikbud di akun twitter, Kamis (22/12/2016).

MATA PELAJARAN UJIAN NASIONAL 2017 UNTUK SMP SMA SMK

Kemendikbud juga meningkatkan mutu ujian sekolah dengan menggantinya menjadi ujian sekolah berstandar nasional (USBN). S

alah satu hal yang berbeda pada UN dan USBN 2017 dengan tahun sebelumnya adalah mata pelajaran yang diujikan pada tingkat SMA.

Sebelumnya, pada UN tingkat SMA terdapat enam mata pelajaran (mapel) yang diujikan.

Yaitu, matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan tiga mata pelajaran sesuai jurusan.

Untuk jurusan IPA ditambah mapel fisika, kimia, dan biologi.

Sedangkan untuk jurusan IPS ditambah mapel geografi, sosiologi, dan ekonomi.

Sementara itu, untuk jurusan bahasa ditambah mapel sastra Indonesia, antropologi, dan bahasa asing. 

Menariknya, pada UN 2017 untuk tingkat SMA nanti, hanya ada empat mapel yang diujikan.

Yaitu, matematika, bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan satu mapel pilihan sesuai jurusan.

Siswa dibebaskan memilih satu di antara tiga mapel dalam jurusannya sesuai dengan minat dan kemampuannya.

Namun, untuk USBN, ketiga mapel yang ada dalam tiap jurusan (IPA/IPS/Bahasa) tersebut tetap menjadi mapel yang diujikan.

Ada enam mapel yang akan diujikan dalam USBN tingkat SMA.

Selain tiga mapel berdasarkan jurusan, USBN juga akan menguji siswa untuk mapel pendidikan agama, PPKN, dan sejarah.

Untuk mapel UN tingkat SMP pada 2017 tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. UN tingkat SMP akan menguji mapel matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA.

Kemudian mapel yang akan diujikan dalam USBN tingkat SMP adalah pendidikan agama, PPKN, dan IPS.  

UN SMK pada 2017 juga tetap menguji empat mapel, yaitu matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan teori kejuruan.

Kemudian mapel yang akan diujikan dalam USBN tingkat SMK adalah pendidikan gama, PPKN, dan keterampilan komputer‎.
 Muhadjir mengimbau semua pihak agar pelaksanaan UN 2017 penuh kejujuran.

"Tugas kita mengurangi dampak negatif pelaksanaan UN. Kita tahu, banyak terjadi penyimpangan pada UN, misalnya ada 20 mata pelajaran yang diujikan maka 20 pula contekannya. Oleh karena itu pelaksanaan UN harus diselenggarakan dengan jujur," imbuh dia.

Dia mengaku sebelumnya ngotot untuk melakukan moratorium UN. Penyebab utamanya adalah dampak negatif pelaksanaan UN, yang mereduksi nilai pendidikan serta menyebabkan banyak siswa yang tidak jujur.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memutuskan UN tetap berjalan atau dengan kata lain, presiden menolak usulan dari Mendikbud yang menginginkan adanya moratorium UN. Ujian nasional tetap diadakan, dijalankan dengan berbagai penyempurnaan perbaikan.

Beberapa perbaikan di antaranya terkait perlunya peningkatan kompetensi guru yang telah disertifikasi dari waktu ke waktu. Penyempurnaan juga dilakukan dalam hal ujian sekolah yang nantinya akan ada kisi-kisi nasional.

No comments for "MATA PELAJARAN UJIAN NASIONAL 2017 UNTUK SMP SMA SMK"