Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Rabu, 21 Januari 2015

SERTIFIKASI ULANG UNTUK YANG TIDAK S1 LINIER

Assalamualaikum wr.wb
Salam Maju bersama

Sertifikasi Ulang Untuk Yang Tidak S1 Linier - Selamat malam, pagi, siang, sore untuk para pembaca info pendidikan terkini. Sekarang saya akan share tentang bagaimana teknisnya sertifikasi yang sudah terlanjur dengan menjadi pengajar yang tidak sesuai jurusan/ linier. Linier dimaksudkan disini adalah kesesuaian antara bidang studi pada ijasah S1/DIV dengan bidang studi sertifikasi guru. Sebagai contoh mereka yang memiliki berijazah S1 PGSD namun mengajar dan atau memiliki sertifikat pendidik sebagai guru olahrag. Di dalam surat bernomor Nomor : 13047/J/LL/2014 dijelaskan mengenai syarat-syarat dan penyebab mereka yang wajib ikut sertifikasi kedua. 

Sebelum muncul kekuatiran berlebihan, mari perhatikan gambar di bawah ini. 
SERTIFIKASI ULANG UNTUK YANG TIDAK SARJANA LINIER

Lihat poin 2 sebagai contoh: Artinya mereka yang memiliki ijazah  S1/DIV PGSD, Psikologi, IPA/IPS, Matematika, Bhs Indonesia, Fisika, Kimia, Biologi, PPKn, Sejarah, Geografi, Ekonomi BOLEH MENGIKUTI SERTIFIKASI GURU KELAS SD. Bagaimana mereka yang sudah terlanjur memiliki sertifikatpendidik Guru Kelas SD yg memiliki ijazah seperti disebutkan di atas, ya artinya jelas aman. tidak perlu mengikuti sertifikasi ulang. 

Kemudian kita lihat poin 10. Bidang studi sertifikasi IPS maka harus berijazah S1 Geografi, Ekonomi, Sejarah, Sosiologi, antropologi. Artinya mereka yang akan ikut sertifikasi guru penjas wajib berijazah Penjas. bagaimana jika kasusnya berijazah PGSD namun terlanjur ikut sertifikasi Penjas? Jelas wajib Sertifikasi kedua/ulang

Sebenarnya banyak kasus lain lagi, misalnya seoarng guru berijazah S1 PAI memiliki sertifikat/ikut sertifikasi guru Kelas SD, jelas gak linier. Lalu ada guru berijazah PGSD mengajar di TK. dan masih banyak kasus lain. Ada 2 poinpenting yang harus diikuti, 
  1. kesesuaian antara bidang studi pada ijasah S1/DIV dengan bidang studisertifikasi guru
  2. kesesuaian antara  bidang studi sertifikasi guru dengan mata pelajaran yang diajarkan (hubungannya disini adalah dengan tunjangan profesi).  
Buat kita yang akan mengikuti sertifikasi guru 2015 maka harus hati-hati saat menentukan pilihan bidang studi sertifikasi, sedangkan buat yang mengalami ketidaklinearan segera hubungi dinas pendidikan kab/kota. Karena waktu sudah semakin mepet untuk mengikuti sertifikasi kedua tersebut. Lihat syarat peserta yang akan ikut sertifikasi ulang lengkap dengan pedomannya di bawah ini.

Wassalamualaikum wr.wb
Silahkan Klik Di Sini
Pedoman PPGJ 2015

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : SERTIFIKASI ULANG UNTUK YANG TIDAK S1 LINIER

9 komentar:

  1. kalo yang S2 apa juga harus linier?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum menemukan jawab tersebut Pak..
      mungkin ada temen2 guru yang bsa menjawab....

      Hapus
    2. Bgm dgn guru smp yg tdk punya akta, basic pendidikan sarjana peternakan & kemaren dah lu2s ukg seni budaya ? Bgm solusix tuk bisa sertifikasi ?

      Hapus
  2. maaf pak sy mau nanya,"sy adalah salah st guru yg hrs ikt sertifikasi ulg krn ijazah S1 Pendd.Bimbingan Konseling tp sertifiksi guru kelas,jd gmn dg tunjangan sertifikasi yg udh 2 th sy terima,apakah diputuskan sampai sy mendapat sertifikat yg linier pak?mhn penjelasannya.trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bisa didaptkan Buk, slma Ibu verifikasi ulang...
      silahkan baca tata caranya di file download yg saya sudah siapkan, di bahas tentang tata caranya dalam pedoman sergur 2015

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Bgmn dgn sy yg berijazah agama mengajar penjas sdh 12 tahun

    BalasHapus
  5. Saya punya sertifikat ips Smp, thn 2011 pindah ke sma mengajar sociology, punya ijazah s2 pendikdikan sosiologi,bagaimana haruskah saya ambil sertifikasi ulang dan bsgsimana caranya

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan tentang seputar artikel yang dibaca silahkan anda bertanya dan berkomentar disini