Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Senin, 23 Maret 2015

CONTOH ANEKDOT PENDIDIKAN DAN LUCU TERBARU

Contoh Anekdot Bahasa Indonesia - Sebelum saya memberikan contoh anekdot tentang pendidikan dan lucu, kita bahas tentang pengertian anekdot. Seperti informasi yang saya dapat dari wikipedia dijelaskan anekdot adalah cerita singkat dan lucu atau menarik yang mungkin menggambarkan kejadian atau hal yang sebenarnya , anekdot bisa saja sesingkat pengaturan dan provokasi dari sebuah kelakar karena anekdot selalu disajikan berdasarkan pada kejadian yang nyata dengan melibatkan orang-orang yang sebenarnya, apakah terkenal atau tidak, biasanya disuatu tempat yang dapat diidentifikasi.

Ada beberapa macam tema dalam anekdot, yaitu tentang kehidupan sehari-hari, pendidikan, politik, hukum, sosial dan lain-lain. Anekdot tidak memerlukan paragraf yang panjang namun pendek dan langsung mempunyai makna yang ingin dicapai. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca di bawah ini :
CONTOH ANEKDOT PENDIDIKAN DAN LUCU TERBARU

Struktur Cerita Anekdot :
1. Abstrak : Bagian awal paragraf yang membahasa tentang isi teks
2. Orientasi : Bagian yang menunjukan awal kejadian atau latar belakang peristiwa itu terjadi
3. Even : Rangkaian atau jalan cerita.
4. Krisis : bagian dimana terjadi hal atau masalah yang tidak dapat terjadi  pada biasanya pada diri penulis.
5.  Re Orientasi : Penutup Cerita

Kaidah Cerita Anekdot :
1. Menggunakan waktu lampau ; contohnya : saya tidak bisa tidur semalam.
2. Menggunakan Pertanyaan rotoris; contohnya : apakah dia tahu ?
3. Menggunakan kata penghubung atau kongjungsi, contohnya : kemudian, lalu, setelah itu. Dll
4. Menggunakan kata kerja, contohnya : Pergi, berdiri, duduk dll.
5. Menggunakan kalimat perintah, contohnya : ambilah, buanglah, dll.
6. Menggunakan kalimat seru.

Contoh Cerita Anekdot Beserta Struktur dan Kaidahnya :

Bodrex
Suatu hari dibulan puasa , ada seoarang kakek sedang puasa tiba tiba kepalanya sakit, dengan panik sikakek langsung meminum obat bodrex yang tersedia dirumahnya, cucunya melihat kejadian itu langsung bertanya, “Kakek kan lagi puasa, kenapa minum obat ?” tanpa tampang berdosa, si kakek pun langsung menjawab, “ itulah okenya bodrex, bisa diminum kapan saja !!"
Bagian bagian struktur dari cerita anekdot  ( bodrex ) diatas:

Abstrak : suatu hari dibulan puasa
Orientasi : seoarang kakek sedang puasa tiba tiba kepalanya sakit
Krisis : dengan panik sikakek langsung meminum obat bodrex yang tersedia dirumahnya
Reaksi : Kakek kan lagi puasa, kenapa minum obat
Koda : si kakek pun langsung menjawab, “ itulah okenya bodrex, bisa diminum kapan saja !!

Kesetrika
Disiang hari yang panas, ada seorang pria datang kerumah sakit dengan kedua telinganya yang terkena luka bakar, Dokter : “Kenapa telinga anda” Pasien : “Begini dok, tadi saya sedang menyetrika pakaian saya, nah waktu saya sedang menyetrika, tiba-tiba telepon bordering, karena reflek, seketika itu seketrika yang saya pegang saya tempelkan ditelinga kanan saya dok.”  Dokter: “ Ooo.. saya paham keluhan anda, terus telinga yang satunya lagi kenapa ? Pasien : “ Lah itu dok si bego itu nelpon lagi“
Bagian bagian struktur dari cerita anekdot ( Kesetrika )  diatas:
Abstrak : Disiang hari yang panas
Orientasi : seorang pria datang kerumah sakit dengan kedua telinganya yang terkena luka bakar
Krisis : Pasien : “Begini dok, tadi saya sedang menyetrika pakaian saya, nah waktu saya sedang menyetrika, tiba-tiba telepon bordering, karena reflek, seketika itu seketrika yang saya pegang saya tempelkan ditelinga kanan saya dok.
Reaksi : “ Ooo.. saya paham keluhan anda, terus telinga yang satunya lagi kenapa ?
Koda : Lah itu dok si bego itu nelpon lagi.

Sekolah Bertaraf Internasional
Suatu hari di suatu sekolah negeri Antah Berantah, seorang guru memberi tahu kepada murid-muridnya bahwa sekolah mereka akan menjadi sekolah SBI.Guru : Anak-anak, ada kabar gembira untuk kita semua. Sekolah kita sebentar lagi akan menjadi sekolah SBI (Sekolah Bertaraf Internasional). Nah, untuk menyambut hal ini, saya mau tanya apa yang akan kalian siapkan. Joni, apa yang akan kamu untuk menyambut ini?Joni : Belajar bahasa Inggris agar lebih mahir dalam berbicara bahasa Inggris.Guru : Bagus sekali. Kalau kamu, Jono?Jono : Harus siap uang, Pak.Guru : Lho kok uang?Jono : Ya Pak. Soalnya kalau sekolah kita statusnya sudah SBI, pasti bayarnya lebih mahal. Masa sih SBI bayarnya sama kayak sekolah biasa? Udah gitu, pasti nanti diminta iuran untuk ini itu.Guru : Jawabanmu kok sinis sekali? Begini lho, kalau sekolah kita bertaraf internasional artinya sekolah kita itu setara dengan sekolah luar negeri. Jadi, kalian seperti sekolah di luar negeri.Jono : Tapi Pak, kalau menurut saya, SBI itu bukan Sekolah Bertaraf Internasional, tapi Sekolah Bertarif Internasional.Akhirnya guru tersebut kebingungan membalas kata-kata Jono dan langsung membahas materi pelajaran.Sebagai informasi tambahan, Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) sekarang sudah dibubarkan oleh MK.
KUHP
Seorang dosen Fakultas Hukum sedang memberi kuliah Hukum Pidana, saat tiba sesi tanya-jawab si Ali bertanya pada pak dosen, apa kepanjangan daripada KUHP pak…?. Lalu pak dosen tidak menjawab sendiri melainkan dilemparkannya pada si Ahmad. ‘Saudara Ahmad, coba saya dibantu untuk menjawab pertanyaan saudara Ali’, pinta pak dosen. Lalu dengan tegas si Ahmad menjawab, ‘Kasih Uang Habis Perkara pak…!!!’, tegasnya. Mahasiswa lain tentu pada ketawa, sedang pak dosen geleng-geleng kepala, seraya menambahkan pertanyaan pada si Ahmad, ‘saudara Ahmad, darimana saudara tahu jawaban itu?!!’. Dasar si Ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya pula dengan tegas, ‘peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik pak…!!!.
SARANG LABA-LABA
Pada saat pak dosen memberi kuliah Sosiologi Hukum, bertanyalah ia pada mahasiswa yang bernama Elisa.Dosen : Saudari Elisa, coba utarakan seringkas mungkin kondisi penegakan hukum di Negara kita tercinta ini…!, tanyanya;Elisa : Bagaikan sarang laba-laba pak!!’ jawabnya tegas;Dosen : Maksudnya…?!Elisa : Kalau kelas nyamuk akan tertangkap dan tak dapat berkutik pak!, sedang kalau kelas kumbang, wah…, jebol pak…!!;Dosen : Kalau kelas gagak?!Elisa : Tak tahu pak…!!Mahasiswa lainnya : Hahaha
BIKIN UNDANG-UNDANG
Dodi datang bertandang pada sepupunya yang bernama Allan, ia berdomisili di sebuah kota. Suatu pagi yang lengang Dodi diajak cari sarapan, mereka naik mobil, tentu Allan yang nyopir. Di perempatan jalan, waduh…, lampu merah menyala, tapi Allan melaju terus, maka itu Dodi menegor sepupunya itu.Dodi : Lampu merah, mengapa engkau melaju terus?!Allan : Alah…, tenang aja, di Negeri ini aku bisa bikin Undang-undang kok…!, jawabnya santai..Dodi : Bagaimana bisa?!, bukankah yang membuat Undang-undang itu DPR plus Pemerintah?!Allan : (Meminggirkan mobilnya)Dodi : Mengapa meminggir?!Allan : Mau menjawab pertanyaanmu!!, jawabnya ketus.Dodi : Mengapa harus meminggir?!Allan : (Mobil dihentikan, lalu dirogoh saku celananya serta diambil dompetnya yang tebal itu dan ditaruhnya di depan Dodi seraya berkata): Ini jawabannya!! Sambil menancapkan gas…Dodi : Oh…!!!
ADVOKAT
Suatu sore dua anak muda, mereka adalah mahasiswa Fakultas Hukum sedang terlibat diskusi kecil, nama mereka adalah Fredi dan Ibrahim:Fredi : Apa ya, kepanjangan daripada ADVOKAT?Ibrahim : Ada Duit adVOKasi All ouT!Fredi : Hah…!!
PUNTUNG ROKOK
Singapore termasuk salah satu Negara yang bersih, bagi sesiapa yangmembuang sampah sembarangan bisa didenda, termasuk puntung rokoksekalipun. Suatu ketika si Jeki sedang berlibur, tapi nampaknya ia tak tahu akan adanya aturan itu, ia merokok sendirian samabil duduk di bangku. Oleh sebab rokok sudah hampirhabisdibuanglah begitu saja dan persis jatuh di sisi kaki kanannya. Tampa disangkatanpa dinyana, tiba tiba datang petugas:Petugas : Tahukah anda, bahwa anda telah melakukan pelanggaran?!!. Tegasnya;Azam : Tidak tahu, apa gerangan yang telah saya perbuat?!!Petugas : Anda telah membuang sampah sembarangan, yaitu puntung rokok!!. Tegasnya lagi;Azam : Dengan sigap ia menjawab, ‘oh…, maaf terjatuh…, dan lalu diambilnya puntung rokok itu serta langsung dihisapnya lagi….
Demikian beberapa contoh tentang anekdot lucu dan pendidikan lengkap dengan pembahasannya. Semoga yang saya berikan kali ini memberikan ide untuk kalian yang sedang membuat tugas sekolah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CONTOH ANEKDOT PENDIDIKAN DAN LUCU TERBARU