Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Selasa, 23 Juni 2015

MANFAAT CONTOH DAN NAMA LATIN TUMBUHAN PAKU

Contoh, Manfaat, Jenis dan Nama Latin Tumbuhan Paku - Selamat pagi sahabat BK, kali ini saya akan membantu para peserta didik dan menambah ilmu pengetahuan bagi bapak dan ibu guru juga. Berbicara tentang tumbuhan paku atau Pteridophyta merupakan divisi dari kingdom Plantae yang anggotanya memiliki akar, batang, dan daun sejati, serta memiliki pembuluh pengangkut. Tumbuhan paku sering disebut juga dengan kormofita berspora karena berkaitan dengan adanya akar, batang, daun sejati, serta bereproduksi aseksual dengan spora. Tumbuhan paku juga disebut sebagai tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta) karena memiliki pembuluh pengangkut.
MANFAAT CONTOH DAN NAMA LATIN TUMBUHAN PAKU

Habitat tumbuhan paku adalah hidup mengapung di air ( misalnya Azolla pinnata dan Marsilea crenata). Namun, pada umumnya tumbuhan paku adalah tumbuhan terestrial (tumbuhan darat). Reproduksi Tumbuhan paku berkembang biak secara aseksual dan seksual. Reproduksi aseksual dan seksual pada tumbuhan paku terjadi seperti pada lumut. Reproduksi tumbuhan paku menunjukkan adanya pergiliran antara generasi gametofit dan generasi sporofit (metagenesis). Pada tumbuhan paku, generasi sporofit merupakan generasi yang dominan dalam daur hidupnya.

Jenis paku-pakuan (Pteridophyta):

  1. Paku purba (Psilophytinae)
  2. Paku kawat (Lycopsida)
  3. Paku ekor kuda (Equisetinae)
  4. Paku sejati (Filicinae)

Peranan tumbuhan paku :

Manfaat Tumbuhan paku bagi kehidupan manusia. Jenis tumbuhan paku yang dapat dimanfaatkan yaitu semanggi (Marsilea crenata) dimakan sebagai sayur, paku rane (Selaginella plana) sebagai obat untuk menyembuhkan luka, Paku sawah (Azolla pinnata) sebagai pupuk hijau tanaman padi di sawah, suplir (Adiantum cuneatum) dan paku rusa (Platycerium bifurcatum) sebagai tanaman hias.   Selain itu manfaat tumbuhan paku Sebagai bahan penggosok untuk mencuci bahan dari gelas, yaitu: paku ekor kuda (Equisetum debille)

Demikian informasi tentang mata pelajaran IPA khususnya biologi dengan materi Contoh tumbuhan paku dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi yang saya bagikan dapat selalu menjadi sumber inspirasi bagi kalian sahabat BK.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : MANFAAT CONTOH DAN NAMA LATIN TUMBUHAN PAKU