Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Rabu, 11 Maret 2015

CONTOH KATA PENGANTAR YANG BENAR

Contoh Kata Pengantar Yang Benar - Nah sahabat BK kesempatan kali ini saya akan berikan beberapa contoh kata pengantar yang baik dan benar sesuai dengan referensi yang bisa dipercaya. Ketika kita membuat suatu karya tulis baik itu secara resmi atau saat kita membuat artikel di website pribadi kita, pastilah kita juga harus memberikan kalimat pengantar agar pembaca juga merasa diberikan sajian artikel atau karya ilmiah yang memang harus dibaca karena manfaatnya.

Untuk itu ada beberapa yang perlu diperhatikan sebelum membuat sebuah kata pengantar makalah atau karya ilmiah, ada baiknya memperhatikan beberapa hal yang biasanya ada dalam sebuah kata pengantar seperti berikut :
  1. Ungkapan Rasa Syukur Kepada Allah SWT, Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Dsb.
  2. Menjelaskan tentang Alasan Tulisan/Penulis.
  3. Menjelaskan tentang Proses/Rancangan dalam tulisan tersebut.
  4. Dalam Skripsi atau tugas Akhir biasanya ada penjelasan mengenai hasil arahan, bimbingan dan bantuan dari berbagi pihak kampus, institusi, organisasi, atau lembaga yang telah memerberkan bantuanya.
  5. Ungkapan Terima Kasih Kepada Berbagi Pihak yang Telah Membantu Baik Itu Keluarga, Teman, Sahabat, Pacar, Guru, Dosen, ataupun kampus, institusi, organisasi, atau lembaga yang telah membantunya,
  6. Impian, Harapan, oleh Penulis yang dibuat.
  7. Menjelaskan Manfaat Dari Tulisanya Kepada Pembaca,
  8. Ungkapan Permohonan Maaf atas Kesahalan,Kekurangan yang ada dalam tuisannya.
  9. Kesiapan Menerima Kritik dan Saran yang sifatnya Membangun.
  10. Di Akhir Paragraf Pada Kata Pengantar yang dibuat penulis menuliskan, Nama Kota, Tanggal, bulan dan Tahun Dibuat,nama Lengkap Penulis, Atu dalam buku dan makalah hanya Tulisan PENULIS.
CONTOH KATA PENGANTAR YANG BENAR

Cara Membuat Kata Pengantar cukup mudah, berikut ada beberapa langkah dalam pembuatan kata pengantar :
  1. Awali dengan memanjatkan rasa syukur kepadaTuhan YME, yang telah memberikan anda kesehatan sehingga bisa menyelesaikan karya tersebut dan pihak-pihak terkait yang telah membantu penulisan karya ilmiah Anda.
  2. Lanjutkan dengan memberikan sedikit gambaran tentang Karya ilmiah yang telah anda tuliskan. 
  3. Terakhir, akhiri dengan pernyataan perminta maaf jika ada kekurangan karya Anda, Harapan-harapan pada pembaca, dan doa agar karya bisa bermanfaaf.
Berikut untuk contoh lebih kongkritnya :

Contoh Kata Pengantar #1

Segala  puji  hanya  milik  Allah SWT.  Shalawat  dan  salam  selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW.  Berkat  limpahan  dan rahmat-Nya penyusun  mampu  menyelesaikan tugas  makalah ini guna memenuhi tugas  mata kuliah Agama Islam.

Agama  sebagai  sistem  kepercayaan  dalam  kehidupan  umat  manusia  dapat  dikaji melalui  berbagai  sudut  pandang.  Islam  sebagai  agama  yang  telah  berkembang  selama empat  belas  abad  lebih  menyimpan  banyak  masalah  yang  perlu  diteliti,  baik  itu menyangkut  ajaran  dan  pemikiran  keagamaan  maupun  realitas  sosial,  politik,  ekonomi dan  budaya.

Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan orang tua, sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi teratasi.

Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang kaitan Etos Kerja Bangsa Jepang dan Islam, yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber informasi, referensi, dan berita. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.

Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca khususnya para mahasiswa Universitas Mercu Buana. Saya sadar bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan jau dari sempurna. Untuk itu, kepada  dosen  pembimbing  saya  meminta  masukannya  demi  perbaikan  pembuatan makalah  saya  di  masa  yang  akan  datang dan mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca.
                                                                                                                         Bekasi, Desember 2015

                                                                                                                         Penyusun

Contoh Kata Pengantar #2

Puji syukur kami haturkan ke hadirat Tuhan YME, karena dengan karunia-Nya kami dapat menyelesaiakan karya ilmiah yang berjudul “Sistem Pengendalian Hama Ayam Broiler”. Meskipun banyak hambatan yang kami alami dalam proses pengerjaannya, tapi kami berhasil menyelesaikan karya ilmiah ini tepat pada waktunya.

Tidak lupa kami sampaikan terimakasih kepada dosen pembimbing yang telah membantu dan membimbing kami dalam mengerjakan karya ilmiah ini. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada teman-teman mahasiswa yang juga sudah memberi kontribusi baik langsung maupun tidak langsung dalam pembuatan karya ilmiah ini.

Tentunya ada hal-hal yang ingin kami berikan kepada masyarakat dari hasil karya ilmiah ini. Karena itu kami berharap semoga karya ilmiah ini dapat menjadi sesuatu yang berguna bagi kita bersama.

Penulis menyadari bahwa dalam menyusun karya tulis ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna sempurnanya makalah ini. Penulis berharap semoga karya tulis ini bisa bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.

                                                                                                                         Jakarta,  Februari 2015


                                                                                                                         Penyusun

Demikian beberapa Contoh Kata Pengantar Ilmiah dan Karya tulis, semoga informasi dapat memberikan referensi bagi anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CONTOH KATA PENGANTAR YANG BENAR