Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Sabtu, 28 Maret 2015

PENGERTIAN PERSEPSI MENURUT PARA AHLI

Pengertian Persepsi Lengkap Dengan Pembahasan - Selamat pagi sahabat BK, kali ini saya akan membahas tentang sedikit apa itu persepsi dan bagaimana contohnya. Berbicara tentang kumpulan pendapat dari ahli yang memberikan ulasan tentang pengertian persepsi memang kurang lebih hampir sama pada intinya.

Untuk lebih jelasnya silahkan sahabat BK baca di bawah ini. saya sudah memberikan 6 ulasan pengertian dari beberapa ahli yang menurut saya sudah sesuai dalam bidangnya dan kredibilitas mereka juga sudah terbukti.
PENGERTIAN PERSEPSI MENURUT PARA AHLI

Pengertian Persepsi Menurut Ahli
  1. Menurut Bimo Walgito = pengertian persepsi adalah suatu proses yang didahului oleh penginderaan yaitu merupakan proses yang berwujud diterimanya stimulus oleh individu melalui alat indera atau juga disebut proses sensoris.
  2. Menurut Slameto (2010:102) = persepsi adalah proses yang menyangkut masuknya pesan atau informasi kedalam otak manusia, melalui persepsi manusia terus menerus mengadakan hubungan dengan lingkungannya. Hubungan ini dilakukan lewat inderanya, yaitu indera pengelihat, pendengar, peraba, perasa,
  3. dan pencium.
  4. Menurut Robbins (2003:97) yang mendeskripsikan bahwa persepsi merupakan kesan yang diperoleh oleh individu melalui panca indera kemudian di analisa (diorganisir), diintepretasi dan kemudian dievaluasi, sehingga individu tersebut memperoleh makna.
  5. Menurut Purwodarminto (1990: 759), persepsi adalah tanggapan langsung dari suatu serapan atau proses seseorang mengetahui beberapa hal melalui pengindraan.
  6. Dalam kamus besar psikologi, persepsi diartikan sebagai suatu proses pengamatan seseorang terhadap lingkungan dengan menggunakan indra-indra yang dimiliki sehingga ia menjadi sadar akan segala sesuatu yang ada dilingkungannya.

Persepsi mempunyai sifat subjektif, karena bergantung pada kemampuan dan keadaan dari masing-masing individu, sehingga akan ditafsirkan berbeda oleh individu yang satu dengan yang lain. Dengan demikian persepsi merupakan proses perlakuan individu yaitu pemberian tanggapan, arti, gambaran, atau penginterprestasian terhadap apa yang dilihat, didengar, atau dirasakan oleh indranya dalam bentuk sikap, pendapat, dan tingkah laku atau disebut sebagai perilaku individu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENGERTIAN PERSEPSI MENURUT PARA AHLI