Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Kamis, 05 Februari 2015

TIPS BELAJAR KELOMPOK

Manusia terlahir ke dunia sebagai makhluk individu juga sebagai makhluk social. Sebagai makhluk individu artinya seseorang di dalam kehidupannya tidak akan terlepas dari hak dan kewajiban untuk dirinya serta hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu setiap individu mempunyai kekhususan tersendiri berbeda dengan individu lainnya. Sedangak sebagai makhluk social seseorang tidak terlepas hubungannya dengan orang lain, pasti memerlukan bantuan orang lain. Tidak seorang manusiapun yang mampu bertahan hidup sendiri tanpa bantu dan kerjasama dengan orang lain.

Begitu pula halnya dalam belajar. Bahwa kalau kita belajar apa-apa yang kita dengan dan kita lihat dari suatu pelajaran didiskusikan dan Tanya jawa dengan orang lain, baru kita memahami betul maeri tersebut. Dan setelah kita ajarkan kepada orang lain menjadi life skill.
TIPS BELAJAR KELOMPOK

Jadi penting, belajar dengan orang lain itu, karena kita bisa tukar pikiran, pengalaman, bahkan kita bisa merumuskan atau memutuskan sesuatu hal dengan lebih baik.

Belajar dengan orang lain, berdua, dan seterusnya disebut belajar bersama. Tentunya kita harus paham dulu dengan istilah bersama atau berkelompok agar dalam hidup bersama itu membawa guna dan manfaat.
Adapun ciri-ciri kebersamaan itu adalah :
  1. Adanya tujuan bersama
  2. Interaksi dinamis antara anggota-anggotanya
  3. Adanya hubungan yang luas
  4. Adanya fungsi kebersamaan
  5. Adanya kemauan dan persetujuan

Kehidupan kebersaman itu akan hidup apabila dalam kegiatan tersebut tampak adanya perubahan perilaku pada anggota-anggotanya, yaitu antara anggota-anggotanya saling bergaul dengan baik dan saling berkomunikasi dengan lacar, kemudian melalui proses akhirnya dapat membawa perubahan bagi individu tersebut.

Dalam kegiatan hidup bersama diperlukan aspek-aspek sebagai berikut :
  1. Saling berhubungan satu sama lain
  2. Adanya tujuan bersama yang akan dicapai
  3. Adanya pemimpin yang dipilih
  4. Adanya aturan yang disepakati
  5. Adanya ikatan batin antara anggota
  6. Memiliki sikap menghargai pendapat orang lain
  7. Saling bekerjasama, saling mendukung
  8. Tidak menang sendiri
  9. Adanya sanksi yang disepakati.

Membiasakan hidup bersama, dalam lingkup kelas merupakan awal terjun ke masyarakat yang sesungguhnya. Di dalam kelas semua persyaratan sudah terpenuhi sehingga sangatlah layak kalau tiap-tiap siswa dapat memanfaatkan kondisi tersebut sebaik-baiknya.

Suasana yang terjadi biasanya sangatlah bervariasi, ada yang menyenangkan ada yang menyedihkan , ada yang positif ada yang negative. Kesemuanya sebagai tantangan yang harus dihadapi dengan rasional, dengan emosional, dengan tingkah laku dan sebagainya. Siswa yang mampu mengatasi kesulitan dan tantangan akan menjadi dewasa, dan nantinya akan menjadi pemimpin dari umat manusia.

Agar lebih baik, kehidupan kebersamaan, perlu juga diperhatikan hal-hal yang mendukung kelestarian hidup bersama tersebut yaitu :
  • Hindari debat usir
  • Akuilah jika memang salah
  • Hindarilah mengatakan “Kamu Salah”
  • Mulailah dengan cara yang ramah

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : TIPS BELAJAR KELOMPOK

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika ada pertanyaan tentang seputar artikel yang dibaca silahkan anda bertanya dan berkomentar disini