DAMPAK PENGGUNAAN INTERNET

Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Internet - Tak dipungkiri dengan adanya internet memang memberikan banyak efek yang sangat drastis dalam perkembangan kemajuan teknologi bagi manusia di dunia yang sangat luas ini bisa menjadi sangat mudah untuk mencari informasi maupun memberikan informasi. 

Tentu saja setiap dampak ada yang positif dan negatif dalam setiap penggunaannya. Namun itu juga merupakan faktor penting dari setiap kebijakan pribadi seseorang dalam menggunakan layanan internet.

Kali ini sahabat BK akan saya berikan rangkuman tentang dampak dari penggunaan internet.
DAMPAK PENGGUNAAN INTERNET

Dampak Positif Internet

1. Media Komunikasi yang Efektif dan Efisien

Ya, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa internet merupakan media komunikasi yang begitu luar biasa. Salah satu efek dari internet adalah membuat komunikasi menjadi lebih mudah dan murah. Ada banyak media yang bisa kita gunakan untuk berkomunikasi dengan perantara jaringan internet seperti Facebook (social network), Twitter (microblogging), Skype (video calling), dll.

2. Internet Sebagai Alat Bantu Bisnis

Salah satu dampak positif internet adalah dapat meningkatkan omset penjualan yang tentunya ini akan berimbas langsung terhadap meningkatnya pendapatan dalam bisnis. Hadirnya teknologi internet membuat proses pemasaran menjadi lebih mudah dan murah, kita dapat membuat blog gratis di Blogspot atau WordPress atau kita mempromosikannya di Facebook atau Twitter.

3. Internet Sebagai Media Hiburan

Internet juga menyediakan berbagai macam saluran yang bisa dijadikan sebagai media hiburan. Ini merupakan tempat yang tepat ketika kebosanan melanda atau untuk melepas penat setelah seharian beraktivitas. Dengan internet, kita bisa menonton video online, mengunduh lagu-lagu kesukaan, menonton tv streaming, memainkan game online, dan lain-lain.

4. Sumber Informasi yang Melimpah

Efek positif lainnya dari internet yang bisa kita rasakan adalah kita bisa memperoleh informasi yang begitu melimpah dan tak terbendung. Ini tentu sangat memudahkan kita dalam menyelesaikan sesuatu, kemudahan ini sangat dirasakan utamanya untuk para pelajar. Tetapi kita harus hati-hati karena tidak semua informasi diinternet itu valid atau yang biasa disebut hoax.

5. Tempat Bersosialisasi

Saat ini kecenderung orang untuk bersosialisasi dengan orang lain berubah, orang lebih sering bersosialisasi didunia maya ketimbang bersosialisasi didunia nyata. Kita bisa liat dari begitu besarnya pengguna jejaring sosial asal Indonesia, pengguna Facebook di Indonesia lebih 65 juta pengguna, pengguna Twitter adalah Indonesia melebihi angka 20 juta pengguna, dan sebagainya.

Dampak Negatif Internet

1. Informasi yang Tak Terfilter

Perlu diketahui bersama bahwa tidak semua informasi yang ada didalam jaringan internet dapat difilter, hal ini memungkinkan para pengguna internet di Indonesia dapat mengkonsumsi konten-konten yang tidak bermanfaat seperti kekerasan, perjudian, pornografi, dan lain sebagainya. Ini merupakan salah satu efek buruk dari kehadiran internet ditengah-tengah masyarakat kita.

2. Membuat Kecenderungan Kearah yang Tidak Baik

Terkadang kita tidak sadar telah menghabiskan waktu yang begitu lama ketika sedang berinteraksi dijejaring sosial seperti Facebook atau Twitter. Padahal waktu tersebut seharusnya bisa digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang produktif seperti belajar, bekerja, dll. Internet juga bisa menyebabkan kecenderung seseorang untuk bersifat keras dan kasar melalui game online.

3. Penipuan dan Kejahatan

Dampak negatif lainnya dari kehadiran teknologi jaringan internet adalah maraknya penipuan dan kejahatan didunia maya. Contohnya adalah penipuan yang berkedok jualan online, tidak seditik orang yang tertipu dengan toko online abal-abal. Selain itu marak juga tindak kekerasan yang bermula dari pertemanan dijejaring sosial seperti Facebook dan juga Twitter.

4. Dampak Buruk Bagi Kesehatan

Berlama-lama didepan komputer ketika mengakses internet memberikan dampak buruk bagi kesehatan khususnya kesehatan mata. Tidak sedikit dari pengguna internet yang mengalami gangguan kesehatan mata seperti mata menjadi minus, minus bertambah besar, dan lainnya. Duduk didepan komputer terlalu lama juga berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.

5. Keterbatasan Dalam Pergaulan Sosial

Kehadiran internet memberikan kecenderung kepada banyak orang untuk berinteraksi melalui jejaring sosial. Padahal hal ini tidak sepenuhnya baik, ada juga efek buruknya yaitu membuat keterbatasan dalam pergaulan sosial. Perlu diingat bahwa pergaulan sosial yang sehat diluat rumah itu sangatlah penting untuk pembentukan karakter dan proses pendewasaan diri.

Nah itulah pembahasan mengenai dampak positif dan negatif internet bagi kehidupan kita, khususnya untuk kita sebagai bagian dari Bangsa Indonesia. Perlu diingatkan lagi bahwa internet layaknya dua mata pisau, internet dapat memberikan dampak baik dan juga buruk. Kita harus bisa memanfaatkan semaksimal mungkin dampak positifnya dan meminimalisir dampak negatifnya.

Tujuan saya share artikel ini karena saya harap para pembaca dapat lebih bijaksana lagi dalam menggunakan internet.