Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Jumat, 24 April 2015

PENGERTIAN DAN CONTOH NOVEL LENGKAP

Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh Novel - Pengertian Novel adalah sebuah karya fiksi prosa yang ditulis secara naratif; biasanya dalam bentuk cerita. Penulis novel disebut novelis. Kata novel berasal dari bahasa Italia novella yang berarti "sebuah kisah atau sepotong berita".

Novel lebih panjang (setidaknya 40.000 kata) dan lebih kompleks dari cerpen, dan tidak dibatasi keterbatasan struktural dan metrikal sandiwara atau sajak. Umumnya sebuah novel bercerita tentang tokoh-tokoh dan kelakuan mereka dalam kehidupan sehari-hari, dengan menitik beratkan pada sisi-sisi yang aneh dari naratif tersebut.

Novel dalam bahasa Indonesia dibedakan dari roman. Sebuah roman alur ceritanya lebih kompleks dan jumlah pemeran atau tokoh cerita juga lebih banyak.
PENGERTIAN DAN CONTOH NOVEL LENGKAP

#Contoh Novel (Sinopsi)

Judul "Ratu Preman"
Sebagai gadis remaja yang sedang tumbuh, cinta adalah hal yang didambakan Aurora Estella. Mengimpikan romantisme cinta membuatnya berada di awang-awang. Dia membayangkan akan dapat berdampingan dengan sosok pemuda tampan, keren dan romantis. Namun kenyataan berbicara lain. Yang naksirnya, kebanyakan adalah preman, pemalak, juga para pecundang seperti Darwin.
Auro sedikit lega ketika ada cowok keren bernama Edward dan Justin memasuki kehidupannya. Saking nervous-nya, Auro sampai sakit perut, yang membawanya pada kisah dengan Troy, kawan sekelasnya. Pak guru Randi yang meminta Troy Adrian memapah Auro hingga ke ruang UKS untuk mendapatkan perawatan. Tentu saja teman sekelasnya heboh. Apalagi Troy tanpa ragu dan dengan bermuka badak menyebut ‘’sayang’’ di depan seisi kelas.
Bukan tak ada alasan Auro gusar pada kehadiran Troy. Lelaki ini sangat norak sehingga membuatnya selalu ingin muntah. Tapi Troy tak pernah menyerah. Bagaimana dengan Edward? Auro sangat terpikat padanya. Keren dan cool. Namun kenyataan belakangan berkata lain. Ternyata Edward tak lebih baik dari semua lelaki yang memasuki kehidupan Auro. Edward, yang berbeda sekolah ternyata hanya tampak luar sebagai pria keren. Edward sama saja, raja preman di sekolahnya. Begitu juga Justin. Empat pria yang memasuki kehidupan Auro tak ubahnya sebagai raja preman yang memiliki cara hidupnya sendiri. Lalu apa reaksi Auro? Tentu dia pusing. Apalagi Aura, saudaranya sering meledeknya sebagai ratu preman. Kenyataannya, ia telah masuk ke sarang para preman.
Di antara sekelumit kisah cintanya dengan empat pria, Auro terus menimbang-nimbang siapa yang akan menjadi gebetannya. Atau apakah ia harus menolak semuanya dan melepaskan diri dari dunia preman itu? Di tengah prahara cintanya yang lucu dan unik, Auro terjebak pada petualangan yang menakutkan. Ia terjebak dalam konspirasi membekuk gembong narkoba, dalam sebuah rencana yang membingungkan. Ada rekan yang menjadi musuh, ada bahaya dalam cinta. Dalam kepanikannya, Auro jadi mendalami hati dan cintanya. Dia jadi memahami, siapa sesungguhnya belahan hatinya.
Novel teenlit ini memang menyajikan petualangan kisah cinta remaja yang mengasyikkan. Kisahnya cukup unik dan menarik. Alurnya cepat dan penuh kejutan. Ditulis dengan gaya humoris yang memikat dan tidak membosankan oleh dua penulis yang berbeda. Donna adalah penulis yang sudah biasa pada genre teenlit, bahkan sudah melahirkan 15 novel. Sebaliknya Lexie baru memulai dengan Ratu Preman ini. Namun kolaborasi keduanya cukup apik dan jadilah novel ini sebagai bacaan yang cukup menarik.***
AbdullahAlumnus UIN Suska Riau

Ciri-ciri novel

  1. Memiliki alur/plot yang kompleks. Berbagai peristiwa dalam novel ditampilkan saling berkaitan sehingga novel dapat bercerita panjang lebar, membahas persoalan secara luas, dan lebih mendalam.
  2. Tema dalam novel tidak hanya satu, tetapi muncul tema-tema sampingan. Oleh karena itu, pengarang novel dapat membahas hampir semua segi persoalan.
  3. Tokoh/karakter tokoh dalam novel bisa banyak. Dalam novel, pengarang sering menghidupkan banyak tokoh cerita yang masing-masing digambarkan secara lengkap dan utuh.
Unsur novel dibagi menjadi dua, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik novel adalah unsur yang langsung membangun novel tersebut dan berada di dalam novel tersebut. Sedangkan, unsur ekstrinsik novel adalah unsur yang berada di luar novel tersebut. Unsur ekstrinsik tidak berhubungan secara langsung dalam membangun suatu novel. Unsur intrinsik novel antara lain sebagai berikut:

  • Tema: Tema adalah ide dasar atau gagasan pokok yang mendasari novel. 
  • Alur: Alur adalah rangkaian peristiwa demi peristiwa dalam novel.
  • Tokoh: Tokoh serta perwatakan berkaitan dengan pelaku dalam novel.
  • Sudut Pandang: Sudut pandang adalah cara penulis novel menceritakan kisahnya atau segi pandang penulis dalam membawakan cerita. Sudut pandang berkaitan dengan penggunaan kata ganti dalam bercerita oleh penulis. apakah menggunakan kata ganti orang pertama, orang kedua, atau orang ketiga
  • Latar: Latar adalah tempat dan waktu terjadinya cerita dalam novel.
  • Gaya Bahasa: Gaya bahasa berkaitan dengan penggunaan bahasa oleh penulis dalam novel tersebut. 
  • Amanat: Amanat adalah pesan yang terkandung dalam novel. Pesan tersebut umumnya merupakan ajaran moral yang bersifat mendidik.
Sedangkan, unsur ekstrinsik dalam novel adalah sebagai berikut:

  • Latar belakang budaya penulis novel
  • Pendidikan penulis novel
  • Pengalaman penulis novel
Demikian informasi artikel tentang Pengertian dan ciri-ciri serta contoh novel. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENGERTIAN DAN CONTOH NOVEL LENGKAP