PENGERTIAN, MACAM-MACAM DAN CONTOH KROMOSOM

Pengertian Kromosom dan Apa saja Macam-macamnya - Selamat pagi sahabat siswa dan siswi yang saya banggakan, kali ini saya akan mencoba memberi sedikit ulasan tentang pelajaran IPA, yaitu tentang kromosom. Nah apa itu Kromosom ??? Penjelasan Kromosom adalah benang-benang halus yang tersusun dari asam nukleat, seperti DNA dan RNA. Kromosom berasal dari kata chrome artinya berwarna dan soma artinya badan. Olehnya itu, kromosom dapat berarti badan yang menyerap warna. Kromosom terdapat pada nukleus (inti sel) setiap sel. Kromosom biasanya diamati pada tahap metafase saat pembelahan mitosis maupun meiosis. Kromosom nampak seperti batang yang mengandung struktur yang terdiri dari benang-benang tipis melingkar-lingkar. Di sepanjang benang-benang inilah terletak secara teratur struktur yang disebut gen. Tempat gen dalam kromosom disebut lokus gen. 

PENGERTIAN, MACAM-MACAM DAN CONTOH KROMOSOM

Kromosom memiliki 2 lengan, dan antara lengan yang satu dengan yang lain dibatasi oleh lekukan primer, sentromer, atau kinetokor. Lekukan primer membatasi pertemuan 2 lengan. Pada lekukan tersebut terdapat daerah bening yang mengandung granula. Lekukan tersebut dinamakan sentromer atau kinetokor. Fungsi sentromer berhubungan dengan penarikan benang spindel ketika terjadi pembelahan. Pada beberapa kromosom terdapat lekukan sekunder yang berada di sepanjang lengan dan berhubungan dengan nukleolus. Oleh karena itu, disebut NOR (Nucleolar Organizing Regions). Untuk mempertahankan kestabilannya. pada setiap ujung kromosom diiengkapi dengan struktur yang khas disebut telomer. Fungsi telomer ialah menjamin agar replikasi ADN berlangsung dengan sempurna. Karena pentingnya telomer, sel yang kromosom telomernya mengalami kerusakan umumnya segera mati.

Bentuk dan Struktur kromosom
PENGERTIAN, MACAM-MACAM DAN CONTOH KROMOSOM

Berdasarkan letak sentromernya. kromosom dapat dibedakan menjadi empat macam, yaitu sebagai berikut.
  1. Kromosom Metasentrik : Kromosom metasentrik adalah kromosom yang sentromernya membagi lengan kromosom sama panjang sehingga bentuknya seperti huruf V.
  2. Kromosom submetasentrik : Kromosom submetasentrik adalah kromosom yang letak sentromernya dekat dengan tengah kromosom sehingga kromosom yang demikian memiliki bentuk seperti huruf L.
  3. Kromosom akrosentrik : Kromosom akrosentrik adalah kromosom yang letak sentromernya dekat dengan ujung.
  4. Kromosom telosentrik : Kromosom telosentrik adalah kromosom yang sentromemya tertetak di ujung kromosom sehingga hanya memiliki satu lengan.

PENGERTIAN, MACAM-MACAM DAN CONTOH KROMOSOM

Jenis Kromosom

Kromosom bertanggung jawab dalam hal sifat keturunan (hereditas) yang diwariskan dari induk kepada keturunannya. Jumlah kromosom setiap sel organisme berbeda pada organisme yang berbeda jenis. Ukuran kromosom juga sangat bervariasi antara satu jenis organisme dengan jenis organisme lainnya. Kromosom dapat dibedakan menjadi 2 tipe, yaitu kromosom tubuh (autosom) dan kromosom kelamin (gonosom).
  1. Kromosom Tubuh (autosom): Kromosom tubuh (autosom) berperan mengatur sifat-sifat tubuh, bersifat diploid (2n), dan berjumlah 46 atau 23 pasang pada manusia.
  2. Kromosom Kelamin (gonosom): Kromosom kelamin (gonosom) berperan dalam menentukan jenis kelamin, bersifat haploid (n), dan berjumlah 23 buah pada manusia.
Demikian informasi yang bisa saya bagikan untuk pengetahuan siswa dan siswi yang sedang mempelajari ilmu tentang IPA yaitu Pengertian , Macam-macam dan Contoh Kromosom. Semoga ilmu yang saya bagi setiap harinya dapat bermanfaat untuk kalian.

Sumber : Santoso, Begot. 2007. Biologi: Pelajaran Biologi untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta:Interplus.