Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Kamis, 07 Juli 2016

TIPS SARAN MEMILIH LAPTOP UNTUK PELAJAR

Saran Untuk Kalian Yang Bingung Memilih Laptop Yang Sesuai Kebutuhan - Banyak sekali kebutuhan seorang pelajar pada saat ini, beberapa sudah mendapatkan sekolah gratis namun fasilitas penunjang secara pribadi pun masih banyak. Salah satunya adalah fasilitas Laptop. Beberapa teman saya bingung dalam  memilih laptop yang sesuai, berawal dari situ saya akan memberikan sedikit tips yang saya peroleh dari Kaskuskers. Seperti apa tips nya..?? Bisa kalian baca dibawah ini sebagai pertimbangan dalam memilih laptop.

Di zaman sekarang kebutuhan akan laptop sudah merambah berbagai kalangan, termasuk kalangan pelajar dari SD hingga SMA gan. Laptop pun sudah jadi barang wajib pelajar buat menunjang aktifitas mereka di bidang pendidikan. Apalagi sekarang pemerintah sudah menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer, jadi mau ga mau, laptop perlu banget untuk latihan, biar ga kagok ketika menghadapi Ujian di depan komputer gan. Sebagai orang tua, sudah pasti bakalan berusaha membelikan anak laptop yang terbaik, supaya mereka lebih semangat dalam belajar. Eits, jangan asal pilih laptop! Buat ente yang berencana membeli laptop untuk anak yang masih pelajar, ada baiknya baca dulu tips dari ane gan.
TIPS SARAN MEMILIH LAPTOP UNTUK PELAJAR

Sebelum membeli laptop ada baiknya sesuaikan budget yang ente miliki gan, jangan karena alasan sayang anak, ente memaksakan membeli laptop dengan harga super mahal. Inget harga mahal belum menjamin apakah produk itu kuat dan cocok untuk anak ente dalam menunjang aktivitasnya di sekolah, dan harga murah juga bukan menjadi patokan kalo laptop itu murahan dan cepet rusak. Dengan memilih laptop yang tepat dengan sesuai budget, ente dapat terhindar dari bahaya lepas kontrol dengan membeli laptop yang mahal hingga kantong jebol gan.

TIPS SARAN MEMILIH LAPTOP UNTUK PELAJAR

Selanjutnya yang ente harus pikir mateng-mateng, adalah digunakan untuk apa saja laptop itu nanti oleh si anak? Kalo anak masih SD atau SMP ada sebaiknya beli spek komputer yang sederhana saja, spek seperti Intel atom, ram 2gb, hd 320gb sudah cukup mumpuni bagi mereka. Karena kebutuhan anak SD dan SMP hanyalah komputasi yang ringan seperti mengetik, mempresentasikan tugas dan menjalankan media hiburan. Untuk anak yang sudah SMA, ada baiknya menaikkan sedikit spek dengan memilih Intel i3 series. Ram 2gb, HDD 500 sudah mumpuni kok gan , spek ini juga bisa menjalankan game-game terkini sebagai media hiburan mereka dikala bosan dengan baik lho gan. 

Karena Intel core i3 series sudah dilengkapi dengan Intel HD graphic yang kencang gan. terus spek apa yang cocok untuk anak SMK Desain? Seperti sudah menjadi rahasia umum, untuk menjalankan program-program Desain Grafis seperti photosop, corel, autocad ataupun edit video dan animation dibutuhkan spesifikasi yang lumayan tinggi , dengan memilih laptopcore i5 series yang memiliki octa core dan Intel HD graphic agar proses rendering lebih cepat, ram 4 GB dan HDD minimal 500GB sudah sangat pas untuk pelajar SMK jurusan Desain. Jadi bijaklah untuk memilih spesifikasi yang cocok dengan kebutuhan anak ente gan .
TIPS SARAN MEMILIH LAPTOP UNTUK PELAJAR

Banyak cara brand laptop dan pemilik toko untuk menggaet pembeli salah satu caranya yaitu memberikan tawaran bonus gan. Nah tips selanjutnya untuk membeli laptop adalah tanyakan bonus apa saja yang mereka berikan, karena tiap toko dan brand bakalan menawarkan bonus yang berbeda-beda gan. seperti bonus mouse, pelindung lcd dan keyboard ataupun kipas laptop gan, Salah satunya Intel yang bekerjasama dengan Columbia memberikan bonus yang tepat untuk para pelajar di Indonesia yaitu bonus 3 konten pendidikan ( konten bank soal Kelase, konten E-book dari Mahoni dan konten video pendidikan dari inibudi.org). Nah semakin banyak ente mendapatkan bonus semakin untung ente gan.
TIPS SARAN MEMILIH LAPTOP UNTUK PELAJAR

Di pasaran banyak sekali merk-merk laptop yang dijual, dari merk lokal sampai merk internasional gan. Tips selanjutnya jangan terfokus hanya mau membeli laptop dengan merk itu saja, jika bukan merk itu maka agan gak mau beli dengan alasan merk itu uda terkenal ( padahal khan merk terkenal banyak ). Lebih baik buang jauh pemikiran seperti itu, ada baiknya ente mengkomparasi satu merk dengan merk lainnya yang memiliki spesifikasi hampir sama, cari apa yang unggul dari merk itu melalui berbagai referensi gan. Dengan tidak terfokus dengan satu merk maka saja, maka pilihan untuk membeli laptop semakin banyak gan.
TIPS SARAN MEMILIH LAPTOP UNTUK PELAJAR

Kesalahan terbanyak yang dilakukan oleh orang tua adalah salah memilih dimensi laptop. Laptop dengan lcd 10” misalnya, sangat cocok untuk anak ente yang masih SD ataupun SMP gan. karena gampang untuk dimasukkan di tas dan ringan dibawa ke sekolah. Sementara untuk anak SMA sih berbagai dimensi cocok untuk mereka. Kalo anak ente memiliki mobilitas yang tinggi, laptop 14” berdesain tipis dan ringan adalah pilihan tepat karena mudah untuk dibawa-bawa gan. Oh ya ada satu lagi type laptop 2in1 yang memiliki dimensi pas untuk semua kalangan pelajar gan, yaitu laptop yang layarnya bisa dilepas sehingga bisa dijadikan laptop dan tablet sekaligus. Jadi sekali membeli bisa mendapatkan 2 fungsi gan.
TIPS SARAN MEMILIH LAPTOP UNTUK PELAJAR

Namanya barang buatan manusia mana ada yang sempurna gan, begitupula dengan laptop. Pasti ada kemungkinan kerusakan yang akan terjadi di kemudian hari. Nah guna menghindari hal-hal yang tidak di inginkan terjadi, cari referensi sebanyak-banyaknya bagaimana kualitas, jangka waktu, layanan dan keberadaan after sales dari merk laptop yang akan ente beli gan. karena dengan mengetahui after salesnya, suatu saat dikemudian hari laptop ente bermasalah, ente ga akan bingung kemana harus memperbaikinya. 

Harga laptop yang terbilang tidak murah menjadi pertimbangan orang tua untuk membelikan anaknya laptop. Tapi gak usah khawatir gan, karena ada yang menawarkan program cicilan laptop, yaitu Program Smarter Generations kerjasama Intel dan Columbia yang memberikan program cicilan laptop super ringan, mulai dari Rp 300 ribuan gan. Syaratnya juga mudah lho gan. Dengan membeli laptop melalui program kredit niscaya bisa menghambat keluarnya uang banyak sekaligus gan...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : TIPS SARAN MEMILIH LAPTOP UNTUK PELAJAR

1 komentar:

Jika ada pertanyaan tentang seputar artikel yang dibaca silahkan anda bertanya dan berkomentar disini