Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Senin, 30 Maret 2015

PENGERTIAN DAN CONTOH KATA KONJUNGSI

Pengertian Dan Contoh Kalimat Konjungsi - Selamat pagi, siang, sore dan malam tergantung sahabat siswa yang membuka website saya yang siap membagikan ilmu-ilmu yang bermanfaat. Pada kesempatan hari ini saya akan membahas tentang pengertian dan contoh kata penghubung. Kata penghubung disebut juga konjungsi (kata sambung), adalah kata yang menghubungkan kata dengan kata dalam sebuah kalimat atau menghubungkan kalimat dengan kalimat dalam sebuah paragraf. Kata penghubung dalam bahasa Indonesia berarti kata tugas yang menghubungkan dua satuan bahasa yang sederajat: kata dengan kata, frasa dengan frasa, atau klausa dengan klausa. 

Sedangkan pengertian yang lain dari konjungsi adalah kategori yang berfungsi untuk meluaskan satuan yang lain dalam konstruksi hipotaktis, dan selalu menghubungkan dua satuan lain atau lebih dalam konstruksi.
PENGERTIAN DAN CONTOH KATA KONJUNGSI

Konjungsi terbagi 2, yaitu sebagai berikut :
1. Konjungsi koordinatif, yaitu kata yang menggabungkan kata atau klausa yang berstatus sama, misalnya kata dan, tetapi, atau, bahkan, tambahan, namun, dan lain-lain. 
Contoh:
Aku ingin berangkat sekolah, tetapi hujan belum reda.

2. Konjungsi subordinatif, yaitu konjungsi yang menghubungkan anak kalimat dan induk kalimat atau menghubungkan bagian dari kalimat subordinatif, misalnya kata ketika, pada, saat, jika/jikalau, sebab/karena, agar, supaya, bahwa, yang, untuk, guna, demi, andai, seandainya, bila, apabila, sementara, dan lain-lain. 
Contoh:
Ia tertidur ketika guru menjelaskan materi pelajaran.
Kegunaan atau fungsi konjungsi adalah untuk menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, kalimat dengan kalimat.

Demikian informasi yang bisa saya berikan tentang tema contoh penggunaan kata penghubung, semoga dapat bermanfaat untuk kalian.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENGERTIAN DAN CONTOH KATA KONJUNGSI