Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Senin, 30 Maret 2015

PENGERTIAN DAN CONTOH KALIMAT KOMPLEKS DAN SIMPLEKS

Pengertian dan Contoh Kalimat Kompleks dan SimpleksDari kedua kata simpleks dan Kompleks sudah bisa kalian tarik pengertian dari keduanya, pertama dari kata siplek atau simpel atau sederhana dan kompleks atau bisa juga lengkap. Yang penting di dalam membedakan mana kalimat diantara keduanya maka kalian perlu memperlajari betul pola kalimat dalam bahasa indonesia secara seksama.

Pola kalimat yang dimaksud itu adalah Subjek ( S) Predikat ( P) Objek ( O) dan Keteranan ( K). Namun kami yang terhadap anda sudah memperlajari hal tersebut dahulunya. Namun jika belum  perlu anda memahami ulang dengan seksama agar mudah membedakan diantara kedua kalimat ini.
PENGERTIAN DAN CONTOH KALIMAT KOMPLEKS DAN SIMPLEKS

Keberadaan konjungsi pada sebuah kalimat dapat menyebabkan kalimat tersebut menjadi kompleks. Berdasarkan kompleksitasnya, kalimat dibedakan menjadi kalimat simpleks dan kalimat kompleks. 
a. Kalimat simpleks, yaitu kalimat yang hanya terdiri atas satu struktur dengan satu 
verba utama. Dengan kata lain, kalimat simpleks adalah kalimat sederhana. 
#Contoh:
Tumbuh-tumbuhan tergolong ke dalam makhluk hidup. 
b. Kalimat kompleks, yaitu kalimat yang terdiri atas dua struktur atau lebih dengan 
dua verba atau lebih. 
#Contoh:
1. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati. 
2. Tanaman kacang itu akan tumbuh subur apabila petaninya rajin menyiraminya.
Kalimat kompleks merupakan rangkaian dua kalimat atau lebih dengan konjungsi sebagai alat perangkainya. Pada contoh (a), konjungsi yang digunakan adalah dan, sedangkan pada contoh (b), konjungsi yang digunakan adalah apabila.

Jadi, perbedaan kalimat simpleks dan kalimat kompleks itu terletak pada struktur kalimat, verba, dan konjungsi yang terdapat dalam sebuah kalimat.

Demikian informasi yang bisa saya berikan untuk sahabat siswa kali ini tentang kalimat kompleks dan kalimat simpleks. Semoga dapat memberikan referensi untuk kalian.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENGERTIAN DAN CONTOH KALIMAT KOMPLEKS DAN SIMPLEKS