Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Rabu, 22 April 2015

PENGERTIAN DINAMIKA KELOMPOK MENURUT PARA AHLI

Pengertian Dinamika Kelompok Lengkap - Selamat datang di situs berbagi segala infromasi tentang pendidikan. Berbicara tentang dinamika kelompok berarti membahas tentang kegiatan sosial dari beberapa orang yang pasti lebih dari satu orang. 

Kali ini saya akan membahas tentang pengertian dinamika kelompok dan saya akan menghadirkan para ahlinya juga untuk dapat mengambil kesimpulan. Dinamika berarti berinteraksi dan saling tukar menukar pesan dan pendapat yang sering kita jumpai dalam kelompok organisasi atau kelompok paling kecil keluarga dan kelompok belajar. Nah lebih lengkapnya silahkan baca di bawah ini :
PENGERTIAN DINAMIKA KELOMPOK MENURUT PARA AHLI

Definisi dinamika kelompok menurut para ahli: 
  1. Shertzer dan Stone (1981) Dinamika kelompok adalah kekuatan-kekuatan yang berinteraksi dalam kelompok  pada waktu kelompok melakukan kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuannya.
  2. Floyd D.Ruch (dalam Gunarsa, 2008) Dinamika kelompok adalah analisa dari relasi-relasi kelompok sosial, berdasarkan  prinsip bahwa tingkah laku dalam kelompok itu adalah hasil dari interaksi yang dinamis antara individu-individu dalam situasi sosial. 
  3. Santoso (2009) Dinamika kelompok adalah suatu kelompok yang teratur dari dua individu atau lebih yang mempunyai hubungan psikologis secara jelas antara anggota yang satu dengan yang lain. 
  4. Benyamin B. Wolman (dalam Rusmana) Dinamika kelompok adalah studi tentang hubungan sebab akibat yang ada di dalam kelompok, tentang perkembangan hubungan sebab akibat yang terjadi di dalam kelompok, tentang teknik-teknik untuk mengubah hubungan interpersonal dan attitude di dalam kelompok. 
  5. Jacobs, Harvill dan Manson (dalam Rusmana) Dinamika kelompok adalah kekuatan yang saling mempengaruhi hubungan timbal  balik kelompok dengan interaksi yang terjadi antara anggota kelompok dengan  pemimpin yang diberi pengaruh kuat pada perkembangan kelompok. 
  6. Johnson (2012) Dinamika kelompok adalah suatu lingkup pengetahuan sosial yang lebih berkosentrasi pada pengetahuan tentang hakekat kehidupan berkelompok. 


Dari beberapa pengertian tersebut, maka dapat saya simpulkan bahwa dinamika kelompok merupakan suatu pengetahuan sosial yang menganalisa hakekat aktivitas  berkelompok dalam hubungan antar anggota kelompok, interaksi, saling mempengaruhi dalam situasi sosial dalam kelompok agar mampu bergerak, berkembang dan menyesuaikan diri membangun kelompok dalam satu pencapaian tujuan.

Demikian sedikit pembahasan dari saya tentang pengertian dinamika kelompok. Semoga dapat menjadi inspirasi dan tugas kalian dapat terselesaikan. Terima kasih atas kunjungannya di maribelajarbk.web.id

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENGERTIAN DINAMIKA KELOMPOK MENURUT PARA AHLI