Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Senin, 09 Maret 2015

CONTOH RESENSI BUKU TUGAS SEKOLAH

Contoh Resensi Buku Tugas Sekolah - Silahkan bagi anda yang sedang mencari tugas sekolah dengan tema resensi buku, berarti anda datang di website pendidikan yang tepat. Karena situs pendidikan ini menyediakan berbagai ilmu dalam dunia pendidikan yang lengkap dan terbaru.

Untuk kesempatan kali ini saya sebagai admin akan memberikan atau membagikan contoh resensi buku yang terbaru sesuai dengan kebutuhan tugas sekolah anda tentunya. Silahkan dibaca selengkapnya.

1. Keajaiban Rezeki 
Judul Buku                    : 7 Keajaiban Rezeki 
Penulis                           : Ippho D. Santosa 
Penerbit                         : Elex media Komputindo 
Tanggal Terbit              : April 2010 
Jumlah Halaman          : 191 
Jenis Cover                    : Hard & Soft Cover 
Kategori                         : Motivasi 
Teks                               : Bahasa Indonesia 

Sedikit contoh resensi buku ini adalah : 
Bab #1     
Sidik Jari Kemenangan (Lingkar Diri) Semua orang mempunyai sidik jari masing-masing. Tentunya sidik jari antara satu dengan yang lainnya berbeda. Di dalam sidik jari tersimpan sebuah kekuatan besar yang akan membawa kita menuju kesuksesan yang kita cita-citakan. Bab #2   
CONTOH RESENSI BUKU TUGAS SEKOLAHSepasang Bidadari (Lingkar Keluarga) Tahukah anda apa maksud Sepasang Bidadari ? Yang dimaksud sepasang bidadari adalah orangtua kita. Kita tidak akan pernah terlahir di dunia tanpa adanya orangtua. Orangtua adalah awal dari segalanya. Seluruh ridho Allah selalu ikut serta dalam ridho orangtua. Terutama bagi terbukanya pintu rezeki. Salah satu kiat lancarnya dan semakin terbuka lebarnya pintu rezeki kita yaitu dengan selalu menjaga hubungan baik dengan orangtua kita. 
Bab #3
Golongan Kanan (Lingkar Diri) Semua orang tentunya memiliki otak yang sama. Baik beratnya, jumlah sel, dan sebagainya. Hanya kualitas otak yang berbeda-beda. Otak seseorang dibagi menjadi 2 bagian yaitu otak kiri (golongan kiri) dan otak kanan (golongan kanan). Otak kiri berhubungan dengan ilmu pasti, algoritma, teratur. Otak kanan berhubungan dengan gambar, musik, imajinasi. Di dunia ini khususnya di Indonesia golongan kiri lebih mayoritas dibanding golongan kanan. 
Bab #4   
Simpul Perdagangan (Lingkar Sesama) Sebuah negara dibagi menjadi 2 yaitu negara berkembang dan negara maju. Negara berkembang yang ingin menjadi negara maju harus memiliki warga negara yang 2% bermatapencaharian sebagai pedagang atau pengusaha. Memang pada kenyataannya negara maju seperti Jepang dan Cina memiliki penduduk yang sebagian besar adalah pedagang. Bab #5  Perisai Langit (Lingkar Diri) Alam menyediakan segalanya untuk kebutuhan kita. Di dunia ini hukum sebab dan akibat memang berlaku. Maka dapat dikatakan ada hukum DOA dan LOA (Law Of Attraction). Apa yang kita berikan kepada alam, itulah yang alam akan berikan kepada kita. Jika dalam doa kita memberikan energi positif bagi alam, maka alam juga akan bereaksi positif terhadap kita. 
Bab #6
Pembeda Abadi (Lingkar Diri) Jika kita ingin menjadi golongan kanan dan menajdi pengusaha atau pemimpin untuk memajukan negara, kita harus memiliki ciri khas yang disebut pembeda abadi. Seorang pemimpin harus memiliki sesuatu yang berbeda dari orang lain. Untuk menjadi sesuatu yang muncul di antara mereka, kita harus memiliki pembeda abadi agar kita bisa diingat atau ditandai di benak banyak orang. 
Bab #7
Pelangi Ikhtiar (Lingkar Diri) Yang diamksud ikhtiar dalam ilmu keagamaan adalah berusaha dan berdoa. Dan pelangi, yang dimaksudkan ini adalah jika kita menggabungkan kiat dari yang pertama hingga yang ketujuh ini, akan membuat kita memiliki suatu kekuatan besar dan luar biasa. Satu hal lagi yang tidak boleh ketinggalan adalah sedekah. Dalam sedekah juga tersimpan energi yang tidak kalah penting dan sangat hebat. Jika seseorang ingin menjadi seorang dermawan dan kaya, tidak perlu dan tidak harus pusing menjadi sarjana atau pegawai negeri. 
Secara umum inti-inti dari keajaiban-keajaiban di atas adalah sebagai berikut : Mengasah otak kanan, kreativitas, imajinasi, intuisi. Mengambil keputusan 1000 kali lebih cepat dengan otak kanan. Mengendalikan Law Of Attraction dan nasib dengan otak kanan. Melipatgandakan pengaruh dan go national 10 tahun lebih awal. Menjual lebih banyak dan lebih cepat serta lebih mahal. Memahami lagi amal yang melipatgandakan rezeki. Menguasai pintu-pintu rezeki dengan otak kanan.

Atau anda bisa menggunakan format yang kedua,

2. Tempat Liburan di Pulau Jawa dan Madura
Judul         : 99 Tempat Liburan di Pulau Jawa dan Madura
Penulis      : Anandita Ayudya & Anasthasia R Y Sadrach
Penerbit    : PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal         : 286 Halaman
Terbit        : November 2009

Jalan-Jalan Seru di Jawa dan Madura

UNTUK mengisi hari libur, baik saat libur akhir pekan atau sedang cuti kerja, tidak perlu dibuat susah. Meski waktu libur hanya beberapa hari dan isi kantong pas-pasan, masih banyak alternatif tujuan tempat wisata yang bisa dikunjungi. Dan, itu bisa membuat acara jalan-jalan Anda menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk menghilangkan kepenatan kerja.
Ternyata di Pulau Jawa dan Madura terhampar begitu banyak tempat tujuan wisata yang bisa Anda pilih. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata seni, smapai wisata kuliner. Semua pilihan bergantung pada keinginan Anda dan disesuaikan dengan waktu yang tersedia dan isi kantong.
Anda pun tak perlu pusing mencari atau mensurvei ke mana tempat liburan yang paling cocok. Sebab, Anandita Ayudya dan Anasthasia R Y Sadrach sudah merangkumnya secara menarik dalam buku berjudul 99 Tempat Liburan Akhir Pekan di Pulau Jawa dan Madura. Buku setebal 286 halaman yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama ini bisa menjadi panduan bagi Anda untuk menentukan tempat liburan yang menyenangkan bersama keluarga atau teman-teman.

Kedua penulis perempuan yang gemar berwisata ini mengupas satu per satu berbagai tempat tujuan wisata yang terbentang dari Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, sampai Pulau Madura. Termasuk sejumlah lokasi wisata di Ibu Kota Jakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta tak ketinggalan ditampilkan dalam buku ini.
Untuk wisata alam, disajikan berbagai destinasi, seperti Tanjung Lesung dan Rafting di Sungai Citarik di Jawa Barat, Tanjung Kodok di Jawa Timur, serta ke Karimun Jawa, Jawa Tengah. Ada wisata sejarah, seperti ke Keraton Kasepuhan di Cirebon, Museum Kereta Api di Ambarawa, Jawa Tengah, Situs Majapahit dan Situs Trowulan di Jawa Timur.
Bagi masyarakat di Jabodetabek tak perlu jauh-jauh untuk berlibur karena berbagai tempat wisata di ibu kota tersaji lengkap. Mulai dari Kebun Binatang Ragunan yang murah meriah, Taman Impian Jaya Ancol, sampai Taman Buah Mekar Sari. Bila ingin memngajak buah hati berlibur bisa berkunjung ke Museum Layang-Layang karena melibatkan anak-anak membuat layang-layang. Atau mengunjungi Museum Polri yang baru diresmikan.
Buku ini cocok untuk menjadi panduan berlibur bagi Anda. Bukan sekadar menunjukkan lokasi tempat wisata saja, buku ini mengangkat berbagai keunikan dan hal menarik yang bisa Anda temukan di setiap lokasi wisata. Bahkan diperkenalkan berbagai makanan khas di setiap daerah yang bisa dinikmati sambil liburan dengan harga yang terjangkau.
Dengan menggunakan gaya bahasa yang bertutur tidak akan membuat Anda lelah membacanya. Bahkan dengan disertai foto-foto menarik dan desain yang unik, Anda pasti ingin membacanya sampai tuntas agar bisa memutuskan ke mana akan berlibur. Siapa tahu ada tempat wisata di Pulau Jawa yang belum pernah Anda kunjungi.
Jadi sebelum memutuskan akan berlibur ke mana, ada baiknya Anda membaca buku ini dulu agar bisa melakukan persiapan yang baik. Sehingga waktu liburan Anda bisa benar-benar dinikmati dengan baik dan menyegarkan pikiran dan badan, sebelum bertemu dengan rutinitas kerja sehari-hari.

Atau anda ingin cara yang ketiga,

3. Menuju Masyarakat Belajar

Judul Buku             : Menuju Masyarakat belajar
Penulis                    : Indra Djati Sidi, Ph.D
Penerbit                  : PARAMADINA
Tahun Penerbit     : 2001
Tebal Buku             : xxiii + 116 Halaman

ISI BUKU

Membicarakan pendidikan melibatkan banyak hal yang harus direnungkan, sebab meliputi keseluruhan tingkah laku manusia yang dilakukan demi memperoleh kesinambungan, pertahanan dan peningkatan hidup. Karena itu renungan tentang apa yang dimaksudkan dengan pendidikan tidak terbatas hanya kepada pengajaran, tetapi juga peran mendidik anak melalui kebiasaan kesehariannya. Dewasa ini direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah tengah mengalami masalah yang berkenan dengan kebijaksanaan tentang pemerataan dan perluasan pendidikan, yaitu belum tuntasnya wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun.

KELEBIHAN

Buku tulisan Indra Djati Sidi, Ph.D ini tidak hanya memberikan inspirasi konsep dan pelaksanaan pendidikan di sekolah-sekolah dasar dan luar sekolah, melainkan juga menjadi satu kritik bagi landasan pelaksanaan pendidikan di negeri ini. Karena itu, perlu disahuti keberanian dan kreativitasnya, karena tulisannya sungguh luar biasa, banyak ilmu yang terkandung didalamnya.

KEKURANGAN

Hamper keseluruhan buku ini tidak ada kekurangannya, tetapi jika tidak membaca berulang kali mungkin tidak mengerti, karena didalamnya terdapat bahasa asing yang sulit dimengerti oleh para pembaca pemula.

KESIMPULAN

Pendidikan memiliki peran yang sangat strategi dan efektif dalam pembentukan karakter bangsa. Pembentukan karakter peserta didik harus dilakukan melalui semua mata pelajaran, bukan semata-mata tanggung jawab pendidikan keimanan dan ketaqwaan saja. Disamping isi materi pelajaran, cara atau metode pembelajaran sangat penting untuk membentuk watak dan karakter siswa.

Demikian sedikit contoh tentang resensi buku terbaru, semoga dapat memberikan contoh yang bermanfaat untuk anda yang sedang ingin menyelesaikan tugas sekolah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CONTOH RESENSI BUKU TUGAS SEKOLAH