Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Selasa, 19 Mei 2015

MENGATASI MASALAH PENDAFTARAN DAN BERKAS CPNS

Masalah Yang Sering Muncul di CPNS 2015 - Selamat pagi sahabat BK, kali ini saya akan sedikit mengelompokan masalah-masalah yang sering terjadi ketika kita mendaftar CPNS. Disini saya akan mencoba membagikan informasi pertanyaan dan jawaban yang sering muncul saat pendaftaran CPNS.

Sudah sedikit banyak untuk dapat membantu kalian dalam persiapan CPNS tahun ini. Silahkan di baca dibawa ini :
MENGATASI MASALAH PENDAFTARAN DAN BERKAS CPNS

Umum
Kenapa saat mengisi jawaban captcha (perhitungan aritmetika sederhana) selalu salah padahal jawabannya benar?

Hal ini diakibatkan karena sesi Anda telah habis atau karena browser yang Anda gunakan diatur untuk tidak menyimpan cookie. Solusinya aktifkan penyimpanan cookie browser Anda dan refresh kembali halaman CPNS.

Bagaimana cara membuat berkas unggahan agar ukurannya menjadi lebih kecil?
Cara men-scan dokumen dengan jenis PDF (*.pdf), agar ukurannya menjadi lebih kecil:

Saat melakukan scan dokumen pilih Output Type (hasil scan) dengan jenis Black & White, bukan Color atau Grayscale.

Apabila ukuran berkas masih terlalu besar untuk diunggah, lakukan proses nomor 1 dan ubah Image Quality menjadi Low atau Small File.

Cara men-scan foto dengan jenis JPEG (*.jpg), agar ukurannya menjadi lebih kecil:

Gunakan Microsoft Office Picture Manager, pilih Edit Picture, lalu pilih Resize dengan mengubah ukuran foto menjadi E-mail Large. Apabila masih belum sesuai dengan kebutuhan, ubah menjadi E-mail Small.

Gunakan Microsoft Office Picture Manager, pilih Edit Picture, lalu pilih Compress Pictures, kemudian pilih sesuai dengan jenis Compress yang Anda butuhkan: Web Pages atau E-mail Messages.

Bagaimana cara mendapatkan bukti dokumen akreditasi dari BAN-PT?
Untuk mendapatkan bukti dokumen akreditasi dari BAN-PT:

Buka Direktori SK Hasil Akreditasi Program Studi;
Pilih tingkat pendidikan anda (S1), isikan nama perguruan tinggi dan nama program studi Anda, lalu klik Cari;
Pilih Print Halaman Ini; atau pilih perguruan tinggi Anda, lalu klik kanan mouse Anda, kemudian klik Cetak;
Lakukan proses scan dokumen.
Apabila tidak ditemukan pencarian pada laman Badan Akreditasi Nasional maka bukti akreditasi dapat diperoleh dari almamater yang bersangkutan.

Akreditasi
Apakah bisa menggunakan SK penyetaraan ijazah yg dikeluarkan Dikti sebagai pengganti bukti akreditasi jurusan?

Bila Anda adalah lulusan perguruan tinggi di luar negeri, Anda dapat mengunggah SK Dikti untuk menggantikan berkas bukti akreditasi jurusan.

Apa yang dimaksud dengan akreditasi BAN-PT harus diunduh dalam format PDF?
Langkah pertama silakan Anda buka laman BAN-PT, lalu cari akreditasi dari jurusan Anda, kemudian pindai laman akreditasi jurusan tersebut ke dalam format PDF.

Apabila keterangan bukti akreditasi kampus saya terdapat pada ijazah, berarti file "ijazah" lagi yg diunggah?

Bila keterangan mengenai akreditasi jurusan Anda sudah terdapat di ijazah, kami mohon Anda untuk mengunggah ijazah kembali di kolom bukti akreditasi.

Batas Usia
Saya adalah seorang yang akan berusia 28 tahun pada bulan Oktober 2014. Apakah saya memenuhi persyaratan dalam kategori usia "setinggi-tingginya 28 tahun pada tanggal 1 Januari 2015". Apakah saya masih bisa ikut melamar?

Di dalam pengumuman kami disyaratkan batas usia 18 - 28 tahun. Jika Anda telah berusia 28 tahun sebelum 1 Januari 2015 maka artinya Anda tidak memenuhi persyaratan yang kami inginkan.

Foto
Apakah ada warna latar/ background khusus yang dipersyaratkan untuk pas foto dimaksud?
Kami mensyaratkan pelamar untuk mengunggah pasfoto berwarna 4 x 6. Tidak ada aturan khusus untuk warna tertentu di foto.

Ijazah
Untuk para lulusan setara S1 seperti D4 atau sering disebut S1/ D4 apakah mendapat kesempatan untuk dapat mengajukan lamaran?

Untuk lulusan D4 dengan latar belakang formasi jurusan yang terdapat di pengumuman CPNS BPK RI tahun 2014, diperbolehkan untuk mendaftar sebagai CPNS di BPK RI (pilih strata S1).

Transkrip
Transkrip nilai saya terdiri dari 4 lembar. Apakah saya jadikan satu file transkrip nilai tersebut dan diunggah? Saya takut tidak jelas kalau semuanya saya jadikan 1 file. Atau saya hanya unggah 1 lembar transkrip yang terdapat keterangan nilai IPK saja?

Kami membutuhkan 4 lembar transkrip nilai Anda untuk melihat jumlah SKS, mata kuliah yang diambil, dan nilainya sebagai pendukung nilai IPK dan latar belakang pendidikan Anda.

KTP
Bagaimana jika KTP saya sedang dalam proses perpanjangan atau pembuatan KTP baru (e-KTP)? Kalaupun ingin membuat KTP format lama harus menunggu kurang lebih 3 bulan, kira-kira bagaimana jalan keluarnya sehubungan KTP menjadi salah satu syarat dalam mendaftar sebagai CPNS?

Untuk hal ini, KTP lama Anda dapat digunakan. Berkas yang diunggah adalah KTP lama Anda disertai bukti pengurusan perpanjangan KTP. Apabila saudara diterima seleksi administrasi maka Anda diharuskan membawa bukti pengurusan perpanjangan KTP/ pembuatan KTP baru dan salinan KTP lama pada saat pengesahan Kartu Peserta Ujian (KPU) untuk ujian TKD atau TKB.

Jika KTP asli saya hilang bisakah memakai fotocopy KTP yang dilegalisir?
Jika KTP Anda hilang, kami meminta Anda untuk mengunggah salinan fotokopi lama disertai surat bukti kehilangan yang dikeluarkan oleh kantor polisi.

Apakah saya mengisi alamat dalam formulir pendaftaran sesuai dengan alamat KTP saya atau sesuai dengan alamat tempat tinggal saya saat ini ?
Kami meminta Anda untuk mengisi alamat dengan tempat tinggal di mana Anda nantinya lebih mudah untuk dihubungi.

Pengesahan KPU
Sebagai informasi saat ini saya tercatat sebagai salah satu karyawan sebuah bank swasta nasional di Jakarta dan ijazah asli saya masih disimpan oleh bagian SDM perusahaan. Oleh karena itu, ijazah tidak bisa saya ambil/ pinjam untuk diperlihatkan kepada Panitia Penerimaan CPNS BPK RI 2014 sebelum saya menyatakan mengundurkan diri dari bank ini. Apa ijazah asli bisa diganti sementara dengan fotocopy ijazah yang telah dilegalisir universitas yang bersangkutan ?

Pada saat pengesahan Kartu Peserta Ujian (KPU), Anda wajib menunjukkan legalisir ijazah dan surat bukti ijazah yang disimpan oleh perusahaan tempat Anda bekerja.

TOEFL
Apakah ada ketentuan khusus (tempat tertentu yang diakui/ lembaga) bagi institusi yang mengeluarkan TOEFL?

Tidak ada ketentuan khusus untuk lembaga bahasa yang mengeluarkan sertifikat TOEFL. Jadi boleh di lembaga manapun, sepanjang institusi yg mengeluarkan sertifikat TOEFL dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk nilai TOEFL yang digunakan sebagai persyaratan melamar di BPK, apakah dapat menggunakan nilai TOEFL prediction?
TOEFL CEPT/ Prediction Test dapat digunakan untuk melamar rekrutmen CPNS BPK RI.

Lain-lain
Dokumen yang diunggah itu yang asli atau yang sudah dilegalisir?
Pada saat mengunggah, kami mohon pelamar untuk mengunggah berkas sesuai dengan persyaratan dan kapasitas berkas unggahan tersebut. Tidak kami permasalahkan apakah itu dokumen yang asli atau yang sudah dilegalisir.

Apakah saat ini server pendaftaraan online untuk CPNS BPK sedang bermasalah? Karena ketika saya mengisi Formulir Pendaftaran Calon Peserta Seleksi CPNS BPK RI selalu menerima pesan database error.

Bila Anda mengalami hal tersebut silakan untuk mencobanya kembali beberapa jam kemudian atau pada saat malam hari, karena kemungkinan pada saat itu banyak calon pelamar yang sedang masuk mengakses laman CPNS.

Untuk mendapatkan kartu peserta tes, dengan diunduh atau langsung mengambil ke BPK?
Kartu Peserta Ujian (KPU) dapat diunduh di laman pelamar CPNS ketika pengumuman seleksi sudah tersedia.

Saya seorang penyandang disabilitas, saya kecelakaan tahun 2008. Tahun 2011 saya lulus sarjana akuntansi dari Universitas X dengan IPK 3,28. Apakah saya bisa mengikuti tes CPNS BPK?
Penyandang disabilitas dibolehkan untuk melamar CPNS BPK RI.

Saya mau menggunggah berkas tetapi prosesnya lama kemudian terputus. Bagaimana agar proses menggunggah bisa cepat?
Hal tersebut dapat disebabkan karena kesibukan di server kami dan/ atau kualitas jaringan di tempat Anda. Kami sarankan Anda mencoba mengunggahnya di malam hari di mana pada saat malam hari server kami tidak sedang dibuka oleh banyak pelamar.

Demikian informasi dari saya untuk sahabat BK tentang cara mengatasi masalah saat pendaftaran CPNS. Semoga dapat membantu sahabat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : MENGATASI MASALAH PENDAFTARAN DAN BERKAS CPNS