Blog berbagi ilmu tentang bimbingan dan konseling, pendidikan, tips dan trick, media bk, layanan bk, contoh, pengertian

Selasa, 27 Januari 2015

FORMAT JAWABAN UJIAN NASIONAL 2015

Assalamualaikum wr.wb
Salam maju bersama

Pilihan Ganda Tidak Dipakai Dalam UN 2015 - Beberapa solusi telah dilakukan oleh Dinas Pendidikan pusat (Kemdikbud) dalam hal meminimalisir tingkat kecurangan saat ujian nasional dilaksanakan. Pilihan Ganda merupakan salah satu faktor dalam mempermudah para oknum untuk bermain dengan jawaban tersebut. Dengan banyak pertimbangan tentang evaluasi ujian nasional yang bisa dibilang selalu timbul polemik pro dan kontra ini. Kemdikbud memutuskan UN 2015 format esay.

Apa kelebihan dari soal esay..?? Soal esay sangat memotivasi siswa dan siswi untuk lebih berkreasi dan berimajinasi secara logis dalam menyelesaikan suatu soal. Sehingga jawaban yang variatif juga akan membuat penilaian juga variatif dan berbobot. Kemudian Jumlah dan tingkat kesulitan soal juga akan relatif di turunkan, sehingga siswa dan siswi mampu mengaktualisasikan pola pikir mereka. 
PILIHAN GANDA TIDAK DIPAKAI DALAM UJIAN NASIONAL 2015

Tulisan saya ini terkait dengan berita yang saya peroleh dari Republika,
Soal Ujian Nasional (UN) dirancang sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang mendorong para peserta didik berpikir pada tingkat yang lebih tinggi dan mendalam.

"Peserta tidak lagi dituntut untuk menghafalkan, namun memahami dan menganalisanya. Oleh karena itu, soal dibuat tidak lagi dalam bentuk check point (pilihan ganda) namun, dengan menganalisa dan menuliskan jawabannya,” jelas Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud Prof Nizam, Senin (26/1).
Selain itu, UN pada tahun ini, ujarnya, tidak diberlakukan lagi 20 paket. Melainkan, lima paket dalam satu ruangan.
Demikian postingan saya kali ini tentang Ujian Nasional Menggunakan Jawaban Esay, semoga dapat bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : FORMAT JAWABAN UJIAN NASIONAL 2015

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika ada pertanyaan tentang seputar artikel yang dibaca silahkan anda bertanya dan berkomentar disini