Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Senin, 04 Mei 2015

PENGERTIAN DAN CONTOH MACAM-MACAM ENERGI

Pengertian dan Contoh Energi - Selamat pagi sahabat BK kali ini saya akan membahas tentang Ilmu Pengetahuan Alam. Berbicara tentang Energi tanpa hal tersebut kamu tidak dapat melakukan usaha. Dari mana kita memperoleh energi?.. Energi bisa dipero1eh dan makanan. Nah, coba kamu pikirkan, dari mana energi dalam makanan itu? Dalam kehidupan sehari-hani kamu tidak dapat lepas dan kebutuhan energi untuk melakukan usaha. 

Kegiatan seperti berangkat ke sekolah, berolahraga, belajar, dan bermain membutuhkan energi. Pengertian Energi dan Bentuk-Bentuk Energi. Energi berasal dan bahasa Yunani”energia” yang berarti kegiatan atau aktivitas. Kata itu terdiri dan en (dalam) dan ergon (kerja). Jadi, PENGERTIAN ENERGI adalah kemampuan untuk melakukan usaha/kerja. Untuk lebih jelasnya silahkan baca pengertian energi menurut para ahli di bawah ini :
PENGERTIAN DAN CONTOH MACAM-MACAM ENERGI

Berikut ini Pengertian Energi Menurut Para Ahli

  • Menurut Campbell, Reece, dan Mitchell, energi adalah kemampuan untuk mengatur ulang materi. Energi secara singkat adalah kapasitas atau kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan.
  • Menurut Arif Alfatah dan Muji Lestari, energi adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar dapat melakukan obyek bisnis. pada kenyataannya, setiap usaha dilakukan selalu ada perubahan.
  • Menurut Michael J. Moran, energi adalah konsep dasar termodinamika yang menjadi salah satu aspek penting dari analisis teknis.
  • Menurut Aip Saripudin, energi adalah kemampuan untuk melakukan bisnis.
  • Menurut Young, pekerjaan adalah energi yang telah dihasilkan. Hal ini dimaksudkan untuk melakukan pekerjaan yang diperlukan energi.
  • Menurut Robert L. Wolke, energi adalah kemampuan untuk membuat sesuatu terjadi.
  • Menurut Pardiyono, energi sebagai bentuk kekuatan yang dihasilkan atau dimiliki oleh suatu benda.
  • Menurut Mikrajuddin, energi sebagai kemampuan untuk melakukan pekerjaan objek.
  • Menurut Alvin Hadivvono, energi adalah segala sesuatu yang bergerak, dan memiliki hubungan dengan ruang dan waktu.
  • Menurut Sumantoro, energi adalah kemampuan untuk melakukan pekerjaan seperti mendorong atau memindahkan objek.
  • Menurut Einstein, energi adalah produk dari massa dan kuadrat kecepatan cahaya.

Contoh Macam Macam Energi
Setelah membahas gagasan energi, kali ini akan dijelaskan tentan berbagai bentuk energi yang dikenal manusia.

1. Energi Kimia

Energi kimia adalah energi yang dibutuhkan oleh organisme hidup karena bentuk kimia, energi dapat disimpan lama. Energi kimia yang tersimpan dalam bahan makanan.

Dalam metabolisme sel, ATP merupakan salah satu bentuk energi kimia yang paling berguna dan penting bagi manusia. Juga disimpan energi kimia dalam bahan bakar yang kita gunakan seperti bensin, dan minyak tanah. Energi ini muncul sebagai proses memecah ikatan kimia dalam struktur sehingga menghasilkan energi. Melalui penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa energi kimia adalah energi yang paling penting di dunia ini.

2. Energi Panas

Energi panas adalah bentuk energi yang diubah menjadi panas. Energi panas dapat timbul karena perubahan bentuk energi sebagai energi kimia dalam reaksi matahari mengakibatkan munculnya api dan radiasi panas bermigrasi.

3. Energi Suara

Energi ini merupakan salah satu bentuk perubahan energi. Suara dapat diproduksi oleh tabrakan, tabrakan, serta banyak kegiatan lain selama ada konduktor seperti udara atau benda lainnya. Unit Suara desibell

4. Energi Listrik

Energi listrik adalah energi yang saat ini paling banyak digunakan dan dianggap penting oleh penduduk dunia. Energi ini timbul karena adanya perbedaan muatan antara dua titik konduktor. Energi listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik. Energi ini dapat diperoleh dari perubahan berbagai sumber energi seperti air, angin, panas, cahaya, dan bahan bakar fosil (bahan kimia).

Energi yang diubah menjadi energi listrik melalui turbin terputarnya dinamo mampu menghasilkan medan listrik. Untuk cahaya, energi listrik yang diperoleh reaksi fotovoltaik di permukaan, menyebabkan perbedaan yang bertanggung jawab dan menghasilkan listrik.
Energi ini sekarang sering diubah menjadi bentuk energi lainnya seperti panas, gerak, cahaya, dan lain-lain.

5. Energi Gerak

Ini adalah salah satu bentuk dasar energi. Energi gerak sebagai nama muncul pada objek bergerak atau substansi. Ketika benda bergerak atau substansi, ada gerakan energi. Hal ini sejalan dengan perubahan energi air (gerakan air di sungai) untuk memutar turbin untuk menghasilkan listrik. Energi listrik dengan menggunakan turbin angin

6. Energi Nuklir

Energi ini adalah energi yang ada di materi atau substansi yang tentu saja terdiri dari atom dan bahan subatomik seperti elektron, neutron dan proton. Energi nuklir sebenarnya juga energi kimia, tetapi lebih spesifik dan membutuhkan lebih banyak usaha untuk digunakan.

Energi nuklir dapat diperoleh melalui proses yang cukup rumit, dan untuk saat ini hanya dapat diambil dari bahan yang radioaktif dan tidak stabil dengan inti berat seperti uranium dan plutonium. Untuk atom lain masih cukup sulit.

Energi nuklir adalah sesuai dengan rumus E = mc2. Jadi energi yang sangat besar dapat diproduksi dalam jumlah massal hanya sedikit. Contoh reaksi nuklir yang ada bersinar matahari terus menerus, maka pembangkit listrik tenaga nuklir (reaktor nuklir) dan Bom Atom.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan tentang artikel yang bertema pengertian dan contoh macam-macam energi. Semoga informasi yang saya bahas selalu dapat kalian manfaatkan untuk hal-hal yang positif. Terima kasih atas kunjungannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENGERTIAN DAN CONTOH MACAM-MACAM ENERGI