5 CONTOH KASUS PELANGGARAN HAM INDONESIA

5 Kasus-Kasus Pelanggaran HAM Terbesar yang terjadi di Indonesia Lengkap - Selamat pagi sahabat maribelajarbk.web.id sudah lama sekali saya tidak menulis artikel tentang beberapa contoh untuk membantu para pencari contoh tentunya para siswa dan siswi yang sedang dibangku sekolah. Untuk kali ini saya akan membagikan artikel tentang kasus HAM yang telah terjadi di Indonesia. 

Banyak kasus pelanggaran hak asasi manusia yang disebabkan karena manusia lebih mengedepankan hak daripada kewajiban asasinya. Pernahkah Kalian mendengar atau membaca berita tentang kasus pelanggaran HAM? Tentu saja bila kalian rajin mengikuti berita dari media elektronik atau media cetak, kasus-kasus pelanggaran HAM sangat sering kita dengar.
5 CONTOH KASUS PELANGGARAN HAM INDONESIA

Ada beberapa kasus pelanggaran HAM yang pernah terjadi di Indonesia, di antaranya sebagai berikut.
 
1. Peristiwa Tanjung PriokPeristiwa kerusuhan yang terjadi pada tanggal 12 September 1984 di Tanjung Priok, Jakarta, Indonesia , yang mengakibatkan sebanyak 24 orang tewas, 36 orang luka berat dan 19 luka ringan . Peristiwa ini berlangsung dengan latar belakang dorongan pemerintah Orde Baru waktu itu agar semua organisasi masyarakat menggunakan azas tunggal yaitu Pancasila. Penyebab peristiwa ini adalah tindakan perampasan brosur yang mengkritik pemerintah pada saat itu di salah satu mesjid di kawasan Tanjung Priok dan penyerangan oleh massa terhadap aparat.
 
2. Pelanggaran HAM di Daerah Operasi Militer (DOM), Aceh 
Peristiwa ini telah menimbulkan bentuk bentuk pelanggaran HAM terhadap penduduk sipil yang berupa penyiksaan, penganiayaan, dan pemerkosaan yang berulang-ulang dengan pola yang sama. Kasus-kasus dari berbagai bentuk tindakan kekerasan yang dialami perempuan yang terjadi dari ratusan kekerasan seputar diberlakukannya Daerah Operasi Militer selama ini tidak pernah terungkap.
Ada beberapa alasan yang menyebabkan informasi ini tidak diketahui oleh masyarakat luas dan dunia internasional seperti :
Korban pemerkosaan terutama di Aceh, sering dianggap aib dan memalukan. Akibatnya korban atau keluarga selalu berusaha untuk menutupi kejadian tersebut.
 
Adanya ancaman dari pelaku untuk tidak "mengungkap" kejadian tersebut kepada orang lain, karena pelakunya aparat yang sedang bertugas di daerah tersebut, membuat korban/keluarga selalu berada dalam kondisi diintimidasi.
 
Penderitaan dan trauma yang dialami oleh korban sangat mendalam, sehingga sangat sulit bagi korban untuk menceritakan pengalaman buruknya, apalagi kepada orang yang tidak terlalu dikenalnya.
 
Adanya ancaman dari pihak-pihak tertentu terhadap orang ataupun LSM yang mendampingi korban.
 
3. Sepanjang tahun 80-anDalam rangka menanggulangi aksi-aksi kriminal yang semakin meningkat, telah terjadi pembunuhan terhadap "para penjahat" secara misterius yang terkenal dengan istilah "petrus" (penembakan misterius) .
 
4. Tragedi TrisaktiPeristiwa penembakan mahasiswa Universitas Trisakti pada tanggal 12 Mei 1998 , pada saat demonstrasi menuntut Soeharto mundur dari jabatannya. Dalam kasus ini menewaskan empat mahasiswa Universitas Trisakti diantaranya : Elang Mulia Lesmana (1978-1998), Heri Hertanto (1977-1998), Hafidin Royan (1976-1998), dan Hendrawan Sie (1975-1998) . Mereka tewas tertembak di dalam kampus, terkena peluru tajam di tempat-tempat vital seperti kepala, tenggorokan, dan dada.
 
5. Tragedi Semanggi I dan IIImage By : toetoet.wordpress.com
Tragedi Semanggi menunjuk pada peristiwa protes masyarakat terhadap pelaksanaan dan agenda Sidang Istimewa MPR yang mengakibatkan tewasnya warga sipil kejadian yang pertama di kenal dengan nama Tragedi Semanggi I yang terjadi pada tanggal 13 November 1998 . Dalam kasus ini lima orang korban meninggal, yaitu Bernadus Irmawan, Teddy Mahdani Kusuma, Sigit Prasetyo, Muzamil Joko Purwanto dan Abdullah .
Kemudian kejadian kedua di kenal dengan nama
 
Tragedi semanggi II yang terjadi pada tanggal 24 September 1999 yang mengakibatkan lima orang korban meninggal yaitu Yap Yun Hap, Salim Ternate, Fadli, Denny Yulian dan Zainal.

Demikian beberapa contoh tentang kasus HAM yang telah terjadi di Indonesia. Banyak kasus - kasus HAM di Indonesia yang tidak terjamah hukum dan hanya menjadi cerita saja tanpa ada ujung tindakan tegas dan pengungkapan kasus yang terkesan masih sangat ditutupi oleh beberapa pihak yang berkuasa.

No comments for "5 CONTOH KASUS PELANGGARAN HAM INDONESIA"