MACAM-MACAM SUMBER ENERGI LENGKAP

Macam-Macam Sumber Energi - Selamat pagi sahabat BK kali ini saya akan membahas tentang mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Berbicara tentang IPA pastilah kita menyinggung ciptaan Tuhan yaitu alam semesta. Dengan alam semesta beserta isinya ini sangat bermanfaat untuk manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Manusi hidup dengan energi dan semua energi sudah tersedia dari alam semesta. Untuk klasifikasinya dibagi menjadi 2 dalam pengelompokan energi, yaitu energi terbarukan dan energi tak terbarukan. Berikut penjelasan dan serta contoh lengkap :
MACAM-MACAM SUMBER ENERGI LENGKAP

1. Sumber energi yang terbarukan  
Adalah sumber energi yang dapat diperbaharui dan bisa dipakai tanpa khawatir habis. contohnya :
  • Energi surya atau matahari
Energi matahari sangat melimpah jumlahnya khususnya bagi wilayah yang beriklim tropis. pemanfaatan sinar matahari adalah dengan menggunakan sel surya yang berfungsi mengubah energi surya menjadi energi listrik. Ada juga yang memanfaatkan sinar matrahari untuk memasak dengan menggunakan kompor bertenaga sinar matahari contohnya di negara India.
  • Panas bumi
Panas bumi merupakan energi yang bersumber dari dalam perut bumi, Panas bumi merupakan energi yang melimpah dan terbarukan sehingga tidak perlu khawatir akan kehabisan energi panas bumi.

Selain jumlahnya yang melimpah energi ini memiliki harga yang lebih ekonomis dan ramah terhadap lingkungan. Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang kaya akan energi panas bumi, hal ini di karenakan indonesia mempunyai banyak gunung berapi aktif yang menjadi keuntungan tersendiri bagi negara kita. Contoh pemanfaatan panas bumi adalah dengan mengubahnya menjadi pembangkit listrik.
  • Angin
Pemanfaatan energi angin sedang gencar-gencarnya di lakukan oleh banyak negara di seluruh dunia karena sumber energi ini tidak terbatas jumlahnya, pemanfaatan energi ini menggunakan kincir angin yang dihubungkan dengan generator atau turbin untuk menghasilkan tenaga listrik.
  • Energi Biomassa
Biomassa terdiri dari Tanaman hidup, pohon mati, dan serpihan kayu.
  • Energi Gas Alam
Merupakan energi yang terbarukan dan harganya lebih terjangkau daripada bahan bakar minyak.
  • Pembangkit Listrik Tenaga Air
Energi yang bersumber dari tenaga air sudah lama di manfaatkan oleh manusia karena ramah lingkungan dan juga berlimpah. Pembangkit listrik tenaga air atau PLTA merupakan salah satu contoh pemanfaatab tenaga air untuk kehidupan yang lebih baik.
  • Energi Pasang Surut
Pasang surut air laut dianggap lebih menjanjikan hasil yang maksimal bila di bandingkan dengan tenaga surya dan tenaga angin. tetapi pemanfaatan energi pasang surut masih sedikit hal ini di karenakan biayanya yang mahal.

2. Sumber Energi Tak Terbarukan
Sumber energi jenis ini jumlahnya terbatas dan tidak dapat diperbarui walaupun ada yang bisa diperbaharui tetapi memerlukan waktu yang sangat lama. sumber energi ini saat ini masih merupakan sumber energi utama yang banyak digunakan walaupun banyak pihak yang sudah beralih menggunakan sumber energi alternatif. Contoh sumber energi tak terbarukan adalah :
  • Sumber energi yang berasal dari fosil
Sumber energi ini sebenarnya bisa diperbaharui tetapi memerlukan waktu hingga jutaan tahun, berasal dari makhluk hidup yang mati dan terpendam dalam tanah hingga jutaan tahun. contohnya Minyak bumi, batu bara.
  • Sumber energi yang berasal dari mineral alam
Mineral alam bisa dimanfaatkan menjdai sumber energi setelah melalui beberapa proses, contohnya uranium yang bisa menghasilkan energi nuklir.

Demikian informasi yang bisa saya berikan yang kali ini tentang apa saja sumber energi menurut ketersediaanya. Semoga artikel saya ini dapat membantu dalam menyelesaikan tugas sahabat BK. Terima kasi atas kunjungannya.