Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Jumat, 15 Mei 2015

SISTEM BARU KENAIKAN PANGKAT PNS

Assalamualaikum wr.wb
Salam maju bersama

Bagaimana Kenaikan Pangkat PNS Terbaru - Selamat pagi sahabat BK terkhusus bapak dan ibu guru seluruh penjuru negeri ini. Terkait dengan pemberitaan tentang juknis kenaikan pangkat yang baru wacana karena sampai hari ini belum ada juknis secara resmi. Silahkan bapak dan ibu baca selengkapnya.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) memutuskan untuk mengubah mekanisme kenaikan pangkat bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Semua PNS secara otomatis akan naik pangkat setiap empat tahun tanpa harus melalui mekanisme pengusulan seperti sebelumnya.
SISTEM BARU KENAIKAN PANGKAT PNS

Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Aria Wibisana mengatakan, peraturan tersebut akan diberlakukan mulai tahun ini. Pengubahan mekanisme kenaikan pangkat ini dilakukan demi mewujudkan reformasi birokrasi dalam bidang kepegawaian.
Menurutnya, selama ini banyak PNS yang terlalu sibuk mengurusi kenaikan pangkat. Padahal, tugas utama mereka adalah melayani masyarakat.  "Bagaimana mau memberikan layanan maksimal jika PNS sibuk urusi kenaikan pangkat," ujarnya seperti dikutip laman setkab.go.id, Kamis (14/5).

Bima melanjutkan, dengan mekanisme baru ini, PNS tidak perlu lagi dibuat sibuk mengusulkan kenaikan pangkat. Sebab, BKN setiap empat tahun akan mengsulkan daftar nama pegawai yang dianggap layak naik pangkat ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Kemudian, BKD akan memberikan konfirmasi terkait kinerja dan perilaku PNS yang diusulkan naik pangkat. Jika tidak bermasalah, maka kenaikan pangkatnya bisa langsung diproses.

Menurut Bima, aturan ini jauh lebih efektif dibanding mekanisme lama di mana PNS yang akan naik pangkat harus mendapat rekomendasi dari atasannya langsung. Kemudian, atasannya yang akan mengajukan ke BKD dan selanjutnya diproses di BKN. Mekanisme lama itu, ujar Bima, kerap memakan waktu berbulan-bulan bahkan hingga tahunan. 

Oleh karena itu, BKN berinisiatif menyusun mekanisme baru agar kenaikan pangkat bisa otomatis. "Jadi tidak perlu lagi repot mengusulkan, apalagi mengalami keterlambatan," ucap Bima.

Nah demikian berita terkait prosedur baru yang direncanakan BKN untuk proses kenaikan pangkat, secara pribadi saya ingin sedikit menjawab pertanyaan rekan-rekan guru terkait pemberitaan ini, antara lain :
  • Bagaimana tentang teknis kenaikan guru (PNS) karena disini guru juga dituntut untuk berprestasi melalui PTK dll ? Jawabanya Kemungkinan untuk jabatan Guru kenaikan pangkat prosesnya akan berbeda karena efek lain jika memang disama ratakan maka cenderung Guru akan malas untuk berkembang, "Kita pun akan naik pangkat dengan sendirinya" kemungkinan ada timbul pernyataan seperti demikian jika seorang guru tidak dituntut berprestasi dalam kenaikan pangkatnya
  • PNS guru dengan PNS yang lain kan berbeda ? Ya benar banget sistem kenaikan guru kemungkinan besar akan berbeda
Selebihnya bapak dan ibu yang tahu banyak tentang dunia PNS dan sistem kenaikan pangkatnya.

Sumber : Republika
Wassalamualaikum wr.wb

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : SISTEM BARU KENAIKAN PANGKAT PNS