Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Sabtu, 04 Juli 2015

TIPS SEBELUM MEMILIH ASURANSI KESEHATAN

Apa Yang Kalian Saat Memilih Asuransi Kesehatan - Kesehatan memang bukan segalanya, namun tanpa kesehatan, kita tidak dapat melakukan segalanya. Maka dari itulah banyak orang membeli asuransi kesehatan. Orang yang tidak diasuransikan secara kesehatan tidak mendapatkan perawatan medis yang bagus dan tepat, sehingga sebagai hasilnya, orang yang tidak membeli asuransi kesehatan memiliki kesehatan yang lebih buruk dan beban fiskal yang lebih tinggi bagi mereka dan keluarganya.

Minat masyarakat Indonesia terhadap asuransi kesehatan cenderung lebih baik dibandingkan di masa lalu, dikarenakan kesadaran akan pentingnya kesehatan sudah semain baik. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya jenis-jenis asuransi kesehatan yang tersedia, pertanyaan-pertanyaan mereka mengenai jenis asuransi apa yang cocok dengan mereka, dan sebagainya.
TIPS SEBELUM MEMILIH ASURANSI KESEHATAN

Berikut tips-tips yang dapat dilakukan dalam mencari jenis asuransi kesehatan yang cocok untuk Anda.

1. Ajukan Asuransi Kesehatan Saat Anda Sehat

Penyesalan memang selalu datang terlambat. Kebanyakan dari kita baru membeli asuransi saat penyakit datang menghalau, baru tersadar betapa mahalnya biaya pengobatan di rumah sakit. Anda pasti tak jarang mendengar kisah mereka yang baru sadar betapa pentingnya asuransi setelah ibunya masuk rumah sakit, misalnya.

Dan tak jarang pula terdengar betapa pihak perusahaan asuransi yang tidak mengabulkan permohonan tersebut, karena di asuransi kesehatan, dikenal sebuah ketentuan bernama 'pre-existing condition'. Maksud dari ketentuan ini adalah, jika Anda sudah berada dalam kondisi sakit atau sudah memiliki penyakit tertentu, kemungkinan besar pihak asuransi tidak akan memberikan tanggungan untuk penyakit-penyakit ini. 

Maka dari itu, ketika Anda berada dalam kondisi sehat, lebih baik langsung ajukan diri ke asuransi. Jika nasabah yang diterima sudah sakit, perusahaan asuransi akan rugi karena biaya rumah sakit akan lebih tinggi daripada premis polis. Bagaimanapun juga, perusahaan asuransi adalah lembaga profit, bukannya lembaga sosial.

Jadi, jangan menunda asuransi kesehatan, ajukan saat ini juga. Semakin cepat, semakin baik, karena semakin kecil kemungkinan Anda sudah terkena penyakit, dan artinya semakin besar kemunginan permohonan asuransi Anda disetujui.

2. Perhatikan Syarat Rawat Inap

Kesalahan kedua yang banyak orang pikir mengenai asuransi: jika saya sedang dirawat inap, saya bisa mengajukan klaim ke asuransi, kapanpun juga. Salah. Terdapat beberapa syarat yang dimiliki pihak asuransi mengenai aturan rawat inap.

Pertama, rawat inap harus dilakukan di rumah sakit. Beri tekanan pada kata-kata rumah sakit. Artinya, jika rawat inap dijalankan di klinik atau puskesmas, pihak asuransi tidak akan menggantinya. 

Kedua, untuk berapa lamakah rawat inap menjadi persyaratan. Beberapa menetapkan rawat inap setelah 1 hari sudah bisa diklaim, ada yang minimal 2 hari rawat inap. Sebagian lagi sudah dapat diklaim hanya dengan beberapa jam dirawat di UGD.

3. Satu Polis untuk Satu Keluarga

Bagi mereka yang sudah berkeluarga, pertanyaan yang kerap keluar adalah: lebih baik membeli langsung satu polis untuk satu keluarga
atau polis per anggota keluarga? Apakah bedanya?

Tentu saja harganya beda. Harga satu polis langsung untuk beberapa anggota keluarga lebih murah daripada satu polis per anggota keluarga. Hal ini disebabkan asuransi utama yang ditawarkan adalah asuransi jiwa. Jika membeli hanya satu polis langsung yang berlaku untuk semua anggota, sementara belum tentu semua anggota ini akan membeli asuransi jiwa. Dengan membeli polis terpisah, artinya semua anggota keluarga harus membeli asuransi jiwa.

4. Dimulai Dari Usia Muda

Seperti yang telah dikatakan di atas, semakin bertambahnya usia, semakin tinggi risiko Anda akan terkena penyakit atau risiko kematian. Hal ini sudah merupakan hukum alam.

Walaupun belum tentu mereka yang di usia muda terkena penyakit, dan begitu pula sebaliknya, belum tentu juga mereka yang berusia tua terkena penyakit, namun sudah menjadi ketentuan bahwa mereka yang di usia tua harus membayar premi lebih mahal. Semakin muda Anda, semakin murah premi yang harus dibayar.

5. Diterima di Rumah Sakit Mana?

Beda jenis asuransi, beda pula rumah sakit yang bisa menerimanya. Semakin banyak rumah sakit yang bisa menerima asuransi Anda, akan semakin menguntungkan Anda. Pastikan rumah sakit mana saja yang bisa menerima asuransi tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : TIPS SEBELUM MEMILIH ASURANSI KESEHATAN